Makan Sahur

Makan Sahur adalah aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari sebelum melakukan ibadah puasa sehari penuh. Makan Sahur di Bulan Ramadhan menjadi salah satu amalan yang banyak di lakukan oleh umat islam.

Pasalnya, makan sahur akan memberi tenaga bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa sehari penuh. Selain itu, Makan sahur memiliki beberapa manfaat dan keutamaan tertentu yang berbeda dari kegiatan makan pada hari biasa di luar bulan Ramadhan.

Hukum Makan Sahur               

Hukum Makan Sahur

Sebagai salah satu amalan yang ada di bulan Ramadhan, makan sahur tentu memiliki ketentuan hukumnya sendiri. Makan sahur memiliki hukum sunnah. Yakni, tidak wajib namun akan lebih baik jika dilakukan. Jadi puasa tanpa melakukan makan sahur tetap sah dilakukan.

Namun, karena hukumnya sunnah, itu berarti makan sahur dianjurkan untuk kebaikan. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, makan sahur dianjurkan karena di dalamnya terdapat keberkahan.

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُحُوْرِ بَرَكَةً

“Sahurlah kalian,karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. al-Bukhari, 1923 dan Muslim, 1095).

Maka dari itu, umat islam disarankan melakukan makan sahur meski hanya sedikit. Jika tak dapat makan sahur dengan nasi dan makanan lainnya karena waktu imsak telah dekat, maka cukup sahur dengan segelas air.

Selain karena terdapat berkah di dalamnya, makan sahur adalah pembeda antara puasa orang islam dengan puasa agama lain. Seperti diketahui agama lain selain islam juga mengenal puasa dengan aturan masing-masing yang tentu memiliki perbedaan.

Waktu Makan Sahur yang Utama

Waktu Makan Sahur yang Utama

Makan sahur tentu identik dengan bangun pagi buta. Karena itu banyak orang yang kadang enggan melakukannya karena malas bangun dan meninggalkan kasur. Bahkan para orang tua biasanya harus bekerja keras membangunkan anak-anak mereka dengan berbagai cara.

Namun, meski harus bangun pagi buta, waktu makan sahur yang tepat memang ada di pagi buta. Sebuah hadits riwayat Ahmad menjelaskan jika Rasulullah menganjurkan untuk menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.

“Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mengakhirkan sahur dan mempercepat berbuka.” HR. Ahmad.

Perihal anjuran mengakhirkan sahur ini menurut Abu Bakar Al-Kalabazi, maksudnya adalah melakukan kegiatan makan sahur di sepertiga terakhir malam. Gagasan Abu Bakar Al-Kalabazi itu tertuang dalam kitabnya, Bahrul Fawaid.

وسئل النبي صلى الله عليه وسلم: أي الليل أسمع؟ قال: الثلث الأخير من الليل. وقد قال صلى الله عليه وسلم: من الفطرة تأخير السحور، أراد إن شاء الله أن يقع في الثلث الأخير من اليل ليكون فيه دعوة واستغفار فيجاب، وسؤال حاجة فتقضى

Artinya, “Nabi SAW pernah ditanya, ‘Malam apa yang paling didengar (do’a)?’ ‘Sepertiga terakhir malam,’ tegas Nabi SAW.Dalam hadits lain, Nabi SAW berkata, ‘Mengakhirkan sahur ialah bagian dari fitrah.’ Kemungkinan yang dimaksud mengakakhirkan sahur di sini ialah mengerjakannya di sepertiga terakhir malam. Karena pada waktu itu doa, ampunan, dan hajat dikabulkan Allah SWT.”

Gagasan untuk mengakhirkan sahur di sepertiga malam itu juga didukung oleh salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Muslim. Dalam hdits tersebut terdapat contoh jangka waktu Rasulullah SAW melakukan sahur dan sholat subuh.

“Kami telah bersahur bersama Rasulullah SAW, kemudian kami berdiri mengerjakan salat subuh. Aku bertanya kepada Zaid, ‘Berapa lama waktu antara habis sahur dengan salat subuh?’, Zaid menjawab, “Kadar membaca 50 ayat Alquran,”. (HR Muslim).

Melihat hadits diatas, makan sahur tampaknya memang lebih utama dilakukan pada sepertiga terakhir malam atau menjelang waktu subuh. Mengakhirkan sahur juga mempermudah orang agar tak luput melaksanakan sholat subuh karena tertidur lagi.

Namun, jika ingin melaksanakan makan sahur lebih awal karena alasan tertentu, kondisi tersebut tidak dipermasalahkan dan dibolehkan. Yang terpenting seusai sahur, anda tetap bisa bangun kembali dan tak melalaikan kewajiban sholat subuh.

Manfaat Makan Sahur

Manfaat Makan Sahur

Makan sahur menjadi salah satu kegiatan yang banyak ditemui di bulan Ramadhan. Pasalnya, sahur merupakan persiapan untuk orang muslim mengisi tubuh dengan makanan sebelum berpuasa sepanjang hari di bulan Ramadahan.

Meski kadang masih sering terlewat karena orang terbiasa kesulitan bangun dini hari, makan sahur ternyata memiliki banyak manfaat. Tak cuma bagi tubuh, makan sahur juga mendatangkan banyak keberkahan bagi yang bersedia menjalankannya. Berikut manfaat makan sahur yang perlu diketahui oleh orang muslim.

  • Menyediakan Energi untuk Tubuh Saat Puasa

Ibadah puasa merupakan ibadah yang membuat kita harus menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Hal itu tentu membuat tubuh terkadang merasa lemas karena tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh selama sehari penuh.

Makan sahur memiliki manfaat bagus sebagai pengisi energi tubuh manusia. Dengan makan berbagai makanan bergizi saat sahur, tubuh memiliki persediaan energi yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Pasalnya, saat berpuasa di bulan Ramadhan, tubuh tetap beraktifitas seperti biasa yakni bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya,  tapi tidak mendapatkan asupan tambahan apapun. Oleh karena itu, makan sahur berperan  membuat tubuh tetap kuat dan bertahan hingga waktu berbuka tiba.

  • Menjaga Tubuh Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa, umat muslim tak boleh minum air barang satu tetes pun hingga waktunya berbuka. Padahal, tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Sahur bisa menjadi solusi kondisi tersebut.

Meminum asupan air yang cukup saat sahur akan membantu tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Sehingga tubuh tidak mudah haus dan tenggorokan tidak kering saat menjalankan puasa.

  • Mencegah Risiko Gangguan Pencernaan

Makan sahur bisa mencegah risiko gangguan pencernaan jika anda mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Sediakan menu seimbang dan bergizi saat sahur agar pencernaan baik-baik saja ketika menjalankan ibadah puasa.

Ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan karbohidrat, serat, protein, lemak, mineral, vitamin dan cairan saat makan sahur. Hal tersebut penting agar tubuh tetap bugar dan tidak memicu naiknya asam lambung saat ibadah puasa.

  • Mencegah Penyakit yang Disebabkan Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan kondisi saat tekanan darah, kadar gula dan kolesterol naik dalam darah. Sindrom Metabolik itu terhitung berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit stroke, jantung, dan diabetes. Sahur berperan untuk mencegah penyakit tersebut timbul.

  • Memberikan Kesempatan untuk Niat

Selain manfaat kesehatan, sahur juga memiliki manfaat lain terkait hal-hal penting perihal syarat ibadah puasa yakni niat. Terkadang saat malam beberapa orang lupa untuk melakukan niat puasa.

Padahal, saat puasa bulan Ramadhan, niat merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilupakan. Dengan bangun sahur di sepertiga malam hari, anda bisa melakukan niat yang terlupa, sehingga puasa akan tetap berjalan dengan lancar.

Keutamaan Makan Sahur

Keutamaan Makan Sahur

Sahur memang bukan ibadah wajib yang ada di bulan puasa, namun makan sahur merupakan salah satu yang dianjurkan. Pasalnya, dalam sahur ada keberkahan yang banyak. Selain itu, Sahur ternyata memiliki beberapa keutamaan. Berikut beberapa keutamaan makan sahur yang harus diketahui.

  • Makan Sahur Mendatangkan Berkah

Ibadah makan sahur yang dilakukan pada dini hari ternyata mendatangkan berkah pada siapapun yang berhasil menjalankannya. Maka dari itu sahur sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hal tersebut terdapat di salah satu hadits riwayat Bukhari.

Rasulullah Saw. “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur itu ada berkah.” (HR Bukhari).

  • Allah SWT dan Para Malaikat Bershalawat pada Orang-orang yang Melaksanakan Makan Sahur

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, orang yang makan sahur akan mendapatkan sebuah keutamaan luar biasa yang taka da di bulan lainnya selain Ramadhan. Yakni berupa shalawat dari Allah SWT dan para malaikat.

Rasulullah Saw bersabda. “Sahur itu adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR Ahmad).

  • Menjadi Pembeda

Makan sahur menjadi salah satu ciri khas orang Islam dalam beribadah puasa. Seperti diketahui, agama lain pun memiliki ritual puasa. Namun, tak seperti dalam Islam, agama-agama tersebut memiliki aturan tersendiri dan sahur tampaknya bukan salah satunya.

  • Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Sebagai panutan dan suri tauladan orang muslim, Rasulullah SAW pun melakukan ibadah sahur. Alangkah baiknya jika umat muslim melakukan sunnah Rasulullah SAW tersebut. Selain bermanfaat, makan sahur juga menjadi sarana kita meneladani perilaku Rasululllah SAW.

Rasulullah Saw bersabda. “Umatku akan tetap berada pada sunnahku selama mereka tidak menunda untuk berbuka puasa sampai terbitnya bintang.” (HR Ibn Hibban).

  • Makan Sahur Dapat Menjadi Salah Satu Ibadah Sedekah

Dengan bangun pada waktu makan sahur, anda bisa melakukan ibadah sedekah. Yakni, dengan memberikan atau membagikan makan sahur pada orang yang membutuhkannya. Hal tersebut banyak dilakukan oleh anak saat ini dengan melakukan sahur on the road sembari membagikan makanan.

  • Makan Sahur Dapat Membuat Kita Bedzikir dan Berdoa di Waktu Terkabulnya Doa

Waktu makan sahur biasanya dilakukan dini hari pada sepertiga akhir malam. Pada waktu itu lah umat muslim dianjurkan untuk melakukan sholat malam. Karena waktu itu adalah saat yang tepat untuk berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain mendekatkan diri, pada waktu yang sama itu adalah waktu terkabulnya doa.

Dengan bangun untuk sahur pada waktu itu, anda bisa melakukan ibadah sholat malam terlebih dahulu dan ibadah-ibadah lainnya. Sehingga makan sahur bisa menjadi perantara umat muslim untuk mendapatkan keutamaan beribadah di sepertiga malam.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Makan saat sahur memang dianjurkan, bahkan memiliki keutamaan tersendiri. Namun, saat menjalankan makan sahur umat islam tak boleh sembrono memakan segala yang ada. Ada baiknya menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh.

Jika tubuh salah mendapat asupan saat makan sahur, beberapa kondisi buruk tentu akan muncul. Kondisi itu akan mengganggu ibadah puasa dan membuat ibadah terganggu dan tak nyaman. Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat makan sahur.

  • Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang disukai banyak orang saat hari-hari biasa. Banyak orang yang akan memilih meminum kopi sebagai ritual pagi sebelum berangkat kerja. Pasalnya kandungan kafein pada kopi membuat tubuh terjaga dan siap melakukan rutinitas harian.

Namun, minum kopi ketika waktu makan sahur tiba bukanlah hal yang bagus. Bukannya memberikan manfaat baik, minum kopi justru dapat memicu efek negatif pada tubuh manusia. Sifat asam pada kopi bisa menganggu kenyamanan perut saat menjalankan ibadah puasa.

Pasalnya, produksi asam lambung bisa meningkat dan mengganggu pencernaan. Selain itu, kopi juga memiliki sifat laksatif yang menstimulasi kerja usus sehingga frekuensi pembuangan sisa pencernaan bergerak lebih cepat. Kondisi tersebut tentu akan membuat tubuh kurang bugar saat menjalankan ibadah puasa.

  • Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang menggugah selera. Warna merah yang khas serta rasa pedas yang menggoda lidah tentu membuat banyak orang tertarik menambahkannya dalam menu makanan saat sahur.

Namun, makanan pedas ternyata tidak bagus dikonsumsi saat waktu makan sahur tiba. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu rasa haus terus menerus dalam tubuh manusia. Kondisi itu bisa mengganggu ibadah puasa, karena godaan untuk meneguk air sebagai pengusir dahaga semakin besar.

Selain memicu rasa haus, Makanan pedas juga berpotensi menyebabkan rasa nyeri dan perih di daerah perut karena meningkatnya asam lambung. Kondisi tersebut tentu membuat tubuh merasa kurang nyaman saat beribadah puasa.

  • Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi akan menimbulkan masalah pencernaan. Makanan tinggi lemak bekerja dengan dua cara, satu bisa memperburuk gejala sembelit dua berpotensi menimbulkan diare. Kondisi itu tergantung pada makanan berlemak seperti apa yang dikonsumsi.

Alangkah baiknya tak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Anda bisa mengganti makanan berlemak dengan makanan lain yang sehat dan penuh protein agar memberi energi bagi tubuh dalam menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

  • Makanan Asin yang Berlebihan

Makanan yang memiliki rasa asin berlebih tentu mengandung garam dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Kandungan garam itu bisa memberikan efek buruk pada tubuh terutama bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kelebihan garam memicu kambuhnya hipertensi. Selain itu garam berlebih juga  membuat tubuh mudah dehidrasi dan membutuhkan cairan. Akibatnya rasa haus berlebihan akan melanda anda saat menjalankan ibadah puasa.

  • Cokelat

Memiliki rasa manis yang banyak disukai, coklat tentu salah satu makanan yang menggoda untuk disantap. Coklat juga dikenal mampu memberi energi bagi tubuh manusia. Tapi, sebaiknya coklat tak masuk dalam menu makan sahur anda.

Pasalnya, coklat memiliki sisi lain yang mampu meningkatkan asam lambung, sehingga coklat lebih baik tak dikonsumsi saat waktu makan sahur. Jika anda ingin memakan yang manis-manis saat sahur lebih baik memakan kurma yang memiliki rasa manis alami yang pas dan tidak memberi efek negatif pada tubuh.

Tips untuk Melaksanakan Sahur Tepat Waktu

Salah satu persoalan yang kerap ditemui saat menjalankan ibadah makan sahur adalah susahnya membuat tubuh bangun dan beranjak dari empuknya kasur. Banyak orang yang merasa enggan bangun sahur karena waktunya yang  berada pada dini hari.

Pada dini hari saat waktu sahur tiba adalah saat tubuh sedang nyaman-nyamannya tertidur. Maka dari itu tidak semua orang bisa bangun saat waktu sahur. Berikut beberapa tips dan trik agar anda bisa bangun saat waktu makan sahur .

  • Atur Alarm

Alarm masih menjadi solusi ampuh untuk masalah susah bangun tidur. Setel alarm anda sesuai waktu yang anda inginkan untuk sahur. Bunyi alarm yang sangat nyaring bisa membantu membangunkan tubuh yang tertidur.

Jika tak cukup satu alarm, pasang lebih dari satu alarm. Namun, cara ini bisa gagal jika tidak ada niat dari dalam diri untuk bangun. Karena seberapa seringpun alarm menyala jika anda terus mematikannya dan memilih tertidur kembali, cara tersebut akan gagal.

  • Minta Bantuan Orang Lain

Jika anda berada di rumah, anda bisa meminta bantuan orang tua anda untuk membangunkan sahur. Orang tua biasanya lebih mudah bangun dan bisa membangunkan anda. Selain itu, usai bangun anda bisa makan sahur bersama keluarga.

Jika tak berada di rumah dan tengah berada di kos, ada baiknya meminta bantuan teman yang sesama muslim. Tak menutup kemungkinan teman anda akan mau membantu. Selain sama-sama membantu dalam kebaikan, terkadang anda bisa mencari makan sahur bersama teman.

  • Tidur Lebih Awal

Ketika bulan Ramadhan ada baiknya anda mengurangi keinginan begadang dan tidur lebih awal. Hal tersebut bertujuan agar tubuh mendapat istirahat cukup dan lebih mudah terbangun saat waktu sahur tiba. Selain itu, tubuh akan tetap segar meski bangun dinihari karena telah mendapatkan tidur yang cukup sebelumnya.

  • Tetapkan Niat dan Tekad Bangun Sahur

Hal yang paling penting dalam bangun sahur adalah menetapkan hati untuk berniat dan bertekad bangun saat waktu sahur tiba. Niat dan tekad sangat berpengaruh pada alam bawah sadar manusia. Jika tekad telah kuat biasanya tubuh akan mengikuti dan bisa bangun saat sahur tiba.

Jika anda tidak bisa bangun secara langsung, jika telah memiliki niat dan tekad, biasanya hanya butuh satu sentuhan atau satu kali bunti alarm sebagai bantuan agar anda bisa bangun. Selain itu biasanya ada anak-anak melakukan patroli keliling yang akan membantu membangunkan anda jika niat telah bulat.

Dengan segala informasi tersebut, bangun untuk makan sahur tentu sesuatu yang lebih baik dilakukan. Mengingat dengan bangun untuk makan sahur, anda bisa mendapatkan banyak manfaat juga keberkahan yang berlimpah.

Sekian pembahasan makan sahur, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.