Adab Menimba Ilmu dalam Agama Islam

Istilah ilmu memang sudah tidak asing lagi di engar. Bahkan dari mulai masih dalam kandungan, kita sudah mengenal ilmu. Ilmu secara bahasa mempunyai arti yaitu mengetahui sesuatu seperti yang sesungguhnya dengan pengetahuan yang baik dan sempurna. Dalam agama islam, menuntut ilmu adalah hal yang wajib. Karena dengan ilmu dapat mengantar kita dari jaman kebodohan menjadi zaman yang terang.

Rasulullah pernah bersabda bahwa ”Barang siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, niscaya Dia akan menjadkannya paham (mengerti) dalam urusan agama.” [HR. Bukhori dan Muslim]. Dalam hadits tersebut diterngkan bahwan Allah akan menghendaki atau mengizinkan seseorang yang menimba ilmu terutama ilmu agama. Karena pada dasarnya semua ilmu akan berkiblat pada satu yaitu  agama.

Pengertian Ilmu dan Adab

Pengertian Ilmu dan Adab
  • Ilmu

Ilmu adalah segala sesuatu yang belum diketahui dan menjadi dimengerti dan dipahami. Dalam agama islam, terdapat berbagai ilmu yang mengajarkan tentang bagaimana seseorang hidup di dunia ini. Sehingga menuntut ilmu menjadi hal yang wajib dilakukan dari mulai kecil hingga dewasa.

Sebagaimana seorang penyair yang berkata bahwa dengan ilmu akan tumbuh pribadi yang kokoh. Seperti rumah, ilmu adalah pondasinya yang menahan dan menyongsong beban diatasnya. Allah telah menciptakan manusia dengan berbagai kelebihanya, sehingga dapat menjadi harta emas seseorang untuk dapat mendalami ilmu.

  • Adab

Bebicara mengenai ilmu, pasti tidak akan lepas dari yang namanya adab. Karena adab adalah tiangnya ilmu, Adab mempunyai makna yaitu kebaikan atau kehalusan. Adab selalu berkaitan dengan tingkah laku manusia, sehingga dengan adanya Adab maka perbuatan manusia menjadi sopan, berakhlak mulia, serta bermoral.

Adab juga mempunyai arti sebagai karakter seseorang. Dimana seorang yang baik dan sopan akan dilihat dari Adabnya atau perbuatanya. Jika Adab kita baik, tentu saja semuanya juga baik. namun jika Adab kita tidak baik, maka akan menciptakan keganduhan dan keresahan dalam lingkungan.

Pentingnya Adab Menimba Ilmu

Pentingnya Adab Menimba Ilmu

Pentingnya pendidikan atau ilmu bukan masalah yang dapat diperdebatkan atau dipermasalahkan. Pendidikan merupakan sebuah pengetahuan tentang bagaimana menempatkan potensi seseorang dalam menggunakan akal dan secara maksimal. Dalam menimba ilmu pasti dibarengi dengan adab yang baik dan sopan. Karena Adab tidak pernah lepas dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pelatihan tentang pikiran manusia tidak lengkap tanpa pendidikan. Sehingga pendidikan dapat membuat manusia menjadi pemikir yang benar dan hebat. Sebagaimana para ilmuan dahulu yang menggunakan akal pikiranya untuk menghasilkan sesuatu.
  2. Tanpa pendidikan, manusia berada di ruangan tertutup dan gelap sehingga dengan adanya pendidikan dapat mengantarkan manusia ke tempat yang terang dan benar. Sebagaimana zaman jahiliyyah dulu yang belum ada agama dan pendidikan serta Adab dan ilmu.

Manfaat Menimba Ilmu dalam Pandangan Islam

Dalam agama islam, menuntut ilmu adalah hal yang wajib. karena dengan menimba ilmu dapat mendatangkan berbagai manfaat. Terutama jika dibarengi dengan Adab yang baik dan mulia. Berikut manfaat Adab menimba ilmu yang dapat dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain.

  • Mengenalkan Dirinya Pada Dunia Luar

Dengan menuntut ilmu kita dapat mengenal dan mengetahui bagaimana dunia luar. Khususnya untuk Adab menimba ilmu sendiri. Dengan adanya Adab pada ilmu ini manusia menjadi orang yang disegani dan dihormati oleh orang lain.

  • Titik Awal dari Setiap Kehidupan Manusia

Ilmu merupakan kunci kehidupan manusia, namun Adab merupakan perisai manusia. Dengan Adab yang baik dalam menuntut ilmu, maka ilmu yang diterima akan meresap dalam hati dan jiwa, Sehingga menjadi pedoman hidup manusia.

  • Memperoleh Kemuliaan

Menuntut ilmu bukan hanya mendapatkan pengetahuan dan kepinteran. Namun ilmu juga dapat memperoleh kemuliaan Allah. Menuntut ilmu dengan didasari dengan Adab yang baik, akan menghasilkan manusia yang berakhlakul karimah.

  • Memperoleh Kesejahteraan

Dengan menuntut ilmu, kita terhindar dari kebodohan dan kegelapan. Sehingga dapat memperoleh kesejahteraan baik diri sendiri dan lingkungan. Manusia yang berpendidikan akan mengenai mana yang haq dan mana yang bathil

  • Memperoleh Kebijaksanaan

Dengan menuntut ilmu kita dapat memperoleh kebijaksanaan. Kebijaksanaan sangat diperlukan dalam hidup bermasyarakat, khususnya untuk memutuskan suatu perkara.

  • Mengetahui Bahwa Allah Maha Besar

Ilmu yang paling besar adalah tauhid, dimana ilmu tersebut menjelaskan Zat yang Maha Esa dengan kekuasaanya. Sehingga dengan menimba ilmu kita dapat mengetahui Keagungan Allah.

  • Mengajarkan Bersyukur

Menuntut ilmu dapat menambah rasa syukur kepada Allah. Dimana rasa syukur tersebut bertujuan untuk mencari keberkahan atas ilmu yang telah didapatkan.

  • Mengamati Ciptaan Allah

Dengan ilmu kita dapat mengetahui bagaimana ciptaan Allah. Bahwa ciptaan Allah tersebut sangat besar, bahkan kita sanggup untuk mempelajarinya secara total.

Adab Menimba Ilmu

Adab Menimba Ilmu

Dalam menimba ilmu terdapat Adab yang harus diperhatikan. Dengan adanya Adab ini menjadi bentuk kesopanan dalam menimba ilmu. Dimana ilmu Adab juga termasuk ilmu yang sangat penting dalam bermasyarakat dan berinteraksi dengan orang lain khususnya yang lebih tua. Berikut adab menimba ilmu yang harus diperhatikan.

  • mengikhlaskan niat dalam menimba ilmu.

Dalam menimba ilmu harus dengan rasa ikhlas karena Allah. Dimana seseorang tidak akan mendapat ilmu yang bermanfaat bila tidak ikhlas karena Allah. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Al bayyinah. Dengan niat dalam hati ini dapat mendatangkan keberkahan dan keridhoan dari Allah.

  • bersungguh-sungguh dalam belajar.

Manusia yang baik pasti haus akan ilmu. Karena ilmu tidak pernah pupus dan hilang hingga berakhirnya dunia ini. dalam menimba ilmu, harus diniati dengan niat yang sungguh-sungguh ketika belajar.

  • rajin berdoa kepada Allah 

Dalam menimba ilmu ini harus didasari dengan rasa kesungguhan. Nabi menganjurkan kita untuk selalu menimba ilmu yang bermanfaat yang dapat dimanfaatkan untuk agama Allah. Ilmu yang diajari meliputi mempelajari ilmu filsafat, ilmu kalam ilmu hukum sekuler, dan lainnya.

  • menjauhkan diri dari dosa dan maksiat

Adab menimba ilmu adalah dengan bertakwa kepada Allah ta’ala. Serta menjauhkan diri dari dosa dan juga maksiat kepada Allah. Seseorang yang terhalang dari ilmu bermanfaat disebabkan kerana banyak melakukan dosa dan maksiat yang dilakukan. karena dosa dan maksiat dapat menghalangi ilmu yang bermanfaat.

  • tidak boleh sombong dan tidak boleh malu dalam menuntut ilmu.

Sombong dan malu dapat menyebabkan tidak akan mendapatkan ilmu. Karena kedua sifat itu termasuk dalam sifat tercela yang masih ada dalam dirinya. Sebagaimana sifat sombomg adalah sifat setan dan tidak disukai oleh Allag.

  • mendengarkan dengan baik

Ilmu yang diperoleh harus didengarkan dengan baik dan diaplikasikanya melalui perbuatan. Dimana adab dalam menimba ilmu salah satunya dengan mendengarkan secara khusu dan baik berbagai penjelasan guru atau pengajar. Sehingga ilmu yang diajarkan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan.

  • diam ketika pelajaran disampaikan.

Ketika belajar dan menimba ilmu tidak boleh berbicara yang tidak bermanfaat, tanpa ada keperluan, serta tidak ada hubungan dengan ilmu syar’i yang disampaikan dengan tidak boleh ngobrol. Karena dengan diam dan mendengarkan, maka ilmu yang diajarkan tidak dapat terhitung.

  • mengikat ilmu atau pelajaran dengan tulisan.

Saat belajar, menimba ilmu harus membuat catatan pelajaran, atau poin-poin penting.  Dimana ilmu akan selalu bermanfaat ketika dibuat tulisan atau bahkan ketika dibukuan. Dengan menulis, maka ilmu akan menempel dan bermanfaat.

  • mengamalkan ilmu yang telah dipelajari.

Setelah mendapatkan ilmu pengetahuan, maka hal yang harus dilakukan adalah mengamalkan ilmu tersebut. Dengan mengajarkan ilmu, maka pahala akan terus mengalir. Karena ilmu akan tetap ada dan hidup dengan kuat apabila diajarkan kepada orang lain.

  • Ikhlas

Dalam menuntut ilmu kita harus ikhlas karena Allah . Ikhlas merupakan sifat yang sangat baik dan harus dimiliki oleh seorang yang sedang menimba ilmu. dengan rasa ikhlas maka ilmu yang peroleh menjadi lebih berkah dan mendapatkan ridho kepada Allah.

Mendakwahkan Ilmu

Hal yang harus diperhatikan ketika menimba ilmu adalah adab. setelah mendapatkan ilmu, lalu dianjurkan untuk mengamalkanya. mengamalkan atau mendakwahkan ilmu ini mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Karena berdakwah harus didasari dengan syarat yang baik. Syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Aqidah yang benar

Aqidah yang benar akan mengantarkan ilmu kearah yang benar. Sehingga sebelum mengamalkan ilmu, aqidah harus baik dan benar terlebih dahulu.

  • Manhajnya benar

Karena pemahaman orang berbeda-beda, maka sebelum mengamalkan ilmu mempunyai manhaj yang benar, memahami Al-quran serta As-sunnah sesuai dengan pemahaman  yang benar.

  • Beramal dengan benar,

Dalam menimba ilmu harus didasarai rasa ikhlasa semata-mata ikhlas karena Allah dan mengikuti sifat dan sikap Rasulullah, tidak langsung mengadakan bid’ah, baik itu dalam keyakinan, perbuatan, atau perkataan.

Hikmah Menimba Ilmu

Dalam menuntut ilmu pasti terdapat hikmah yang dapat diambil. Dengan hikmah ilmu tersebut menjadikan ilmu lebih bermanfaat dan dirasakan oleh semua orang. Hikmah menimba ilmu adalah sebagai berikut:

  • Menguatkan keimanan

beribadah merupakan suatu bentuk pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya. menimba ilmu merupakan perintah bagi umat muslim untuk memberi uluran tangan kepada muslim lain. menimba ilmu dengan niat  ibadah karena Allah, akan memupuk rasa keimanan kita kepada Allah.

  • Meningkatkan rasa keingintahuan

Menimba ilmu merupakan bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Bagi orang yang menimba ilmu, bertujuan untuk mencari pengathuan dan ilmu baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Sehingga akan menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi serta rasa kepekaan yang tinggi terhadap orang lain.

  • Menghindari rasa sombong

Sifat sombomg merupakan sifat tercela yang sangat dibenci oleh Allah. Sombong berarti gila juga terhadap dunia dan seisinya. Sehingga dengan menimba ilmu, kita akan terhindar dari sifat sombong. karena kita bukanlah siapa-siapa hanyalah makhluk lemah yang membutuhkan orang lain. Sehingga sangat tidak pantas jika mempunyai rasa sombong.

  • Bentuk syukur kepada Allah

Syukur kepada Allah dapat dilakukan dengan mengeluarkan menimba ilmu. Bentuk rasa syukur kepada Allah merupakan kebaikan yang bernilai tinggi. Karena sebagai makhluk Allah, kita wajib mengucap rasa syukur kepada Allah baik dengan lisan maupun material. Salah satunya dengan mengeluarkan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Untuk itulah kita perlu mendalami adab menimba ilmu ini.

  • Menghindari sifat individual

Sifat individual adalah sifat tercela yang harus dihindari. Bahkan Allah sangat membenci sifat ego, karena seho akan menimbulkan rasa bangga diri, rasa individual, serta rasa acuh terhadap orang lain. Dengan menimba ilmu, kita dapat menghindari diri dari sifat ego, kikir atau sombong.

  • Berlatih ikhlas

Ikhlas merupakan sifat yang sangat sulit dilakukan. Ikhlas selalu berhubungan dengan sifat  ria atau bangga diri. Dalam bersedekah yang paling diutamakan adalah ikhlas. Dimana sifat ikhlas akan muncul seiring dengan berjalanya waktu. Selama kita sering mengeluarkan menimba ilmu karena Allah, maka akan timbul rasa ikhlas dalam hati.

  • Semakin panjang umur

Dengan menimba ilmu dapat membuat kita lebih panjang umur. Karena menimba ilmu membuat perilaku kita semakin baik secara bertahap, pikiran kita selalu berpikir positif dan selalu ramah kepada orang lain. Sehingga membuat pertumbuhan umur menjadi lebih lambat dan dapat memanjangkan umur kita.

  • Menjalin silaturahmi

Sesama umat islam adalah saudara sehingga menjalin silaturah mimenjadi hal yang sangat penting. Dengan menimba ilmu dapat menjalin silaturahmi dengan orang lain, serta dapat menambah kawan, kerabat, dan menjalin persahabatan yang didasari oleh rasa cinta kepada Allah.

  • Menumbuhkan sikap optimisme

Dengan menimba ilmu maka orang tersebut akan lebih optimis dan menjadi harapan baru untuk bersemangat lagi menjalani kehidupan. Dengan menimba ilmu, dapat menumbuhkan rasa optimisme yang tinggi, serta dapat memberikan kebahagiaan bagi penerima. sehingga dengan berpuasa akan menjadikan sifat optimis yang tinggi

  • Mencegah kebodohan

Kebodohan merupakan zaman kegelapan yang harus dihilangkan. Kemiskinan, kelaparan, atau kondidi kekurangan dapat menimbulkan perbuatan yang tercela. Salah satunya adalah munkar kepada Allah. Sifat tersebut timbul karena rasa putus asa dengan keadaan yang dialaminya, sehingga dengan memberikan sedekah atau bantuan dapat menghindari dari perbuatan yang tercela, khususnya kepada mereka yang membutuhkan.

  • Menjaga keimanan terhadap Allah

Salah satu bentuk ujian keimanan dari Allah adalah dengan memberikan kekurangan akan dunia. Jika lulus dalam menghadapi ujian tersebut, maka keimanan kita akan meningkat. Namun, sebagai manusia biasa pastinya merasa sedih, sehingga dengan adanya uluran tangan dari orang lain dapat meningkatkan keimanan bahwa Allah akan membantunya melalui tangan orang dermawan.

  • Membangun budaya

Menimba ilmu dapat menciptakan suasana lingkungan yang indah. Dengan membiasakan diri untuk menimba ilmu, berarti kita membiasakan diri untuk menolong orang lain yang membutuhkan, serta mengajak orang lain tersebut untuk melakukan hal yang sama. Sehingga dapat memunculkan budaya yang baik dan indah dalam lingkungan.

  • Menurunkan tingkat kriminalitas

Menimba ilmu juga dapat menciptakan lingkungan yang aman dari kriminalitas. Karena perbuatan kriminal seringkali didasari karena ketidak tahuan seseorang tentang ilmu atau hal yang baik dan benar. Sehingga dengan menimba ilmu, dapat mencegah kejahatan dalam masyarakat.

  • Mengatasi kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial adalah masalah penting dalam masyarakat. Dengan menimba ilmu, secara perlahan dapat mengatasi adanya kesenjangan sosial antara kalangan atas denan kalangan bawah. Sehingga orang kaya dapat menjadi teman bagi orang miskin atau sebaliknya. Sehingga dapat mengangkat kalangan bawah dalam memperbaiki keadaan ekonomi mereka. Karena itulah penting untuk mengetahui adab menimba ilmu ini.

  • Selamat di akherat

Ilmu yang bermanfaat dan diamalkan akan menjadi amal jariyah kita. Sedangkan amal jariyyah ini akan selalu dinilai pahalanya selagi ilmu tersebut masih digunakan untuk mencerdaskan manusia. Dengan menimba ilmu dapat selamat dari siksa api neraka dapat mengantar ke dalam surga.

Menuntut atau menimba ilmu adalah hal yang wajib. Sebagaimana seorang yang menimba ilmu bahkan dilakukan dari mulai masih dalam kandungan sampai masuk liang lahat atau setelah meninggal. Karena menuntut ilmu tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial, ilmu adalah hal penting untuk menuntun jalan mencapai kebahagiaan di dunia dan di akherat.

Sekian pembahasan Adab Menimba Ilmu, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.