Bersedekah merupakan rukun iman yang ketiga. Dimana dalam islam, sedekah merupakan bentuk pemberian kepada makhluk Allah yang lain. Berikut pengertian, manfaat, keutamaan sedekah yang dapat kita rasakan di dunia dan kelak di akherat.

Pengertian Sedekah

Sedekah berasal  dari bahasa Arab yaitu shadaqoh yang mempunyai arti suatu pemberian baik berupa barang maupun jasa yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain. Sedekah dilakukan secara spontan dan sukarela sehingga tidak dibatasi oleh waktu dan jumlah ataupun nominalnya. Bersedekah dilakukan hanya untuk mencari ridho Allah dan sebagai amal kebajikan di akherat serta sebagai ladang pahala.

Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menganjurkan seorang muslim untuk mengeluarkan sedekah. Karena dengan bersedekah, kita telah melaksanalan rukun islam yang ketiga yaitu zakat atau sedekah. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Surat An Nisa ayat 114 sebagai berikut:


”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS. An Nisa:114).

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah menyuruh umat islam untuk mengeluarkan sedekah. Serta untuk berbuat kebajikan dan perdamaian antar sesama manusia. Karena agama islam adalah agama yang mengajarkan tentang bagaimana hidup dengan baik, bersosial, damai dan sejahtera. Sehingga dengan mengeluarkan sedekah, berarti kita telah melaksanakan perintah Allah sekaligus membantu orang lain yang merupakan saudara seislam kita.

Hukum Bersedekah

hukum bersedekah

Hukum bersedekah adalah sunnah. Sunnah berarti jika dilakukan akan mendapatkan pahala, dan jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa. Namun, hukum bersedah juga bisa berubah menjadi haram apabila kita mengetahui bahwa sedekah yang kita keluarkan untuk bermaksiat kepada Allah. Dan sedekah juga bisa berubah menjadi wajib, apabila kita bertemu dengan orang yang sedang membutuhkan pertolongan atau kelaparan yang dapat mengancam keselamatan hidupnya.

Hukum sedekah juga wajib jika diniatkan untuk melaksanakan nazar atau hutang. Dimana nazar merupakan janji kebaikan atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Ketika bersedekah, lebih baik dilakukan secara diam-diam, untuk menghindari munculnya rasa ria atau bangga diri. Karena ria merupakan sifat tercela yang dibenci Allah. Seperti dalam hadits Nabi yang menjelaskan bahwa ketika bersedekah dengan tangan kanan, dan tangan kiri disembunyikan.

Manfaat Bersedekah

manfaat bersedekah
  • Manfaat Sedekah Bagi Pemberi

Sedekah mempunyai manfaat yang begitu banyak. Baik untuk diri sendiri, untuk keluarga, untuk orang lain, dan untuk lingkungan. Dengan sedekah kita melatih sifat kedermawanan dalam diri, sehingga kita sudah terbiasa dengan sifat ramah, dermawan, dan saling menolong karena Allah. Manfaat sedekah dapat kita rasakan sekarang, nanti, dan di akherat kelak.

  • Menguatkan rasa keimanan

beribadah merupakan suatu bentuk pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya. Bersedekah merupakan perintah bagi umat muslim untuk memberi uluran tangan kepada muslim lain. Bersedekah dengan niat  ibadah karena Allah, akan memupuk rasa keimanan kita kepada Allah.

  • Meningkatkan rasa empati

Bersedekah merupakan bentuk kepedulian kita terhadap orang lain. Bagi orang yang memberi sedekah, bertujuan untuk membantu meringankan beban orang lain yang sedang memerlukan bantuan. Sehingga akan menumbuhkan rasa empati yang tinggi serta rasa kepekaan yang tinggi terhadap orang lain.

  • Menghindari rasa gila harta

Sifat gila harta merupakan sifat tercela yang sangat dibenci oleh Allah. Gila harta berarti gila juga terhadap dunia dn seisinya. Sehingga dengan bersedekah, kita akan terhindar dari sifat gila harta. Karena harta yang dimiliki bukan sepenuhnya hak kita. Sehingga harus dibagikan kepada orang lain agar terhindar dari rasa gila harta.

  • Bentuk syukur kepada Allah

Syukur kepada Allah dapat dilakukan dengan mengeluarkan sedekah. Bentuk rasa syukur kepada Allah merupakan kebaikan yang bernilai tinggi. Karena sebagai makhluk Allah, kita wajib mengucap rasa syukur kepada Allah baik dengan lisan maupun material. Salah satunya dengan mengeluarkan sedekah kepada orang yang membutuhkan.

  • Berlatih ikhlas

Ikhlas merupakan sifat yang sangat sulit dilakukan. Ikhlas selalu berhubungan dengan sifat  ria atau bangga diri. Dalam bersedekah yang paling diutamakan adalah ikhlas. Dimana sifat ikhlas akan muncul seiring dengan berjalanya waktu. Selama kita sering mengeluarkan sedekah karena Allah, maka akan timbul rasa ikhlas dalam hati.

  • Menghindari sifat kikir

Sifat kikir atau sombong adalah sifat tercela yang harus dihindari. Bahkan Allah sangat membenci sifat sombong, karena sombong akan menimbulkan rasa bangga diri, rasa individual, serta rasa acuh terhadap orang lain. Dengan bersedekah, kita dapat menghindari diri dari sifat kikir atau sombong.

  • Semakin panjang umur

Dengan bersedekah dapat membuat kita lebih panjang umur. Karena bersedekah membuat perilaku kita semakin baik secara bertahap, pikiran kita selalu berpikir positif dan selalu ramah kepada orang lain. Sehingga membuat pertumbuhan umur menjadi lebih lambat dan dapat memanjangkan umur kita.

  • Menjalin silaturahmi

Sesama umat islam adalah saudara sehingga menjalin silaturah mimenjadi hal yang sangat penting. Dengan bersedekah dapat menjalin silaturahmi dengan orang lain, serta dapat menambah kawan, kerabat, dan menjalin persahabatan yang didasari oleh rasa cinta kepada Allah.

  • Meringankan beban ekomoni

Bersedekah dapat memberikan biaya tambahan kepada orang lain yang menerima bantuan tersebut. Sehingga dapat meringankan beban ekonomi dan biaya hidup orang tersebut. Sedekah yang diberikan bernilai sangat berharga bagi orang lain, walaupun nominalnya tidak begitu banyak, namun dapat menjadi nilai tambahan kepada penerimanya.

  • Menumbuhkan sikap optimisme

Dengan memberikan sedekah atau bantuan epada orang lain, maka orang tersebut akan lebih optimis dan menjadi harapan baru untuk bersemangat lagi menjalani kehidupan. Dengan bersedekah, dapat menumbuhkan rasa optimisme yang tinggi, serta dapat memberikan kebahagiaan bagi penerima.

  • Mencegah perbuatan munkar

Kemiskinan, kelaparan, atau kondidi kekurangan dapat menimbulkan perbuatan yang tercela. Salah satunya adalah munkar kepada Allah. Sifat tersebut timbul karena rasa putus asa dengan keadaan yang dialaminya, sehingga dengan memberikan sedekah atau bantuan dapat menghindari dari perbuatan yang tercela, khususnya kepada mereka yang membutuhkan.

  • Menjaga keimanan terhadap Allah

Salah satu bentuk ujian keimanan dari Allah adalah dengan memberikan kekurangan akan dunia. Jika lulus dalam menghadapi ujian tersebut, maka keimanan kita akan meningkat. Namun, sebagai manusia biasa pastinya merasa sedih, sehingga dengan adanya uluran tangan dari orang lain dapat meningkatkan keimanan bahwa Allah akan membantunya melalui tangan orang dermawan.

  • Membangun budaya tolong menolong

Bersedekah dapat menciptakan suasana lingkungan yang indah. Dengan membiasakan diri untuk bersedekah, berarti kita membiasakan diri untuk menolong orang lain yang membutuhkan, serta mengajak orang lain tersebut untuk melakukan hal yang sama. Sehingga dapat memunculkan budaya tolong menolong dalam lingkungan.

  • Menurunkan tingkat kriminalitas

Bersedekah juga dapat menciptakan lingkungan yang aman dari kriminalitas. Karena perbuatan kriminal seringkali didasari karena ketidakmampuan seseorang untuk memnuhi hidupnya. Sehingga dengan mengeluarkan sedekah, dapat meringankan beban orang lain dan mencegahnya untuk melakukan perbuatan kriminal atau kejahatan.

  • Mengatasi kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial adalah masalah penting dalam masyarakat. Dengan melakukan sedekah, secara perlahan dapat mengatasi adanya kesenjangan sosial antara kalangan atas denan kalangan bawah. Sehingga orang kaya dapat menjadi teman bagi orang miskin atau sebaliknya. Sehingga dapat mengangkat kalangan bawahn dalam memperbaiki keadaan ekonomi mereka.

Orang yang Berhak Menerima Sedekah

Dalam Al-Qur’an dijelaskan tentang orang yang wajib dan berhak untuk menerima sedekah. Dimana golongan orang tersebut mempunyai keterbatasan baik dalam ekonomi, material, dan sebagainya. Sehingga wajib untuk kita bantu dalam meringankan beban hidupnya. Berikut orang yang berhak menerima sedekah adalah sebagai berikut:

  • Orang fakir

Orang fakir yaitu orang yang mempunyai kekurangan dari satu nasab, atau mempunyai satu nasab yang bercampur dengan hutang kepada orang lain.

  • Orang miskin

Yaitu orang yang tidak mempunyai apapun dan tidak mempunyai kemampuan untuk bekerja sehingga tidak dapat mencari harta yang dapat mencukupi kebutuhannya.

  • Para pengurus sedekah atau zakat

Yaitu orang yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan sedekah atau zakat.

  • Para mu’allaf 

Adalah orang yang baru memeluk islam yang dibujuk hatinya. Sehingga mereka berhak untuk mendapatkan sedekah atau zakat untuk menguatkan hatinya.

  • memerdekakan budak 

Yaitu hamba sahaya yang tidak mempunyai jalan untuk memerdekakan diri sendiri atau orang yangmenjadi tawanan perang.

  • Orang berutang 

Yaitu orang yang mempunyai hutang dan tidak sanggup untuk dilunasi. Namun hutang mereka bukan untuk berfoya-foya atau bersenang-senang.

  • fi sabilillah

Yaitu pihak yang bersifat umum yang ditentukan oleh negara. Di antaranya untuk menyiapkan para mujahid, mengobati orang-orang yang sakit, dan melatih orang-orang yang tidak mampu.

  • Orang dalam perjalanan 

yaitu orang yang berada di tempat tanpa mempunyai tempat tinggal dan juga makanan. Sehingga berhak untuk memberinya bantuan berupa makanan dan minuman.

Keutamaan Sedekah

Sedekah mempunyai keutamaan khususnya bagi orang yang mengeluarkanya. Karena sedekah merupakan kebajikan yang akan mengalir terus pahalanya. Keutamaan sedekah dapat dirasakan di dunia dan juga di akherat.

  • Pahalanya berlipat ganda

Allah Ta’ala berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala dari Allah dan pahalanya akan dilipat gandakan. Allah akan membalas semua kebaikan yang pernah dilakukan, walaupun hanya sebesar biji zaroh sekalipun.

  • Menghapuskan dosa-dosa

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Hadits Nabi Tentang Sedekah

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Akan tetapi, bukan berarti dosa tersebut akan dihapuskan begitu saja. Dosa akan hilang jika diawali dengan taubat yang sungguh-sungguh. Tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan yang baik, maka dosa tersebut akan tetap ada.  Sehingga dengan taubat serta sedekah dapat menghapus semua dosa yang telah dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja.

  • Terhindar dari panas api neraka

Nabi SAW bersabda:

Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka“.

Bersedekah dapat menghindari diri dari api neraka. Karena sedekah merupakan salah satu amal yang pahalanya akan mengalir terus. Sedekah bukan hanya berbentuk harta. Namun bisa juga pakaian, makanan, bantuan, dan sebagainya yang bermanfaat untuk orang lain.

Sedekah yang ikhlas akan menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak akan putus. Sehingga dapat menghindari diri dari neraka yang sangat menakutkan tersebut.

  • Mendapat naungan pada hari kiamat

Hari kiamat adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan di dunia ini. Dimana semua yang ada di dunia ini lenyap dan hilang. Dan pada akhirnya semua manusia akan dibangkitkan di padang mahsyar dengan amal mereka.

Orang yang mempunyai amal yang banyak salah satunya sedekah jariyah, ia akan mendapat naungan atau perlindungan pada hari kiamat dan dapat terhindar dari api neraka. Sebagaimana sabda Nabi SAW:

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari)

  • Teman dalam alam kubur

Sedekah merupakan kebajikan yang tidak pernah hilang. Dan akan menjadi teman di kubur nanti. Dimana kuburan adalah tempat yang sangat gelap, dan sedekah tersebut akan menjadi penerang kubur anda.

  • Menambah harta kekayaan

Pada hakikatnya sedekah bukan hal yang mengurangi harta justru sedekah dapat menambah harta. Karena sedekah akan bernilai tinggi dihadapan Allah, pahalanya akan dilipat gandakan.

  • Menjadi obat penyakit

Sedekah dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit, salah satunya penyakit hati. Dengan bersedekah hati dan pikiran kita akan bersih dan tidak menimbulkan rasa iri atau putus asa.

  • Meringankan sakaratul maut

Sakaratul maut merupakan peristiwa yang pasti dilewati oleh semua makhluk hidup dan bernyawa. Sedekah dapat mengurangi rasa sakit ketika sakaratul maut. Karena peristiw sakaratul maut ini sangat menakutkan dan menyakitkan.

  • Penerang alam kubur

Sedekah menjadi salah salah satu cara untuk meringankan siksa kubur dan menerangkan alam kubur. Alam kubur adalah tempat yang paling menakutkan dan menyeramkan, sehingga membutuhkan penerang yaitu dengan sedekah atau amal kebajikan.

  • Meredakan amarah Allah

Sedekah dapat meredakan amarah Allah, karena dengan bersedekah kita melatih diri menjadi pribadi yang dermawan, ramah, murah hati, dan sebagainya. Sehingga tidak akan mendatangkan kemarahan Allah.

  • Syafaat di Akherat

Pertolongan dari Rosul akan datang dari sedekah. Sebagaimana sifat Nabi yang sangat dermawan, maka siapapun yang mempunyai amalan berupa sedekah akan mendapatkan syafaat di akherat dari Nabi.

  • Menghindarkan dari bala’

Sedekah merupakan sebuah penolak bala’, serta sebagai penyubur pahala, yang dapat menahan musibah atau bala dan kejahatan. Dengan bersedekah rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Sehingga bukan kemiskinan yang didapatkan melainkan rezeki yang melimpah.

  • Cepat dalam melewati jembatan shiratal mustaqim

Jembatan shiratal mustaqim terbuat dari rambut yang terbelah menjadi tujuh dengan tajamnya yang melebihi silet, lebih tajam dari pedang, serta lebih licin dan berduri. Jembatan tersebut berujung pada surga atau dibawahnya neraka. Orang yang mempunyai amalan sedekah akan cepat melewati jembatan tersebut karena sedekah menjadi penolongnya di akherat.

  • Masuk dalam surga tanpa hisab

Sedekah dengan penuh keikhlasan akan menjadi amal jariyah yang dapat menyelamatkan kita dari azab neraka. Bahkan dengan sedekah dapat memudahkan melewati jembatan shiratal mustaqim dan akhirnya masuk dalam surga. Dimana surga merupakan tempat yang paling indah dan menajdi tujuan akhir manusia.

Sedekah bukan hanya sebuah simbolis. Melainkan sebuah rasa, perbuatan,  sifat, teladan yang sangat baik dan disukai oleh Allah. Sebagai manusia yang hidup bersosial, maka saling membantu dan menolong adalah perbuatan wajib. Dengan mengeluarkan sedekah menjadi pintu masuk surga serta perisai dari api neraka.

Sekian pembahasan Bersedekah, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.