Istigfar

Pada ulasan kali ini informasi terkait dengan bacaan istighfar. Akan kami jelaskan, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika kita mengamalkan nya setiap hari. Untuk itu, pada ulasan kali ini semoga bisa membantu Anda semua mengerti terkait dengan manfaat serta khasiat ketika kita membaca istighfar.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali tidak sengaja atau secara sengaja kita sering melakukan perbuatan dosa. Bisa diibaratkan sebagai debu, bagaimana jika menempel serta tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan karat di dalam hati. Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dosa yaitu dengan bertobat dan membaca istighfar.

Pengertian istighfar

Pengertian istighfar

Istighfar memiliki arti memohon ampunan. Istigfar  termasuk dalam salah satu bacaan yang kerap disebutkan dalam berzikir atau mengingat Allah. Allah merupakan salah satu zat yang maha pengampun, memerintahkan kepada manusia untuk selalu meminta ampunan kepadaNya.

Seperti Allah yang maha pengampun. Ia pun juga akan selalu memberikan ampunan kepada hambanya yang memohon ampunan. Sedangkan, manakala manusia tidak pernah sekali mohon ampunan kepada Allah maka ia termasuk golongan orang yang sombong serta ingkar kepada Allah.

Seringkali ucapan istighfar disebutkan ketika manusia melakukan dosa. Namun , dibalik itu semua ternyata istighfar bukan hanya sebagai ucapan ketika melakukan dosa. Mengingat manusia sadar atau tidak sadar kerapkali berbuat dosa.

Dengan demikian, amalan istighfar bukan hanya dilakukan ketika melakukan dosa saja. Bukan hanya sekedar kalimat, melainkan sikap serta amalan sesungguhnya untuk meminta ampun kepada Allah dari hati yang paling dalam.

Keutamaan Istighfar dalam kehidupan sehari-hari

Keutamaan Istighfar dalam kehidupan sehari-hari

Dengan penghayatan tentang kesungguhan, ternyata memiliki keutamaan. Amalan istighfar merupakan salah satu bentuk amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan tujuan supaya umat Islam senantiasa memahami sifat Allah Yang Maha pengampun. Berikut beberapa keutamaan dari mengamalkan istigfar dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Senantiasa ingat kepada Allah

Dengan senantiasa beristighfar, maka kita senantiasa ingat kepada Allah. Manusia kerap kali tinggal serta berbuat salah dan Allah ia mengatur serta menguasai segala hal. Dengan senantias berdzikir, maka akan lebih paham dan bisa menghayati. Dengan adanya hal tersebut, kita semua bisa selamat di dunia serta akhirat. Tanpa adanya ampunan dari Allah maka manusia dapat masuk dalam kesesatan dan kesengsaraan.

Khususnya ketika di akhirat nanti. Bahkan Allah tentu hanya akan  memberikan ampunan  kepada hambanya yang senantiasa taat dan Muslim. Sedangkan orang-orang yang tidak taat atau musim tertentu tidak akan diampuni.

  1. Takut untuk berbuat salah serta menambah dosa

Artinya istighfar, bukan hanya sekedar ucapan saja, akan tetapi juga diiringi dengan perubahan dalam diri untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan senantiasa beristighfar, kita akan takut, serta akan senantiasa ingat jika dosa-dosa manusia sangat banyak. Dengan demikian, maka kita membutuhkan ampunan Allah dan melakukan taubatan nasuha.

  1. Menjadikan diri tidak berbuat sombong

Manusia yang selalu beristighfar maka akan dihindarkan dari sifat sombong. Hal ini dikarenakan ia sadar jika tidak ada satupun dalam diri manusia yang dapat disombongkan, terlebih, jika dibandingkan dengan apa yang sudah Allah ciptakan. Dengan demikian,  dapat dipahami jika manusia adalah makhluk yang lemah nama sehingga butuh ampunan dan Maaf dari Allah.

  1. Menjadikan hati lebih tenang

Dengan selalu mengingat dan memohon ampunan Allah, tentu hati kita akan senantiasa tenang. Hal ini dikarenakan kita akan yakin serta sadar, jika Allah dapat melakukan dan memberikan ampunan kepada manusia. Dengan menyerahkan diri serta memasrahkan diri kepada Allah merupakan salah satu langkah yang paling baik.

  1. Akan mendapatkan ampunan dari Allah

Dengan senantiasa beristighfar, kita juga bisa mendapatkan ampunan dari Allah. Ampunan dari Allah akan hadir hanya kepada mereka yang benar-benar tunduk serta memohon kepada Allah. Tidak ada satupun yang dapat memberikan keselamatan serta ampunan selain Allah. Allah juga yang akan ketika benar-benar menginginkan ampunan tersebut.

  1. Mudah untuk memaafkan

Dengan senantiasa memohon kepada Allah setelah mengetahui amalan istigfar , kita bisa memaafkan orang lain yang berbuat salah kepada kita. Kita akan menjadi pribadi yang mudah untuk memaafkan atas kesalahan orang lain. Bahkan, kita tidak akan menjadi pribadi yang pendendam serta pribadi yang menyimpan konflik dengan orang lain.

  1. Merupakan bentuk ketaan kepada Allah

Allah memerintahkan serta  menganjurkan supaya semua  hamba-Nya meminta ampunan kepada-Nya. Allah juga akan menjanjikan ampunan, pahala yang besar dan pemberian yang melimpah sebagai balasan atas istighfar.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (Ali ‘Imran [3]:133).

Adapun salah satu ciri hamba-hamba Allah yang shalih serta meraih surga yaitu banyak beristighfar, terlebih ketika  sepertiga malam yang terakhir, sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam surat Ali Imran [3]: 17 dan Adz-Dzariyat [51]: 18.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sendiri telah memberi tauladan kepada umatnya dengan Beliau membaca istighfar minimal sebanyak 70 kali dalam sehari semalam.

Manfaat memperbanyak Istighfar dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat memperbanyak Istighfar dalam kehidupan sehari-hari

Istigfar merupakan salah satu kalimat yang mungkin bagi orang begitu boleh diucapkan, terlebih manakala ada yang salah dengan dirinya. Istigfar bukan hanya dapat dilakukan atau diucapkan ketika melakukan salah atau dosa kepada Allah. Akan tetapi, istigfar merupakan salah satu bacaan yang dianjurkan untuk diperbanyak oleh manusia dalam keadaan apapun dalam kehidupan sehari-hari.

Ibnu Katsir pernah berkata ““Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak kalimat istighfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”

  1. Ketika lemah maka akan dikuatkan

Manusia merupakan salah satu makhluk tempat salah, serta memiliki nafsu yang dapat membawanya dalam kondisi seimbang, sedih serta beragam kondisi lainnya. Terkait dengan kehidupannya , tergantung bagaimana manusia menyikapinya. Sehingga akan sangat manusiawi ketika masalah atau ujian datang. Manusia akan merasa lemah setelah dalam kondisi yang dianggap kurang berpihak padanya.

Ketika mengalami rintangan atau suatu ujian yang terasa menghimpit, maka sebaiknya memperbanyak untuk mengucapkan istighfar. Hal itu dikarenakan masalah atau ujian tersebut Allah kirim sebagai bentuk nikmat, sehingga bisa mengantarkan diri kita pada kenaikan derajat di hadapannya manakala kita lulus melewatinya. Selain itu, juga dapat sebagai peringatan atas dosa serta maksiat yang masih sering kali dikerjakan.

Dengan mempperbanyak istighfar, maka  semua kelemahan yg kita rasakan dapat terangkat, tergantikan oleh rasa kuat. Bahwa ternyata Allah sangat dekat, selain itu kita juga bisa merasakan bahwa Allah akan menguatkan kita. Karena Allah tidak pernah memberi satu beban kepada hambaNya, melebihi kemampuan hambanya tersebut.

  1. Ketika diuji maka akan semakin dimudahkan

Ibnul Qayyim rahimahullaah pernah mengatakan, “Bila engkau berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak (hajat) kebutuhan, maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya”.

Dari penjelasan tersebut dapat diambil sebuah pelajaran, jika memang Allah yang Maha Mengetahui segalanya. Serta tanpa kita mengucapkan segala yang kita pinta atau ketika ingin mengeluhkan setiap masalah dan pencegahan allah tidak akan pernah kehilangan satu kendali pun atas diri kita. Selain itu, juga akan memudahkan ujian atau masalah kita. Sehingga kita akan diganti dengan kelapangan.

  1. Ketika sedang bingung maka akan diberi petunjuk

Allah akan mengangkat segala kebingungan yang ada di hadapan kita akan diganti dengan sebuah petunjuk berupa kekuatan iman kepada Nya, kita senantiasa memohon ampun kepadanya.

5 Manfaat Istigfar yang Perlu diketahui

5 Manfaat Istigfar yang Perlu diketahui

  1. Dengan beristigfar maka akan diampuni dosa-dosa serta kesalahan yang telah lalu

Anas ra meriwayatkan bahwasanya dia mendengar Rasulullah saw bersabda; “Allah Ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam, ketika engkau berdoa kepada-Ku dan mengharap (ampunan)-Ku, maka Aku mengampunimu atas dosa-dosa yang ada padamu dan aku tidak mempedulikannya. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai mega di langit kemudian engkau meminta ampunan kepada-Ku, maka Aku akan mengampunimu dan tidak mempedulikan (atas dosa yang engkau lakukan).” (HR. Tirmidzî) Qatadhah ra berkata “Sesungguhnya Al-Qur’an telah menunjukkan kepada kalian penyakit kalian sekaligus obatnya. Adapun penyakit kalian adalah dosa-dosa, sedangkan obatnya adalah istighfar.”

  1. Dengan beristigfar maka akan dipermudah jalan rejekinya

Istigfar merupakan penyebab utama akan didatangkannya rezeki. Hal ini sesuai dengan firman Allah “Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Nuh [71]:10-12)”

Di dalam ayau tersebut dijelaskan jika istigfar memiliki bergam manfaat. Adapun manfaat tersebut diantaranya adalah seperti, turunnya hujan yang bergantian, kebun-kebun dengan tanaman yang indah serta sungai-sungai dengan air tawar.

  1. Istigfar adalah salah satu sebab utama masuk surga

Rasulullah saw dalam sebuah hadits menyatakan keutamaan dari bacaan Sayyidul Istighfar. Beliau bersabda “Barang siapa yang membacanya (Sayyidul Istighfar) pada permulaan siang hari dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada siang itu sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk ahli surga. Barangsiapa yang membacanya pada permulaan malam hari dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada malam itu sebelum masuk waktu subuh, maka dia termasuk ahli surga.” (HR. Bukhari)

  1. Istigfar bisa menolak siksa yang ditimpakan

Sebuah ajaran yang sudah lama kita pahami, manakala menjaga lebih baik, jika dibandingkan dengan mengobati. Adapun salah satu manfaat dengan senantiasa elakukan istigfar yaitu membuat diangkatnya semua siksa serta hukuman yang sebelumnya sudah ditimpakan. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah “Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al-Anfal [8]:32).

  1. Istigfar membuat hati senantiasa bersih

Sebagaimana istigfar ini memberikan beragam manfata di dunia, ternyata istigfar merupakan salah satu penyebab diangkatnya derajat manusia. Hal ini sesuai dengan riwayat Abu Hurairah ““Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu lantas bertanya, “Wahai Tuhanku, bagaimanakah aku mendapatkan semua ini?” Allah menjawab, “Disebabkan bacaan istighfar yang dilakukan oleh anakmu untukmu.”(HR. Ahmad)

Perlu diketahui istigfar merupakan sebab terangkatnya derajat seseorang

Perlu diketahui istigfar merupakan sebab terangkatnya derajat seseorang

Sebagaimana istigfar hadir dengan beragam manfaat di dunia. Ternyata istigfar adalah salah satu penyebab diangkatnya manusia di surga. Abu hurairah meriwayatkan sabda dari Rasullullah “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu lantas bertanya, “Wahai Tuhanku, bagaimanakah aku mendapatkan semua ini?” Allah menjawab, “Disebabkan bacaan istighfar yang dilakukan oleh anakmu untukmu.”(HR. Ahmad)

Hadits di atas, adalah salah satu anak dalil, bahwa atas izin Allah, maka bisa menghadirkan manfata untuk kedua orang tua di dunia serta akhirat. Penjelasan ini susuai dengan hadits Nabi “Ketika seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqoh jariyah atau ilmu yang bermanfaat baginya atau anak shalih yang mendoakannya.”(HR. Muslim)

Istigfar merupakan sebab untuk mendapatan nikmat berupa kesehatan dan kekuatan

Adapun, salah satu dampak npositif yang ada dengan senantiasa membaca istigfar adalah selalu diberi barokah oleh Allah SWT. Bukan hanya itu saja, Allah juga akan senantiasa menambah kekuatan, semangat serta aktivitas dari orang tersebut.

Ini sesuai dengan sebuah firman Allah yang berbunyi ““Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (Hûd [11]:52).

Istighfar merupakan sebab pengampunan dan penghapus dosa-dosa

Istighfar merupakan sebab pengampunan dan penghapus dosa-dosa.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): Setiap dari anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.(HR. At-Tirmidzi, hasan)

Takkala manusia melakukan maksiat atau dosa sesungguhnya dia telah menzhalimi dirinya sendiri dan dalam keadaan yang bodoh. Oleh karenanya kita membutuhkan maghfirah.Tidak sedikit ayat yang berisi mengenai memohon ampunan kepada Allah, seperti yang sudah dicontohkan oleh para Nabi  dan Rasul.

Allah telah  memerintahkan kepada mereka untuk senantiasa memohon ampun kepada-Nya. Dan manakala kita mencoba renungi sebenarnya kita sangat butuh beristighfar kepada Allah subhanahu wata’ala.

“Bersegeralah kamu untuk mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,

(yaitu) orang-orang yang berinfak, baik ketika waktu lapang maupun sempit, serta orang-orang yang menahan amarahnya serta  mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang senantiasa berbuat kebaikan.

Selain itu,  (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, kemudian memohon ampunan atas dosa-dosanya, serta siapa lagi yang mampu mengampuni dosa-dosanya selain Allah? Mereka pun tidak alam meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.

Balasan untuk  mereka berupa ampunan dari Tuhan mereka serta surga-surga yang senantiasa mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 133 – 136)

Ayat tersebut menyatakan kepada kita semua untuk bersegera. Yang dimaksud dengan bersegera disini yaitu perintah untuk bergegas dalam melakukan kebaikan dan bersegera untuk beristighfar. Serta jangan berputus asa, Allah sudah menjamin bahwa ampunan-Nya seluas langit dan bumi dan ini untuk orang yang senantiasa bertaqwa.

Untuk itu, ketika  berbuat atau melakukan hal keji maka ia langsung ingat Allah dan kemudian memohon ampun kepada-Nya.

Sekian pembahasan Istigfar, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.