Sebagai seorang muslim yang taat, maka penting untuk mengamalkan banyak ibadah dan juga bacaan baik yang bisa membawa kebaikan ke dalam kehidupan yang sedang dijalani itu sendiri, salah satunya yang tidak terkecuali sendiri yaitu membaca sholawat di tengah sibuknya kehidupan yang sedang dijalani. Sholawat ini sendiri juga bisa menjadi salah satu bentuk dari pengingat atas kebesaran yang dimiliki oleh Allah SWT dan juga semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta untuk mendapatkan banyak keberkahan dalam hidup yang ada ini. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja manfaat yang diberikan dan juga keutamaan serta bagaimana bacaannya agar semakin bersemangat dalam mengamalkannya.

Pentingnya Mengamalkan Bacaan Sholawat Nabi

Bukan sebuah hal yang baru lagi jika banyak yang menanyakan terkait dengan hikmah membaca sholawat nabi itu sendiri dan juga sebenarnya seberapa penting dari amalan bacaan satu ini dalam kehidupan sebagai seorang umat muslim yang ingin untuk patuh dan menjadi contoh yang baik. Banyak yang juga mengatakan bahwa ibadah untuk membaca bacaan sholawat ini sendiri menjadi sebuah hal yang sangat dianjurkan bagi para umat muslim untuk bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa membawa banyak kemudahan serta rahmat kepada diri sendiri. Di sisi lain, bacaan satu ini  juga menjadi sebuah hal  menjadi bentuk dalam yang kehormatan kepada Nabi Muhammad SAW sendiri.

Mau untuk membaca sholawat dalam waktu tertentu  merupakan sebuah hal yang baik dan perlu untuk dicontohkan kepada banyak orang karena hal ini juga memiliki begitu banyak hikmah yang bisa membantu para umat muslim dalam menjalankan kehidupannya dengan lebih ringan dan juga mudah. Selain itu, bacaan sholawat nabi ini sendiri juga mengandung banyak manfaat yang bisa untuk semakin membawa banyak kebaikan dalam kehidupan yang sedang dijalani ini serta sebagai umat muslim selalu akan berusaha mendapatkan hikmah dari Allah SWT. Maka dari  itu, bacaan satu ini menjadi hal atau cara yang tepat untuk memperoleh kebaikan tersebut.

Keutamaan dalam Membaca Sholawat Nabi

Bagi para umat muslim mungkin sudah pernah mendengar terkait dengan beberapa keutamaan membaca sholawat yang dimiliki sehingga menjadi alasan mengapa perlu untuk diamalkan dengan baik ketika memiliki waktu atau pada waktu tertentu yang lebih tepat. Beberapa dari keutamaan yang dimaksudkan tersebut yaitu seperti yang akan dijelaskan dan disebutkan berikut ini diantaranya”

  1. Keutamaan pertama yaitu bahwa doa yang dipanjatkan akan lebih mudah untuk terkabul dan juga didengarkan karena bacaan satu ini bisa membantu untuk semakin mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa sebagai Sang Pencipta.
  2. Keutamaan yang kedua yang bisa untuk didapatkan yaitu jelas tentu saja berkaitan dengan pahala yang didapatkan akan menjadi lebih berlipat ganda dan hal ini sendiri juga sudah dijanjikan sehingga tidak perlu lagi untuk diragukan kebenarannya serta ada pada hadist yang shahih.
  3. Keutamaan untuk ketiga dalam membaca sholawat yaitu bacaan ini bisa membantu untuk mengangkat derajat yang dimiliki di mata Allah SWT sehingga membuat doa juga akan semakin didengarkan dan mendapatkan banyak rahmat yang lain.
  4. Keutamaan lainnya yang juga bisa untuk didapatkan yaitu umat muslim yang menerapkannya bisa untuk mendapatkan syafaat  yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat hari kiamat datang nantinya sehingga bisa untuk masuk ke dalam surga yang telah dijanjikan.

Manfaat yang Didapatkan dari Membaca Sholawat Nabi

Manfaat yang Didapatkan dari Membaca Sholawat Nabi

Hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu untuk diketahui yaitu bahwa ada begitu banyak manfaat membaca sholawat yang bisa untuk didapatkan bagi para umat  muslim yang mau untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kegiatan satu ini merupakan sebuah hal yang menjadi anjuran untuk bisa dilakukan bagi para umat muslim yang mau untuk menjadi lebih taat. Berikut ini beberapa manfaat yang telah dimaksudkan pada pembahasan kalimat sebelumnya diantaranya:

  1. Membantu untuk menghilangkan rasa kesedihan yang dirasakan oleh manusia karena memang dalam kehidupan sendiri tidak  akan pernah bisa luput dari hal yang dinamakan dengan persoalan masalah hidup. Mengamalkan membaca sholawat bisa membantu untuk meringankan rasa sedih ini menjadi lebih ringan, seberapa berat masalah yang dirasakan tersebut.
  2. Meningkatkan rasa cinta yang dimiliki kepada Nabi Muhammad SAW karena hal ini sudah seperti menjadi sebuah hal  yang berhak dilakukan oleh para umat muslim.
  3. Membaca bacaan sholawat juga bisa membantu  untuk semakin mudah dalam menemukan kebahagiaan dalam hidup hanya dengan cara membaca sholawat dengan rajin setiap hari. Hal ini bisa membantu untuk memberikan ketenangan jiwa yang ada.
  4. Doa yang dipanjatkan menjadi lebih mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT sehingga hal baik bisa datang ke diri sendiri kapanpun itu.

Hukum Mengamalkan Bacaan Sholawat Nabi

Hukum Mengamalkan Bacaan Sholawat Nabi

Seperti yang diketahui oleh para umat muslim, mungkin juga masih banyak yang merasa bingung terkait dengan bagaimana hukum dari membaca sholawat itu sendiri, apakah diwajibkan dan ada pada hadist atau sebenarnya hukum yang berlaku yaitu bacaan ini merupakan hal yang sunah untuk dilakukan. Pada dasarnya, hukum yang ada sendiri juga masih banyak memiliki perdebatan di antara para pemuka agama sendiri karena ada banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya bacaan ini merupakan sebuah hal yang wajib dan ada beberapa yang mengatakan hal yang sunah untuk dilakukan. Maka dari itu, penting untuk mengeluarkan pendapat yang memiliki dasar cukup kuat  untuk berkaitan dengan hal ini.

Terlepas dari berbagai perdebatan yang ada mengenai bagaimana hukum dari melaksanakan membaca sholawat itu sendiri, membaca bacaan sholawat nabi sendiri bukanlah sebuah hal yang buruk untuk dilakukan melainkan bacaan ini merupakan hal yang baik dan juga bisa memberikan banyak manfaat. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika sebagai umat  muslim yang taat mau dan bisa untuk menyisihkan waktu yang dimilikinya agar bisa mengamalkan kebaikan satu ini karena bisa membantu untuk membawa rahmat dan banyak hal lainnya kepada diri sendiri. Maka dari  itu, tidak apa-apa jika memang mau untuk mengamalkan bacaan satu ini dengan baik.

Bacaan Sholawat Nabi yang Baik dan Benar

Hal yang tidak bisa untuk diabaikan begitu saja yaitu mengenai apa membaca sholawat yang benar dengan lafalnya yang benar agar ibadah yang dilakukan ini juga menjadi semakin sah dan juga bisa diterima dengan baik. Maka dari itu, penting untuk bisa mengetahui bagaimana pelafalan yang benar agar melaksanakan ibadah satu ini juga bisa semakin khidmat dan juga cukup baik sehingga bisa menjadi semakin serius juga saat menjalankannya. Maka dari itu, simak apa saja lafal yang benar yang dimaksud itu tadi pada penjelasan tentang lafal atau sejenisnya yang ada pada bagian di bawah ini berikut.

  1. Sholawat yang pertama disebutkan yaitu dengan jenis sholawat nariyah yang memiliki lafal seperti, “Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman alaa sayyidina muhammadinil lazi tanhalu bihil uqodu watanfariju bihil kurobu watuqdhoo bihil hawaiju watunalu bihir roghoib wa husnul khowatimi wayustasqol ghomaamu biwajhihil karimi wa alaa alihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi adadi kulli maklumin laka”. Lafal tersebut memiliki arti diantaranya yaitu seperti, “Ya Allah limpahkanlah sholawat dengan yang sempurna dan pula turunkanlah salam atas kesejahteraan yang penuh dengan junjungan dari kami yaitu Nabi Muhammad yang pernah dengan sebab beliau mendapatkan kesulitan dapat terpecahkan, seluruh kesulitan dapat untuk dilenyapkan, semua keperluan bisa untuk terpenuhi, dan semua yang telah didambakan serta husnul khatimah bisa untuk diraih serta berkat dari dalam dirinya yang mulia hujan menjadi turun. Semoga bisa untuk terlimpahkan kepada keluarga serta juga para pihak sahabatnya pada setiap detik serta hembusan nafas yang diketahui bagi Engkau sendiri”.
  2. Kedua yaitu terdapat membaca sholawat fatih dengan bacaan lafal yaitu, “Allahumma sholli ala sayyidina muhammadinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo nashiril haqi bil haqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqo qodrihi wa miq dari hil adzim” dengan arti yaitu, “Ya Allah limpahkanlah seluruh rahmat dan juga keselamatan serta keberkahan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi sebagai pemuka terhadap sebuah hal yang terkunci dan juga menjadi penutup atas sesuatu dari para nabi yang sudah terdahulu. Dialah yang menjadi penolong dengan cara yang benar dan membawa begitu banyak kebenaran serta juga membawa petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mau untuk melimpahkan seluruh rahmat kepada para keluarga dan serta sahabat dengan benar sesuai dengan pangkat dan kedudukan yang lebih  agung”.
  3. Bacaan untuk membaca sholawat ketiga yaitu terdapat sholawat quthbul aqhtob dengan lafal yaitu, “Allahumma sholi alaa sayyidina muhammadin fil awalina wa shali ala sayyidina muhammadin fil akhirin wasallim ala sayidina muhammadin fil nabyiin wa shali ala sayyidina muhammadin fil mursalin wa shali ala sayyidina muhammadin fil malail ala ila yaumiddin” dengan arti yaitu, “Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kami yaitu Nabi Muhammad SAW pada masa permulaan dan juga berikanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW  yang menjadi utusan serta juga berikanlah rahmat kepada orang yang telah  terpilih mendapatkan kemuliaan dan terjaga sampai hari kiamat”.

Masih ada beberapa membaca sholawat lainnya yang juga bisa untuk diamalkan dan juga sebelum membacanya pastikan terdapat pada sebuah hadist yang sudah sahih sehingga amalan ini nantinya bisa sah dan tidak dilakukan dengan sembarangan saja.

Waktu yang Tepat untuk Membaca Sholawat Nabi

Dalam mengamalkan membaca sholawat nabi, kebanyakan dari umat muslim biasanya akan mengasosiasikannya dengan acara seperti maulid nabi untuk bisa membacanya karena hal ini juga sudah seperti menjadi sebuah tradisi tersendiri yang  ada di tengah masyarakat Indonesia. Kegiatan satu ini sendiri bisa dilakukan diiringi dengan membaca bacaan sholawat  nabi dan kisah-kisah dari Rasulullah SAW yang bisa membangkitkan rasa cinta dan kasih sayang sebagai umat muslim yang taat. Namun tidak hanya untuk saat seperti itu saja, tetapi terdapat beberapa waktu lainnya yang tepat digunakan sebagai waktu untuk membaca bacaan sholawat nabi seperti yang ada berikut:

  1. Setelah selesai membaca adzan dan iqomat yang sudah diriwayatkan untuk para hadist yang ada sebagai waktu tepat untuk bisa membaca bacaan sholat ini karena nantinya bagi para muslim yang melaksanakan sholat bisa untuk mendapatkan banyak limpahan rahmat dan juga syafaat, terutama pada saat hari kiamat nanti.
  2. Waktu lainnya yang  tepat untuk membaca sholawat yaitu saat menjalankan sholat tepatnya setelah selesai membaca bacaan tasyahud akhir yang bisa semakin menyempurnakan ibadah sholat wajib yang dikerjakan oleh para umat muslim yang taat.
  3. Waktu yang juga tepat sebagai saat untuk membaca bacaan sholawat nabi ini yaitu ketika permulaan dari membaca doa yang dipanjatkan dan juga saat mengakhiri doa tersebut. Sholawat yang dibaca ini bisa membantu doa yang dipanjatkan tadi untuk lebih mudah didengarkan dan juga diamini oleh banyak mahluk sekitar yang ada di bumi ini.
  4. Para umat muslim juga bisa untuk membaca bacaan sholawat ini ketika sedang mengunjungi atau melakukan ziarah di makam Nabi Muhammad SAW untuk bisa membantu dalam mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW yang sangat dicintai oleh para umat muslim di manapun berada ini.
  5. Melakukan membaca sholawat juga sangat dianjurkan untuk dilakukan pada saat akan memulai sebuah urusan maupun pekerjaan yang cukup penting agar semakin membawa keberkahan dan juga nikmat kepada diri.

Tata Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Nabi dengan Baik

Tata Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Nabi dengan Baik

Dalam melakukan cara membaca sholawat sendiri juga tidak bisa untuk dilakukan dengan sembarangan begitu saja karena ada beberapa tata cara yang perlu untuk diperhatikan agar bacaan sholawat ini bisa untuk dibaca dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang sesuai dengan agama dan juga hadist yang ada. Misalnya yaitu seperti jenis sholawat munjiyat sendiri hanya bisa untuk dibacakan dengan anjuran yaitu ketika dalam masa kesulitan dan kesusahan terkait dengan berbagai urusan  yang ada. Sholawat satu ini bisa untuk dibaca dengan keperluan agar bisa meminta kemudahan dari Allah SWT untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Biasanya membaca sholawat nabi yang benar sendiri juga dilakukan untuk membantu menghindari adanya wabah penyakit yang bisa membahayakan manusia atau makhluk hidup lainnya yang ada di bumi dengan membacanya sebanyak 1000 kali dengan sholawat munjiyat setiap tengah malam. Selain itu, membaca sholawat munjiyat juga bisa untuk dilakukan sebanyak 500 kali bagi umat muslim yang memiliki hajat dan ingin untuk dilancarkan acara tersebut agar bisa berjalan dengan baik. Bacaan ini juga bisa untuk diamalkan sebanyak 300 kali untuk bisa memohon kesembuhan dari penyakit yang sedang diderita dan juga menjaga diri agar terhindar dari berbagai perbuatan dosa yang ada dan bisa dilakukan.

Itu tadi merupakan penjelasan secara singkat mengenai penjelasan tentang amalan untuk membaca sholawat nabi di tengah sibuknya kehidupan yang sedang dijalani untuk tetap bisa menjaga kedekatan dengan Allah SWT dan sebagai bentuk rasa syukur pula atas segala bentuk nikmat yang sudah didapatkan. Selain itu, banyak pula keutamaan serta hikmah dan manfaat yang bisa untuk didapatkan dari membaca bacaan yang baik satu ini agar bisa membuat hidup menjadi semakin berkah dan banyak mendapatkan kebaikan untuk hidup. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk mengamalkan bacaan ini kapanpun saat memiliki waktu dan menyempatkan sebentar untuk mengamalkan agar bisa mendapatkan manfaat yang ada sebanyak-banyaknya.

Sekian pembahasan Membaca Sholawat, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.