Adab Masuk Masjid merupakan adab ketika memasuki tempat atau rumah ibadah bagi umat Islam. Masjid biasanya memiliki bentuk seperti rumah dengan kubah di atasnya. Secara Etimologi masjid memiliki arti tempat beribadah, sedangkan akar kata masjid berasal dari sajada yang memiliki arti sujud atau tunduk.

Masjid sendiri bagi umat Islam adalah tempat yang suci, dimana terdapat Adab Masuk Masjid dan adab lainnya yang perlu diperhatikan. Bukan hanya sebagai tempat beribadah masjid juga memiliki peran penting terhadap perkembangan serta kemajuan Ajaran Islam.

Sejarah Masjid

sejarah masjid

Masjid menurut sejarah sudah ada sejak abad ke 5 sebelum masehi, dimana masjid ini memiliki nama Masgid yang berarti tiang suci atau tempat persembahan. Hal ini ditemukan dalam prasasti yang menyebutkan keberadaan masgid tersebut.

Namun dalam Islam masjid pertama kali yang dibuat untuk beribadah adalah Masjid Nabawi, masjid ini dibuat oleh Rasulullah Saw di Kota Madinah. Masjid Nabawi dibuat di tempat yang luas tepatnya di lapangan, di masjid ini terdapat mimbar yang sangat sering digunakan oleh Rasulullah Saw dalam menyampaikan Ajaran-ajaran Islam.

Masjid Nabawi merupakan salah satu dari tiga masjid yang sangat suci selain Masjid Al Aqsa dan Masjidil Haram. Selain digunakan untuk beribadah Masjid Nabawi juga digunakan untuk kegiatan politik, perencanaan kota, strategi militer, dan masih banyak lagi.

Adab Masuk Masjid

adab masuk masjid
  1. Membaca Doa

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِك

Artinya : “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

  • Tenang dan Tidak Terburu-buru

Menurut Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda “Apabila telah di kumandangkan iqomah, maka janganlah mendatangi masjid dengan tergesa-gesa, tetapi datanglah dengan keadaan tenang. Apa yang kalian dapatkan shalatlah dan apa yang tertinggal sempurnakanlah. Sesungguhnya niat menuju shalat maka ia dalam shalat”.

Berdasarkan hadis di atas disebutkan bahwa saat mendengar iqomah, maka kita tidak perlu berlari atau tergesa-gesa. Hal ini dikarenakan shalat dapat kita sempurnakan, walaupun kita ketinggalan beberapa rakaat. Cara menyempurnakannya adalah dengan menambahkan rakaat saat setelah selesai shalat berjamaah.

  • Mendahulukan Kaki Kanan

Memasuki masjid alangkah baiknya jika menggunakan kaki kanan terlebih dahulu, hal ini disebabkan kaki kanan adalah kaki yang baik. Selain itu dengan menggunakan kaki kanan terlebih dahulu kita juga akan terhindar dari syeitan yang selalu mengikuti.

Ditambah lagi dengan mengucapkan “ Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung dan kepada wajahNya yang mulia dan kekuasaanNya supaya terhindar dari setan yang terkutuk “ (HR Abu Dawud).

  • Shalat Tahiyatul Masjid

Sunnah atau adab masuk masjid yang berikutnya adalah shalat tahiyatul masjid, shalat ini dikerjakan dengan dua rakaat dan dikerjakan saat baru masuk masjid. Menurut Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan “ Apabila dari kamu masuk masjid, maka janganlah duduk terlebih dahulu sebelum mengerjakan shalat dua rakaat “.

Berdasarkan hadis di atas dijelaskan bahwa shalat ini sangat dianjurkan, terlebih lagi bagi orang yang hendak mengerjakan shalat wajib di masjid. Shalat ini biasanya dikerjakan secara sendiri bukan secara jamaah, dikarenakan datangnya orang ke masjid memiliki waktu yang berbeda sehingga tidak memungkinkan untuk dikerjakan secara jamaah.

  • Membaca Dzikir

Setelah melakukan shalat tahiyatul masjid, jika masih terdapat waktu sebelum melaksanakan shalat wajib bersama kita bisa melakukan Dzikir. Hal ini menjadi anjuran bagi umat muslim saat di masjid, karena selain untuk menunggu dengan dzikir juga akan mendapat amalan yang baik tentunya.

Selain dzikir kita juga bisa membaca Al-Qur’an ataupun mengerjakan sunnah-sunnah lainnya. Disunnahkan juga untuk duduk di shaf pertama atau paling depan di sisi kanan imam. Tempat tersebut memiliki keutamaan ketimbang shaf lainnya. Adab masuk masjidb berikutnya adalah hal penting saat masuk.

Hal Penting Saat Masuk

Hal Penting Saat Masuk Masjid
  • Menggunakan Wangi-wangian

Masjid merupakan tempat yang bersih dan juga suci, oleh karena itu kita dianjurkan untuk memakai pakaian yang bagus pula. Selain itu bagi laki-laki yang hendak ke masjid juga disunahkan untuk memakai wangi-wangian.

Hal tersebut terdapat pada Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah Saw bersabda “ Mandi pada hari Jumat itu wajib bagi yang sudah baligh. Hendaknya ia menyikat gigi dan memakai wewangian jika punya “.

Berdasarkan hadis di atas disebutkan bahwa menggunakan wewangian adalah salah satu keutamaan yang sangat besar. Tentu saja bukan hanya untuk Shalat Jumat saja, namun shalat lainnya juga dianjurkan untuk memakai wewangian ketika hendak ke masjid. Ini juga anjuran di dalam adab masuk masjid.

  • Dalam Keadaan Suci

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim, dimana tempat ini adalah tempat yang sangat suci. Sehingga kita sebagai umat muslim hendaknya memasuki masjid dalam keadaan suci, bukan dalam keadaan junub.

Saat hendak ke masjid kita diharuskan untuk datang dalam keadaan suci, hal inilah yang membuat mandi, bersiwak, serta berwudhu sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama bagi kita yang sedang dalam keadaan junub harus mandi junub sehingga terlepas dari hadas besar.

  • Tidak Memakan Makanan yang Berbau

Masih menyangkut kebersihan, hal berikutnya yang patut diperhatikan adalah tidak datang ke masjid dengan bau mulut yang menyengat. Bau mulut akibat memakan makanan yang berbau, seperti bawang, pete, jengkol, dan lain sebagainya.

Hal ini tercantum dalam sabda Rasulullah Saw “ Barang siapa yang memakan bawang merah atau putih, maka hendaknya ia memisahkan diri dari masjid dan duduk di rumahnya “. Berdasarkan sabda tersebut menjelaskan bau mulut akibat makanan seperti bawang, dapat mengganggu seseorang di masjid sehingga ia tidak diperkenankan untuk datang sebelum ia membersihkan mulutnya.

  • Merapikan Barisan

Merapikan barisan atau disebut dengan merapikan shaf merupakan hal penting lainnya, dimana barisan dianjurkan untuk rapi dan juga lurus. Dengan barisan paling depan adalah orang dewasa atau yang sudah baligh, kemudian adalah anak-anak, dan yang paling belakang adalah perempuan.

Hal tersebut sudah dijelaskan oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya “ Luruskanlah, dan jangan berselisih sehingga bisa membuat hati berselisih. Hendaknya yang dekat denganku adalah orang baligh dan berakal, kemudian orang yang setelahnya, kemudian orang yang setelahnya “.

  • Melakukan I’tikaf di Masjid

I’tikaf di masjid merupakan kegiatan tinggal di masjid, dimana bermaksud untuk mendekatkan diri dengan Allah Swt. Disini kita bisa mengerjakan ibadah wajib maupun sunnah, seperti shalat, dzikir, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya. Bahkan Rasulullah Saw selalu melakukan kegiatan ini saat sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Adab di Dalam Masjid

  • Sering Beribadah di Dalam Masjid

Rasulullah Saw bersabda “ Menyempurnakan wudhu saat waktu yang tidak menyenangkan, berjalan kaki menuju masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, itulah ribath “. Sabda ini digunakan untuk memberi tahu para sahabat tentang cara menghapuskan dosa atau kesalahan.

Dari sabda tersebut dijelaskan bahwa beribadah di dalam masjid memiliki keutamaan yang sangat besar. Mulai dari wudhu, berjalan, shalat, dzikir, dan ibadah-ibadah lainnya memiliki keutamaan untuk menghapuskan segala dosa.

  • Tidak Bersuara Keras

Adab di dalam masjid yang berikutnya adalah tidak bersuara keras, baik itu berteriak ataupun sekedar berbicara biasa dengan nada tinggi. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan di dalam masjid, karena selain tidak sopan hal itu juga dapat mengganggu umat muslim lainnya.

Bukan hanya itu saja namun ibadah seperti membaca Al-Quran juga tidak diperkenankan dibaca secara keras apabila terdapat umat muslim yang sedang shalat di masjid tersebut.

  • Memakmurkan Masjid

Masjid merupakan tempat yang paling dicintai oleh Allah Swt, oleh karena itu kita sebagai umat muslim.juga harus memuliakan dan mdmakmurkan masjid. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesucian serta melakukan ibadah di dalam masjid tersebut. Adab masuk masjid juga dapat ditelaah di sabda Rasulullah Saw “ Lokasi yang paling Allah Swt cintai adalah masjid, sedangkan lokasi yang paling Allah Swt benci adalah pasar “. Dalam hadis tersebut sudah sangat jelas bahwa masjid merupakan tempat yang paling utama bagi umat muslim, sehingga patut untuk kita makmurkan.

  • Membersihkan dan Mewangikan Masjid

Sekali lagi tentang kebersihan masjid, merupakan tanggung jawab bagi semua umat muslim. Dimana kita harus menjaga kebersihan dan kesucian masjid. Selain itu kita juga bisa memberi wewangian di dalam masjid, hal ini berguna untuk membuat masjid terlihat lebih layak untuk digunakan beribadah bagi semua umat muslim. Walaupun kelihatan sepele, tapi ini merupakan salah satu adab masuk masjid.

Terdapat juga Hadis Riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi menyebutkan” Rasulullah Saw pernah menyuruh untuk membangun masjid-masjid di perkampungan, dan agar dibersihkan dan diberi wewanfian “.

  • Tidak Melakukan Jual Beli di Dalam Masjid

Menurut Hadis Riwayat Tirmidzi Rasulullah Saw pernah bersabda “ Jika kalian melihat seseorang melakukan jual dan beli di masjid maka katakanlah,” Semoga Allah Swt tidak memberi keuntungan kepadamu. Dan Jika kalian melihat orang yang sedang mencari barang di masjid maka katakanlah, Semoga Allah Swt tidak menemukan barang milikmu”.

Dari hadis di atas sudah dijelaskan bahwa melakukan jual beli di masjid sangat tidak dibolehkan, baik yang menjual maupun yang membeli. Bukan hanya itu saja namun membawa barang di masjid juga tidak dianjurkan, karena masjid adalah tempat suci bagi umat muslim. Ini merupakan salah satu adab masuk masjid.

Orang yang Dilarang Masuk Masjid

  • Orang Kafir

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat muslim, tempat ini hanya dibolehkan untuk dimasuki oleh umat muslim saja. Hal ini dikarenakan umat non muslim atau kafir adalah orang yang dilarang memasuki masjid, dimana orang kafir adalah orang yang najis.

Sebagaimana telah dijelaskan pada firman Allah Swt dalam Surah At Taubah ayat 28 “ Wahai orang yang beriman, sesungguhnya orang musyrik itu najis. Maka janganlah mereka memasuki masjidil haram setelah tahun ini “. Ini mempertegas adab masuk masjid.

  • Wanita Haid

Wanita haid adalah keadaan menstruasi yang dialami oleh wanita setiap bulannya, lalu bagaimanakah hukumnya wanita haid dalam memasuki masjid. Maka jawabannya adalah tidak diperbolehkan, karena haid sesungguhnya adalah kotoran. Dimana jika dalam keadaan kotor dilarang untuk mengerjakan ibadah wajib, dan tak terkecuali dalam memasuki masjid yang tentunya tidak diperbolehkan.

Dilarangnya wanita haid untuk memasuki masjid terdapat pada Hadis Riwayat Abu Daud dan Baihaqi, menyebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda “ Aku tidak menghalalkan masjid bagi mereka yang sedang junub dan tidak juga bagi wanita yang sedang haid “.

  • Junub

Sama halnya dengan wanita haid, seseorang dengan keadaan junub juga dilarang untuk memasuki masjid. Junub sendiri memiliki artian yang sangat luas, mulai dari hubungan badan, keluar air mani, hingga seseorang yang sedang mabuk.

Tak hanya itu namun masih banyak keadaan lainnya yang dapat di golongkan sebagai junub. Sehingga jika kita umat muslim yang mengalami junub, maka jauhilah masjid sebelum kita melakukan mandi besar atau mandi junub.

Keutamaan Membaca Doa Ketika Masuk Masjid

Keutamaan Membaca Doa Masuk Masjid
  1. Adab Kepada Allah SWT

Doa masuk masjid merupakan niat atau doa yang diucapkan sebelum kaki menginjak masjid. Doa ini memiliki kelebihan dan keutamaan untuk diucapkan seorang muslim yang hendak memasuki masjid. Keutamaan yang pertama adalah adap kepada Allah Swt, dimana kita menyebut nama Allah Swt untuk terhindar dari godaan setan ketika berada di dalam masjid tersebut.

  • Adab Kepada Masjid

Keutamaan yang kedua tentu saja adalah adab masuk masjid. Dimana kita telah memasuki area masjid yang sangat bersih dan suci, sehingga mengucapkan dan membaca doa masuk masjid memiliki keutamaan yang sangat besar untuk kita lakukan.

  • Mengikuti Sunnah Rasul

Rasulullah Saw selalu memasuki masjid dengan membaca doa masuk masjid. Sudah sepatutnya bagi kita umat muslim untuk meneladani sikap tersebut, yaitu dengan membaca doa sebelum memasuki area masjid.

Hal ini juga berguna untuk menghindarkan kita dari setan yang terus membayangi, bahkan sampai ke dalam masjid sekalipun. Oleh karena itu dengan membaca doa sebelum masuk masjid kita akan dihindarkan dari godaan setan sehingga bisa menunaikan shalat dengan khusyuk. Dengan begitu kita juga sudah menjalankan adab masuk masjid yang benar.

  • Mendapatkan Keberkahan

Keutamaan yang tak kalah luar biasa adalah mendapat keberkahan, dimana keberkahan ini sangat penting. Bukan hanya kuantitas saja, namun kita beribadah juga harus mengejar kualitas sehingga mendapat keberkahan dari Allah Swt. Dengan keberkahan ini kita akan dilancarkan segala sesuatunya.

Terutama di dalam masjid, sehingga ibadah kita bisa diterima di sisi Allah Swt. Keberkahan ini memiliki arti yang sangat penting, karena tanpa keberkahan amal yang kita buat hanya terasa biasa dan tidaklah istimewa. Nah untuk mengejar keberkahan adalah dengan mengerjakan sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw, dan salah satunya adalah dengan membaca doa masuk masjid.

Masuk Masjid di Indonesia

Umat Islam di Indonesia mencapai lebih dari 80 persen, sehingga dikatakan mayoritas penduduk di Indonesia adalah pemeluk Islam. Namun kenyataannya di Indonesia banyak sekali umat muslim yang hanya mengerjakan ibadah wajib saja, dan sangat jarang mengerjakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.

Saat masuk masjid sendiri banyak sekali umat muslim yang asal masuk tanpa memerhatikan cara yang baik dan juga benar. Tak hanya itu banyak juga yang tergesa-gesa karena baru datang ke masjid setelah iqomah di kumandangkan, sehingga tidak sempat untuk membaca doa masuk masjid yang memiliki keutamaan sangat besar tersebut.

Bukan hanya lupa doa saja, namun banyak juga umat muslim di Indonesia yang tidak mengerjakan Shalat Tahiyatul Masjid yang merupakan salah satu adab masuk masjid yang baik.

Dengan mengetahui cara masuk masjid serta cara masuk masjid yang baik dan benar diharapkan kita bisa untuk mengamalkannya. Keutamaan juga sangatlah besar, sehingga patut untuk kita kerjakan supaya mendapatkan keutaman yang sangat luar biasa tersebut.

Sekian pembahasan Adab Masuk Masjid, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.