Doa Sholat Dhuha

Sebagai umat Islam sudah sangat akrab dengan amalan doa sholat dhuha. Sholat satu ini merupakan salah satu salat sunnah yang istimewa. Sholat waktu Dhuha ini adalah salah satu amalan yang banyak dianjurkan.

Berikut penjelasan mengenai doa sholat dhuha lengkap dengan doa, tata cara, waktu terbaik serta keutamaan dan manfaat.

Doa Sholat Dhuha Dan Terjemahannya

Doa Sholat Dhuha Dan Terjemahannya

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

 Artinya :

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat


اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

” Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala.”

Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”. Kalau mau 4 rakaat sekaligus bisa mengubah bacaan niat 2 rakaat menjadi 4 rakaat dengan menyebut ‘arbaa’ata rok’ataini.

Waktu shalat dhuha

Waktu shalat dhuha

Sholat Sunnah satu ini memiliki waktu beberapa jam. Yaitu mulai dari matahari terbit atau naik sampai condong ke barat. Adapun mengenai waktunya yaitu terbagi menjadi dua bagian.

  1. Waktu awal sholat dhuha

Untuk awalannya, sholat shuha  ini dimulai sejak 20 menit setelah matahari terbit. Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Amr Bin Abasaah

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Kerjakanlah shalat subuh kemudian tinggalkanlah shalat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)Akhir Waktu sholat dhuha

  1. Waktu akhir ibdaha dhuha

Terkait dengan akhir waktu sholat dhuha yaitu 15 menit sebelum masuk waktu sholat Dhuhur akan tetapi, waktu terbaik atau waktu yang paling utama untuk mengerjakan salat duha yaitu di waktu akhir atau seperempat siang. Yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqom.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan shalat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “ Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)

Tata Cata Sholat Dhuha

Tata Cata Sholat Dhuha

  • Niat sholat dhuha
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca Doa Iftitah (Sunnah)
  • Membaca Surah Al-Fatihah
  • Membaca Surah Ad-Dhuha
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca Surah Al-Fatihah
  • Membaca Surah As-Syams
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah
  • Salam
  • Membaca doa sholat dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha yang Shahih

Doa Setelah Sholat Dhuha

 

  • ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

Manfaat dan keutamaan sholat dhuha

Perlu untuk kita ketahui bersama, jika ternyata manfaat doa sholat dhuha ini sangat banyak sekali untuk jasmani ataupun rohani. Untuk itu maka sangat baik manakala dibiasakan untuk menjadi aktivitas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat dari doa sholat dhuha itu sendiri. Shalat yang dilakukan setelah matahari terbit sampai waktu telah tiba ini banyak sekali manfaatnya. Manfaat salah satu ini bukan hanya untuk membuka pintu rezeki melainkan juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan serta kecantikan. Berikut beberapa manfaat doa sholat dhuha

  1. Sholat duha merupakan olahraga tanpa kita sadari

Penjelasan mengenai ibadah Dhuha yang dilakukan pada pagi hari yaitu antara pagi hingga menjelang shuhurc ini ternyata berupa waktu yang sangat baik untuk kita melakukan aktivitas olahraga. Untuk itu ketika kita melakukannya sama halnya kita berolahraga.

Hal ini dikarenakan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot. Kesehatan tulang serta otot akan terjaga karena setiap persendian bergerak dari tangan siku hingga lutut dan kaki. Secara tidak langsung ini memberikan Efek olahraga tanpa kita sadari.

  1. Membuat peredaran darah menjadi lancar

Manfaat kedua yaitu ternyata sholat satu ini mampu melancarkan peredaran darah yang ada dalam tubuh kita . Aktivitas salat yang mengangkat kedua tangan, membungkuk ketika gerakan berita gerakan sujud yang menang kepala berada lebih rendah dibandingkan anggota badan lainnya.

Dengan itu maka seluruh darah akan mengalir ke kepala kemudian akan dinormalkan kembali ketika duduk diantara dua sujud.

  1. Ibadah Dhuha mampu menurunkan produksi hormon

Produksi hormon juga akan normal ketika kita terbiasa melakukan aktivitas sholat dhuha. Saya juga sangat bermanfaat serta sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh kita, baik mengenai bagian tubuh organ tubuh hingga cairan hormon dalam tubuh.

  1. Menjadikan jiwa tenang

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan ternyata beberapa gerakan pada salat sunah satu ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Ibadah dhuha sangat bermanfaat untuk menjaga rohani kita. Yang mana kemudian Jawa akan menjadi lebih tenang kemudian akan dipermudah untuk mendapatkan rezeki.

  1. Surah Dhuha menghilangkan stress

Salat sunah satu ini merupakan salat yang membuat diri kita tenang lahir dan batin sehingga nanti kita semua akan terhindar dari stress. Stress adalah salah satu hal yang tentunya akan mengganggu dan bisa menimbulkan resiko.

Stress yang berkepanjangan bisa terserang berbagai macam penyakit. Dengan demikian, menurut sebagian besar orang melakukan sholat Sunnah satu ini memang bisa mendapatkan ketenangan serta melancarkan rezeki, sehingga sholat sunnah satu ini sangat bagus jika dilakukan setiap hari.

  1. Menjaga muka tetap bersih

Beragam manfaat diatas ternyata doa sholat dhuha juga bermanfaat untuk kecantikan. Mengingat ketika berwudhu maka wajah akan dibersihkan dengan air bersih sehingga kulit akan selalu terjaga kebersihannya. Setelah itu, ketika wudu dan membaca wajah dengan tepat tentu akan membuat kulit kencang sehingga kulit tidak mudah kendur, indonesia kita akan awet muda.

  1. Ibadah dhuha membuat wajah berseri seri

Menjaga Sholat Dhuha serta sholat 5 waktu tentu saja secara alami akan terpancar cahaya dari dalam diri kita. Sehingga menjadikan wajah kita berseri-seri.

  1. Sholat Dhuha akan membuka pintu rezeki

Selalu berusaha dan berdoa merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kesuksesan. Dasyatnya sholat sunnah satu ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk membuka pintu rezeki kita. Bukan hanya itu saja, doa sholat dhuha juga akan membantu kita dalam mendapatkan kesuksesan dunia akhirat. Tentu kesuksesan tidak bisa didapatkan jika kita berdoa saja tanpa berusaha. Itu maka akan lebih seimbang ketika sedang mencari rezeki, sebaiknya kita iri usaha kita dengan doa.

Hukum Dalam Mengerjakan Sholat Dhuha

Hukum Dalam Mengerjakan Sholat Dhuha

Doa sholat dhuha ini memiliki hukum sunnah muakkad. Yaitu sebuah sunnah yang sangat dianjurkan. Karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam juga melakukanNya serta menjadikannya sebagai suatu wasiat kepada umatnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, ” Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih, Al-Bukhari No. 1981, Muslim No. 721)

Syarat sah mengerjakan salat Dhuha

Syarat Sah Sholat Dhuha

Yang namanya sebuah ibadah sholat, tentu ada syarat sah yang harus dilakukan atau dijalani umat muslim. Terkait dengan syarat sah pengertian sholat waktu dhuha  ini yaitu sama halnya ketika mengerjakan shalat pada umumnya.

Di mana sebelum melakukan sholat kita semua harus bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. Selain itu, kita harus suci badan pakaian dan tempat dari najis. Jangan lupa yaitu menutup aurat serta mengetahui waktu masuknya solat dan menghadap kiblat.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Salat duha merupakan pesan dari Rasulullah

“ Shalat dhuha adalah wasiat khusus dari Nabi kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari). Salat duha merupakan satu masih atau khusus dari Nabi kepada Abu Hurairah dan kepada semua umat beliau secara umum” (imam Tohari)

  1. Ketika melakukan sholat Dhuha maka akan dibangunkan sebuah istana di surga

Mereka yang diet alami pada saat bola akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad “siapa yang Sholat Dhuha sebanyak 4 rokaat dan 4 rokaat sebelumnya maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga” (Shahih Al’Jami nomor 634)

  1. Mendapatkan pahala seperti orang yang pergi haji dan umroh

ketika menjalankan ibadah Sholat Dhuha, ysng dilakukan setelah sholat subuh berjamaah sampai matahari maka ia akan mendapatkan pahala Sama halnya orang yang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” Barangsiapa melaksanakan shalat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

  1. Termasuk salat awwabin

Dari sekian banyak sholat sunnah yang ada, doa sholat dhuha ini merupakan salat awwabin. Yaitu sebuah salat yang rutin dilaksanakan maka menjadikan seorang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

Abu Hurairah ra meriwayatkan hadis dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “ Tidaklah seseorang menjaga shalat sunnah dhuha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Sholat dhuha ini adalah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah)Dicukupi rezekinya

Dalam sebuah Hadis Qudsi, allah akan mencukupkan rezeki para hamba-nya yang rajin melaksanakan salat Dhuha.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “ Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Berapa rakaat Sholat Dhuha?

Berapa Rakaan Sholat Dhuha

Terkait dengan berapa rokaat untuk melakukan ibadah Dhuha,  Syaikh Ash Shan’ani di dalam kitabnya menyebutkan jika sholat dhuha lakukan 2 rokaat dapat menggantikan pahala 360 sedekah. Dengan jumlah rakaat shalat satu ini  dengan berbeda-beda, akan tetapi setiap rokaatnya memiliki Fadilah serta pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Semua ulama sepakat jika minimal rakaat untuk melakukan sholat Dhuha adalah 2 rakaat. Adapun mengenai jumlah maksimalnya masih banyak ulama yang berselisih pendapat terkait hal tersebut.

Mazhab Maliki, Syafi’i serta Hambali berpendapat jika jumlah rakaat maksimal dalam salat Dhuha adalah 8 rakaat. Pendapat ini mengacu dalil hadits riwayat Bukhari nomor 1176 serta muslim nomor 79 yang berisi mengenai Fathu Makkah atau penaklukan kota Mekah. Pada waktu itu Rasulullah SAW datang ke rumah Umi Hani Ra laksanakan sholat sebanyak 8 rokaat.

Di sisi lain, terdapat pendapat jika jumlah maksimal ibadah Dhuha adalah 12 rakaat. Pendapat ini mengacu pada mazhab Hanafi yang mana mengutip dari hadis rasulullah terkait mereka yang melaksanakan salat sebanyak 12 rakaat akan dibuatkan istana di surga.

Sedangkan pendapat ketiga, mengatakan jika amalan Dhuha tersebut tidak ada jumlah maksimal nya. Untuk menguatkan pendapat ketiga ini dengan memberikan pendapat jika tidak ada satu sandaran dari pendapat yang disampaikan oleh ulama mengenai batas dan jumlah maksimal sholat dhuha.

Filosofi mengenai Sholat Dhuha

Filosofi mengenai Sholat Dhuha

Jika ditinjau dari segi filosofis, dari dalam Islam tidak hanya untuk bertujuan menyembah Allah. Ingat bahwa disembah atau tidak  tetaplah Allah. Tidak akan berkurang   keagungan serta kebesaran Allah. Kebesaran  tidak akan pernah berkurang sedikitpun meskipun  seluruh manusia yang ada di jagat raya ini tidak mau menyembahnya.

Ibadah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada Allah. Allah itu maha suci serta tidak dapat didekati kecuali dengan hal-hal yang suci. Dengan adanya rasa kedekatan hati seorang hamba kepada Allah maka buat semakin tajam rasa kesucian seseorang.

Perlu kita ingat rasa kesucian ini ternyata sangat diperlukan manusia, cara menaklukkan hawa nafsunya, sehingga manusia tidak melanggar dari nilai-nilai serta aturan hukum yang ada. Dengan demikian maka peribadatan di dalam Islam memiliki fungsi sebagai riyadhoh, ruhiyah serta ajaran moral sebagai langkah untuk membuat hati manusia suci.

Bagi Rasulullah, salat memiliki manifestasi Taqwa, syukur kepada Allah. Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata sholat juga mampu mendatangkan kenikmatan serta keindahan bahkan kebahagiaan. Seperti halnya sudah dijelaskan di dalam hadisnya. Rasulullah telah mewasiatkan kepada hambaNya untuk selalu melaksanakan sholat waktu Dhuha karena ternyata memiliki hikmah yang sangat besar.

Bukan hanya itu saja, di beberapa pendapat juga mengatakan, jika amalan dhuha memiliki filosofi yang sangat dalam. Jika selalu renungkan maka kita akan menyadari jika ibadah satu ini memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter diri kita. Setidaknya terdapat tiga makna filosofi sholat dhuha, seperti berikut ini.

  1. Selalu membuat diri Ingat kepada Allah

Seseorang yang selalu ingat kepada Allah tentu akan memiliki dampak besar di dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang ingat kepada Allah akan senantiasa selalu dekat dengan Allah bahkan lebih dekat dibandingkan urat nadinya sendiri.

Jika di dalam diri seseorang terhadap kesadaran mengenai kehadiran Allah maka akan menghasilkan semangat harapan motivasi serta ketentraman batin dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk selalu ingat kepada Allah yaitu dengan mendirikan amalan dhuha. Ibadah Dhuha merupakan perwujudan syukur seorang hamba

Bersyukur tidak hanya kita selalu berterima kasih kepada Allah tetapi juga terdapat lima hal yang apabila salah sudah dipenuhi maka syukur akan menjadi batal orang bersyukur. Seperti penjelasan dalam Ibnu qayyim Di mana lima pokok pilar tersebut antara lain. Kepatuhan orang yang bersyukur kepada Allah sebagai pemberi nikmat.

  1. Menjadikan seorang hamba untuk selalu bertawakal kepada Allah

Tawakal merupakan sifat utama orang yang beriman. Dalam bahasa lain, Tawakal adalah tanda-tanda orang yang beriman. Tawakal adalah ungkapan mengenai penyadaran diri. Hal ini tentu memiliki keinginan serta cita-cita untuk menjalani hidup.

Di dalam agama Islam, telah menuntun kita untuk selalu berikhtiar berdoa dan bertawakal. Terdapat tiga syarat yang harus kita lakukan dengan baik serta tidak boleh jika hanya dilakukan salah satu saja.

Tips Menjalankan Sholat Dhuha Untuk Para Pekerja Kantoran

Beberapa antara kita tentu ada yang bekerja di kantor. Nah tips ini diperuntukan untuk Anda yang menjadi pekerja kantor serta sibuk di lingkungan kantor. Jika melihat mengenai  hukum sunnah salat duha merupakan salah satu salat Sunnah serta paling dianjurkan untuk mengerjakannya Di rumah.

Hukumnya adalah sunnah serta tidak wajib sehingga tidak diperkenankan untuk menjadikan salat juga sebagai alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah menjadi kewajiban kita. Untuk bisa mengatasi hal tersebut sebaiknya kita usahakan setidaknya 15 menit 1 pekerja ke kantor untuk menunaikan ibadah doa sholat dhuha.

 

Sekian pembahasan Doa Sholat Dhuha, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.