Doa sebelum tidur perlu menjadi kebiasaan kita setiap hari. Di dalam Islam menganjurkan untuk kita selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas. Begitu juga dengan tidur, sebelum tidur Anda dianjurkan untuk tidur agar Allah menjaga kita selama tidur. Hal ini dikarenakan dengan melakukan doa sebelum tidur maka selama kita tidur kita tidak terkena gangguan baik mimpi maupun gangguan dari makhluk gaib lainnya.
Perkataan adalah doa, oleh karena itu biasakan diri kita untuk selalu berdoa dalam kondisi apa pun dan di mana pun kita berada. Tujuannya adalah agar kita selalu dalam perlindungan Allah swt. Selain itu, juga menjadi sarana bagi kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Doa Sebelum Tidur Arab dan Terjemahan

Doa Sebelum Tidur Arab dan Terjemahan

Membiasakan diri menanamkan hal – hal positif tentunya perlu diperhatikan sejak anak berusia dini. Salah satunya adalah membiasakan diri berdoa sebelum beraktivitas termasuk di dalamnya ketika mau tidur.
Hal ini dikarenakan anak pada usia dini merupakan masa – masa emas yang harus diisi dengan hal – hal positif. Hal ini juga berpengaruh terhadap karakter anak. Semua berasal dari kebiasaan yang lambat laun akan membentuk karakter anak.
Di masa – masa emas seorang anak juga sangat mudah untuk menghafal sehingga Anda harus memberi contoh dan mengenalkan doa sehari – hari kepada anak, salah satunya adalah doa sebelum tidur. Berikut ini adalah bacaan doa sebelum tidur:

وَاَمُوْتُ اَحْيَا اللّهُمَّ بِسْمِكَ
Artinya adalah, “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.”

Doa Sebelum Tidur Latin

Doa Sebelum Tidur Latin

Doa sebelum tidur ini sangat populer karena hampir setiap hari Anda membacanya. Doa ini juga mudah untuk dihafalkan karena bacaan doanya pendek dan mudah untuk dilafalkan. Berikut ini adalah bacaan doa sebelum tidur dengan bahasa latin.
“Bismika Alloohumma Ahyaa Wa Amuutu”
Artinya adalah dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.

Adab dan Tata Cara Dalam Berdoa

Adab dan Tata Cara Dalam Berdoa

Dalam berdoa kepada Allah tentu ada tata caranya. Berikut ini adalah beberapa adab dalam berdoa yang harus Anda ketahui:
1. Anda dianjurkan untuk menghadap ke kiblat dengan kedua tangan diangkat saat berdoa.
2. Berdoalah dengan suara yang lirih.
Hal ini senada dengan yang tercantum dalam QS. Al – Isra ayat 110, artinya adalah “Janganlah kalian mengeraskan doa kalian dan jangan pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara keduanya.” Kita perlu membaca doa sebelum tidur mengikuti anjuran ini.
3. Khusyuk dengan merendahkan hati dan senantiasa penuh dengan harapan.
4. Memperbanyak taubat dan memohon ampun kepada Allah.
5. Langkah – langkah dalam berdoa yang pertama, dimulai dengan memuji Allah swt. Kedua membaca salawat Nabi Muhammad saw.
6. Selalu berprasangka baik.
Anda dianjurkan untuk selalu berpikir positif dan berprasangka baik kepada Allah swt sehingga Allah akan selalu memberikan yang terbaik kepada Anda. Selain itu, Allah akan membersamai Anda apabila Anda berdoa kepada – Nya.
7. Anda dianjurkan untuk tidak tergesa – gesa saat berdoa. Hal ini dikarenakan dapat membuat Anda putus asa dan tidak berdoa lagi apabila doa yang telah dipanjatkan tidak kunjung dikabulkan.
8. Anda dianjurkan sebelum berdoa untuk membersihkan jiwa raga Anda agar terbebas dari dosa.
Jiwa yang kotor dan hati yang penuh dengan hal – hal yang maksiat dapat menghalangi doa Anda sehingga doa tersebut tidak dikabulkan.
9. Anda harus memiliki keyakinan bahwa Allah SWT akan senantiasa selalu mengabulkan doa – doa yang Anda panjatkan kepada – Nya.
10. Menghindari makanan yang haram agar doa kita diterima Allah SWT.

Manfaat Berdoa Sebelum Tidur

Manfaat Berdoa Sebelum Tidur

Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh jika Anda rajin berdoa sebelum tidur antara lain adalah:
1. Doa memiliki nilai ibadah. Apabila sebelum tidur Anda berdoa maka tidur Anda bernilai ibadah di mata Allah SWT.
2. Doa juga menunjukkan bahwa Anda bertawakal kepada Allah.
3. Dengan berdoa hati akan menjadi tenang. Hal senada seperti diungkapkan dalam QS. Ar Ra’du ayat 28 yang artinya adalah sebagai berikut:
“Orang – orang yang beriman dan hati menjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.”
4. Doa merupakan amalan yang ringan namun memiliki pahala yang banyak. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas, termasuk di dalamnya adalah sebelum tidur.
5. Pentingnya berdoa sebelum tidur.
Berdoa sebelum tidur sangatlah penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan saat tidur badan dan roh kita terpisah. Anda juga tidak mengetahui apakah roh kita akan dikembalikan lagi atau tidak setelah kita tidur. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan bekal mati untuk mengantisipasi apabila esok sudah tak bisa bangun lagi.
6. Menyiapkan bekal untuk mati.
Dalam Al – Qur’an Surat Az – Zumar ayat 42 Allah berfirman yang artinya:
“Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan nyawa seseorang yang belum mati ketika dia tidur, maka ia Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda – tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.”
Barangsiapa yang berdoa sebelum tidur dan ia ditakdirkan meninggal saat tidur maka kematian orang tersebut disisi Allah akan bernilai fitrah layaknya seorang yang baru pertama kali lahir. Selain itu, dosa – dosanya orang yang meninggal tersebut telah diampuni oleh Allah SWT.

Tuntunan dan Dalil yang Memerintahkan Berdoa sebelum Tidur

Tuntunan dan Dalil yang Memerintahkan Berdoa sebelum Tidur

Berikut ini adalah beberapa rutinitas doa sebelum tidur dicontohkan Rasululah yang tertuang dalam beberapa hadist:
1. HR. Bukhari dan Muslim 4/1723
Dalam hadist tersebut menyatakan bahwa Rasulullah sebelum tidur beliau mengumpulkan kedua telapak tangan lalu ditiup. Setelah itu dibacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Selesai membaca ketiga ayat tersebut Rasulullah mengusapkan kedua telapak tangannya ke bagian tubuh yang masih dijangkau dengan tangannya.
Pertama, kedua tangannya diusapkan di bagian kepala lalu wajah dan bagian tubuh lainnya. Aktivitas yang sama dilakukan selama 3 kali.
Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca surat Al – Ikhlas sebelum tidur:
a. Surat Al – Ikhlas setara dengan sepertiga Al – Qur’an.
b. Surat Al Ikhlas dapat menjadi faktor penyebab seseorang masuk surga.
c. Melindungi orang yang membacanya.
d. Sebagai bentuk penjagaan diri. Rasulullah juga sering membacanya dikala Beliau hendak tidur.
e. Orang yang membaca surat Al – Ikhlas ini akan diampuni dosanya atas izin Allah. Oleh karena itu jadikanlah surat al-ikhlas bagian dari doa sebelum tidur kita.

Berikut ini adalah keutamaan membaca surat An- Nas dan Al Falaq sebelum tidur:
a. Menjadi tolak balak terhadap gangguan jin, setan, sihir dan segala bentuk kejahatan.
b. Anda akan terhindar dari keburukan.
c. Melindungi dari kejahatan baik manusia maupun kejahatan setan.
d. Sangat dianjurkan dibaca ketika akan tidur dan setelah tidur.

2. HR. Bukhari
Rasululah juga bersabda bahwa “Apabila Anda akan ke tempat tidur maka Anda disarankan untuk membaca ayat kursi. Hal ini bertujuan agar Anda dijaga oleh malaikat yang diutus Allah dan Anda akan dijauhkan dari setan sampai pagi.”
Hal senada juga terdapat dalam QS. Al – Baqarah ayat 255, yang artinya adalah sebagai berikut:
“Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus – terusan mengurus (Makhluk – Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik – Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi – Nya tanpa izin dari – Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui siapa pun tentang ilmu – Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi – Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi lagi Maha besar.”
3. QS. Al – Baqarah
Dalam surat Al – Baqarah ayat 285 – 286 yang artinya, “Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al – Baqarah di malam hari maka Anda akan dilindungi dari gangguan setan.” Agar mendapat manfaat tersebut, marilah kita menjadikan surat Al-Baqarah tersebut doa sebelum tidur kita.
4. Anda disarankan membersihkan tempat tidur sebelum ditempati untuk tidur.
Tujuannya adalah agar menyingkirkan apabila ada kotoran yang membahayakan di tempat tidur. Setelah dibersihkan lalu Anda berdzikir dengan membaca kalimat di bawah ini:
“Bismika robbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya adalah “Dengan nama Engkau, Wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan nama – Mu pula aku bangun dari padanya. Apabila Engkau menahan rohku, maka berilah rahmat padanya. Namun, apabila Engkau Melepaskannya, maka peliharalah dari kejahatan setan dan kejelekan dunia sebagaimana Engkau memilihara hamba – Mu yang shalih.

Dzikir Sebelum Tidur

Dzikir Sebelum Tidur

Dzikir juga merupakan amalan ringan yang memiliki banyak manfaat. Anda dianjurkan untuk selalu berdzikir kapan pun dan di mana pun Anda berada agar Anda selalu diberi perlindungan oleh Allah. Zikir sebelum tidur yang dicontohkan oleh Rasullullah adalah sebagai berikut:
1. HR. Abu Dawud 4/311
Allahumma qinii ‘azaabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka (3x). Artinya adalah sebagai berikut:
“Ya Allah jauhkanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba – bamba-Mu.” Doa ini dibaca 3 x sebelum tidur.
2. Rasulullah juga mencontohkan untuk membaca surat As – Sajadah dan surat Al – Mulk.
Keutamaan membaca QS. Al – Mulk sebelum tidur adalah sebagai berikut:
a. Anda akan diampuni dosanya.
b. Anda akan dihindarkan dari siksa kubur dan terhindar dari siksa neraka.
c. Membaca surat Al – Mulk dapat menjauhkan diri dari segala macam bentuk maksiat.
Hal ini senada dengan yang tercantum pada QS. Al – Mulk ayat 12 yang artinya: “Mereka itu takut kepada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi – sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang – terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah.”
Berdasarkan ayat tersebut dapat diketahui bahwa kita dianjurkan untuk selalu taat kepada Allah dan menjauhi perbuatan maksiat dalam semua kondisi.
d. Membaca surat Al – Mulk dapat dapat membuat kita menjadi orang yang tawakal.
3. Sebelum tidur hendaknya kita dianjurkan untuk berwudhu layaknya akan mengerjakan sholat.
Saat seseorang tidur bisa juga tidak akan bangun lagi oleh karena itu Anda harus mengikuti sunnah Rosulullah agar berwudhu sebelum tidur. Apabila malam itu adalah tidur terakhir maka kita menghadap Allah dalam keadaan suci.
Hadist dari Al-Bara’ bin Azib ra berkata bahwa Rasulullah bersabda yang artinya adalah: “Apabila engkau hendak tidur maka berwudhulah layaknya wudhu-mu ketika akan sholat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan.”
Setelah berwudhu Anda disarankan untuk berbaring ke sisi kanan dan lafalkan doa yang artinya sebagai berikut:
“Ya Allah aku menyerahkan diri kepada – Mu, aku menyerahkan urusanku kepada – Mu, Aku menghadapkan wajahku kepada – Mu, aku menyandarkan punggungku kepada – Mu. Hal ini dikarenakan senang (mendapat rahmat – Mu) dan takut (akan siksa – Mu). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari – Mu, kecuali kepada – Mu. Aku beriman kepada Kitab yang telah Engkau turunkan, Nabi – Mu yang telah Engkau utus.”

4. Rasulullah juga menganjurkan untuk membaca beberapa kalimat seperti tasbih, takbir dan tahmid sebelum tidur. Bacaan tersebut adalah sebagai berikut:
“Subhanallah, Walhamdulillah, Walailaha Illallahu Wallahu Akbar”
Artinya adalah maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Kalimat di atas dibaca 33 kali sebelum tidur.
Kalimat tasbih mengandung makna bahwa kita harus mensucikan nama Allah.

Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih, Tahmid dan Takbir Sebelum Tidur

Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih, Tahmid dan Takbir Sebelum Tidur

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang akan Anda dapatkan apabila Anda mengamalkan ketiga kalimat tersebut sebelum tidur:
1. Kalimat Tasbih
Kalimat tasbih mengandung makna bahwa kita harus selalu mensucikan nama Allah. Perintah ini juga tertuang di dalam Al – Qur’an, Allah berfirman dalam surat Al – Baqarah ayat 32 yang artinya adalah sebagai berikut:
“Maha suci Engkau, tiada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mengetahui lagi Maha bijaksana.
Dalam QS. Al – Isra’ ayat 44 juga menjelaskan yang artinya bahwa: “Langit yang tujuh, bumi dan semua isinya bertasbih kepada Allah. Dan tiada suatu pun melainkan bertasbih memuji– Nya ….”
2. Kalimat Tahmid
Kalimat tahmid diucapkan sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah. Selain itu, kalimat tersebut juga mengandung pujian yang kita panjatkan untuk Allah SWT.
3. Kalimat Takbir
Kalimat takbir merupakan bentuk kalimat yang mengagungkan nama Allah. Dalam konteks ini mengandung makna bahwa yang besar hanyalah Allah semata. Tidak ada yang mampu menandingi kekuasaan dan kebesaran Allah swt. Hal senada dapat Anda baca pada QS. Al – Jaatsiyah ayat 37 yang artinya:
“Dan bagi – Nya lah keagungan di langit dan di bumi. Dia lah yang Maha Perkasa dan lagi Maha Bijaksana.”

Manfaat dari ketiga kalimat tersebut sangatlah baik, maka sepatutnya kita menjadikan tiga kalimat tersebut bagian dari doa sebelum tidur kita.

Anjuran untuk Tidur Lebih Awal

Anjuran untuk Tidur Lebih Awal

Anda dianjurkan untuk tidur lebih awal, yaitu setelah sholat isya’. Hal ini seperti dalam Hadist riwayat Bukhari no 568 yang berbunyi seperti berikut ini:
بَعْدَهَا وَالْحَدِيثَ الْعِشَاءِ قَبْلَ النَّوْمَ يَكْرَهُ كَانَ – وسلم عليه اللهصلى – اللَّهِ رَسُولَ أَنَّ
Yang artinya adalah:
“Rasulullah saw bersabda bahwa beliau membenci tidur sebelum isya’ dan mengobrol setelah isya’.
Dalam hadist lainnya juga menjelaskan bahwa Rasulullah tidak senang begadang setelah usai sholat isya’. Hal ini dikarenakan beliau menginginkan untuk sholat malam. Selain itu, beliau juga takut jika tidak bisa shalat subuh berjamaah.

Sekian pembahasan Doa Sebelum Tidur, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.