Membaca surat al ikhlas 10 kali bagi sebagai seorang umat muslim yang taat dan berusaha untuk mengerjakan amalan yang baik dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk dilakukan karena memiliki ayat yang tergolong cukup pendek sehingga mudah untuk dihafalkan. Surat yang turun tepat di kota Makkah ini termasuk ke dalam golongan dari surat Makiyah sehingga juga menjadi salah satu favorit yang dimiliki oleh umat muslim dan membuatnya menjadi ibadah yang cukup mudah dan banyak untuk dilakukan. Tidak hanya sekedar untuk membaca dan memahami apa yang ada dalam surat ini, tetapi juga ada begitu banyak manfaat dari yang ada ketika mengamalkan ibadahnya.

Hadits Mengamalkan Bacaan Surat Al Ikhlas 10 Kali Menurut Agama

Hadits Mengamalkan Bacaan Surat Al Ikhlas 10 Kali Menurut Agama

Sebelum lebih lanjut dalam memahami apa saja yang manfaat dapatkan dari membaca al ikhlas 10 kali, maka akan lebih baik untuk mengetahui apa saja sebenarnya makna dari melakukan amalan yang satu ini. Bahkan, amalan satu ini juga dapat ada pada hadits yang menyampaikannya sehingga semakin meyakinkan atas amalan yang dapat dilakukan oleh siapa saja muslim yang menginginkan untuk mendapatkan berbagai manfaat yang ada. Salah satu hadits yang menyampaikan terkait dengan ibadah satu ini yaitu ada penyampaian dari Mu’adz bin Anas Al-Juhani yang berkaitan dengan ucapan dari Rasulullah SAW.

Berikut ini hadits membaca al ikhlas 10 kali yang disampaikan dari Mu’adz bin Anas Al-Juhani yang berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

مَنْ قَرَأَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْراً فِى الْجَنَّةِ

Artinya yaitu bahwa siapa saja yang membaca “Qul huwallahu ahad” sampai dirinya menyelesaikannya (Surat Al-Ikhlas) sebanyak 10 kali, maka dirinya akan dibangunkan untuknya rumah yang berada di Surga. (HR. Ahmad, 3:347). Terkait dengan hadits ini sendiri, dari Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadits ini merupakan Hasan dengan adanya berbagai penguat darinya.

Salah satu keutamaan dan juga apa yang telah ada penyampaian dari hadits ini sendiri tentu saja sebagai umat muslim akan lebih baik jika mau untuk mengamalkannya dalam membaca al ikhlas 10 kali dengan lebih baik dan juga secara rutin. Pahala yang ada bagi siapa saja yang mau untuk mengamalkan hal ini tentu saja dalam bentuk yang sangat besar karena keistimewaan yang ada dari bentuk ibadah satu ini yang umat muslim dapat lakukan kapan saja dan pada berbagai tempat yang ada. Bahkan, untuk mau membacanya ini juga hanya perlu untuk menghabiskan waktu beberapa menit saja sehingga siapa saja dapat menyisihkan sebagian waktunya untuk melakukan hal yang baik satu ini.

Meskipun banyak kenikmatan serta kenyamanan yang didapatkan oleh umat muslim selama berada pada dunia ini, namun bukan berarti bahwa bisa seenaknya untuk melakukan apa saja yang ingin untuk dilakukan sepuasnya. Akan lebih baik juga jika mampu untuk mengamalkannya dengan baik secara rutin untuk membantu dalam mengingatkan diri sendiri akan kebaikan yang berlimpah dari Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi para umat muslim untuk memberikan atau meluangkan sedikit dari waktu yang ada untuk dapat melakukan amalan membaca al ikhlas 10 kali setiap harinya agar juga menjaga amal baik dan iman yang lebih kuat serta kesucian diri.

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu untuk Dibangunkan Rumah yang Ada di Surga

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu untuk Dibangunkan Rumah yang Ada di Surga

Sudah bukan sebuah hal yang asing atau tidak familiar lagi untuk terdengar bahwa melakukan amalan untuk membaca al ikhlas 10 kali dapat membantu mendapatkan pembangunan rumah yang letaknya sendiri yaitu berada di surga nantinya. Seluruh umat muslim yang ada tentu saja akan sangat menginginkan untuk dapat masuk ke dalam surga dan menjadi bagian dari golongan baik yang mendapatkan berkat dari Allah SWT. Maka dari itu, siapapun yang ingin untuk masuk ke golongan ini dan menjadi orang baik serta mengamalkan ibadah yang ada mampu untuk mendapatkan rumah ini ketika kelak berada di surga.

Perlu pula untuk menjadi paham dari para umat muslim sendiri bahwa surga sendiri memiliki gambaran sebagai sebuah tempat yang penuh dengan rasa nyaman serta apapun hal terbaik yang diinginkan maka akan mendapatkan permintaannya tersebut terjadi pada dirinya. Tentu saja tidak ada seorang dari muslim pun untuk tidak menginginkan akan masuk ke dalam surga ini sehingga akan selalu berusaha untuk melakukan berbagai hal yang baik untuk diselesaikan. Maka dari itu, salah satu caranya yaitu membaca al ikhlas 10 kali dapat membantu untuk menggapai mimpi agar masuk ke dalam golongan surga dari Allah SWT ini sendiri.

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membuat Umat Dicintai Oleh Allah SWT

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membuat Umat Dicintai Oleh Allah SWT

Sudah bukan menjadi sebuah hal yang mengagetkan kembali bahwa melaksanakan ibadah membaca al ikhlas 10 kali dengan baik dan sungguh-sungguh maka akan dapat menjadi seorang umat yang sangat mendapatkan cinta dari Allah SWT dalam bentuk berbagai hal. Hal ini menjadi alasan pula karena dalam bacaan dari surah ini sendiri merupakan bentuk akan kasih sayang dan rasa cinta yang dimiliki kepada Allah SWT. Maka dari itu, setiap umat muslim dapat untuk selalu berusaha mendapatkan kasih yang ada pada Allah SWT dan mendapatkan apa sebenarnya kasih tersebut dengan sebaik mungkin.

Terkait dengan pembahasan mengenai hal ini, membaca al ikhlas 10 kali dapat menjadi sebuah hal untuk bentuk akan kecintaan terhadap Allah SWT melalui membaca surah ini sebagai media yang menjadi pemberian rasa bentuk kasih sayang dan kecintaan kepada Sang Pencipta. Perbuatan ini sendiri dapat menjadi sebuah contoh yang baik untuk menjadi masuk ke dalam bentuk ibadah sehingga baik untuk umat muslim lakukan kapan saja sesuai dengan keinginan yang dimiliki untuk menjadi bentuk kecintaan yang dimiliki. Namun, dapat pula hal ini tidak ada sebuah hal pasti yang mengatur terkait dengan mengamalkan bacaan ini sehingga dapat melakukannya dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki.

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu Melancarkan Datangnya Rezeki

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu Melancarkan Datangnya Rezeki

Sudah bukan menjadi sebuah hal yang tidak familiar untuk terdengar melalui telinga lagi bahwa mengamalkan membaca al ikhlas 10 kali dapat menjadi sebuah jalan untuk membantu dalam memberikan segala macam jalan serta pintu rezeki yang ada dan siap untuk diri. Hal ini dapat menjadi sebuah hal yang baik untuk masuk ke dalam rutinitas yang dimiliki, termasuk juga ketika akan memasuki ke dalam rumah sehingga lebih baik untuk siapa saja yang ada. Hal ini juga karena rumah menjadi salah satu hal utama yang menjadi tempat untuk berlindung serta dapat pula menjadi sumber dari segala jalan dan pintu rezeki yang dimilikinya.

Berkaitan dengan ibadah terkait dengan membaca al ikhlas 10 kali ini, dapat melihatnya melalui yaitu hadits yang ada riwayatnya dari at-Thabrani dari Jarir bin Abdullah karena sempat untuk mengeluarkan keluhan yang berkaitan dengan kemiskinan yang dimiliki. Selain itu, dirinya juga mengalami berbagai himpitan dari hidup yang dimiliki dan perlu untuk keluar dari berbagai situasi yang ada tersebut. Kemudian, dirinya mendapatkan nasihat yang ada dari Rasulullah SAW untuk dapat menyarankan dalam membaca surah ini setiap kali dirinya akan masuk ke dalam rumah yang menjadi  tempat tinggal agar membuka jalan rezeki yang dimilikinya.

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu Menghapuskan Dosa Kecil

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Membantu Menghapuskan Dosa Kecil

Perlu juga menjadikan sebuah hal yang menjadi pemahaman bahwa mengamalkan membaca al ikhlas 10 kali dapat membantu untuk menghilangkan berbagai macam dan bentuk dari dosa kecil yang ada kepemilikan sehingga dapat mengurangi atau meringankan segala bentuk dosa yang dimilikinya. Amalan satu ini dapat menjadi bentuk akan sebuah hal yang membantu untuk menghapuskan berbagai macam dosa dengan lebih baik asalkan melakukannya juga lebih bersungguh-sungguh dan sepenuhnya. Maka dari itu, bagi para umat muslim yang ingin untuk menghapuskan dosanya maka dapat mencoba untuk melakukan hal ini dengan lebih baik dan secara sungguh-sungguh.

Cara untuk dapat mengamalkan ini dengan baik agar dapat membantu untuk menghapuskan segala macam bentuk dosa kecil yang ada yaitu tidak hanya dengan cara membaca al ikhlas 10 kali, tetapi juga dapat melakukannya sebanyak hingga 200 kali untuk setiap harinya. Amalan satu ini dapat membantu untuk menghapuskan dosa yang dimilikinya bahkan hingga 50 tahun selama dirinya sendiri tidak memiliki berbagai bentuk hutang yang ada. Meskipun begitu, akan tetapi hadits ini sendiri bukanlah sebuah hal yang shahih tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengamalkannya dan menambahkan pahala baik yang dimiliki selama hidup dan siapa tahu juga membantu untuk menghapuskan dosa tersebut.

Membaca Surat Al Ikhlas 10 Kali Sama Seperti Membaca Sepertiga Dari Al-Quran

Dalam manfaat melakukan amalan dari membaca al ikhlas 10 kali yaitu dapat untuk lebih paham bahwa membacanya sebanyak hal tersebut berarti sama dengan melaksanakan ibadah untuk membaca yaitu sebanyak sepertiga bagian dari Al-Qur’an yang ada. Hal ini sendiri juga menjadi perhatian karena adanya sabda dari Nabi Muhammad SAW yang bersabda yaitu, “Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggaman dari kekuasaan-Nya, sesungguhnya surah Al-Ikhlas itu benar-benar sebanding dengan sepertiga bagian dari Al-Qur;an”. Sabda ini yaitu berdasarkan hadits dari Imam Bukhari untuk menjelaskan terkait dengan pelaksanaan ibadah satu ini.

Meskipun begitu, perlu juga untuk menjadikan paham bahwa meskipun nilai yang ada pada membaca al ikhlas 10 kali dan sepertiga Al-Qur’an tadi sama, tetapi belum dapat menjadi pengganti dari pelaksanaan membaca kitab suci itu sendiri. Maka dari itu, perlu untuk umat muslim memiliki pemahaman bahwa pembacaan surah Al-Ikhlas ini bukan merupakan sebuah pengganti dari membaca Al-Qur’an meskipun nilai yang dimilikinya sama. Hal ini dapat untuk melihatnya bahwa surah Al-Ikhlas itu sendiri tidak dapat mampu untuk menjadi pengganti dari surah Al-Fatihah yang dibaca dan menjadi salah satu bagian dari rukun shalat yang ada dan surah apapun tidak dapat menjadi pengganti darinya.

Waktu Tepat untuk Bersamaan Mengamalkan Surat Al Ikhlas 10 Kali

Jika ada umat muslim yang berencana untuk dapat mengamalkan membaca al ikhlas 10 kali, maka perlu juga untuk mengetahui apa saja amalan yang dapat dilakukan bersama dengan enam waktu lain yang ada dalam keseharian. Enam waktu lain yang dapat berguna untuk melakukan amalan ini diantaranya yang pertama yaitu dapat melakukannya kapan saja atau dalam kata lain yaitu secara bebas boleh melakukannya sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Hal ini bisa untuk menjadi amalan asalkan bacaan dari surat ini menggunakan bacaan dan selesai sebanyak yaitu 10 kali hingga berhasil untuk menyelesaikannya.

Waktu kedua yang dapat menjadi tepat untuk membaca al ikhlas 10 kali yaitu ketika melaksanakan shalat sunnah fajar atau juga terkenal dengan sebutan yaitu qabliyah shubuh bagi para muslim yang taat serta bersamaan dengan surah Al-Kafirun pada saat pelaksanaan rakaat pertama, sementara Al-Ikhlas yaitu pada rakaat kedua. Kedua surah tersebut sendiri menjadi kedua surah terbaik yang akan lebih baik dapat menjadi ibadah ketika menjalankan shalat shubuh di waktu fajar yang merupakan waktu tepat untuk melakukannya. Hal ini juga ada pada HR. Ibnu Khuzaimah 4:273 dan merupakan hadits yang shahih serta juga kuat dengan adanya hadits Ibnu Mas’ud yang baik.

Waktu ketiga yang menjadi waktu tepat yang dapat menjadi ibadah saat membaca al ikhlas 10 kali yaitu bersamaan dengan melakukan shalat sunnah ba’diyah maghrib menjadi waktu yang tepat untuk mengamalkan amalan baik satu ini. Terkait dengan waktu satu ini juga ada pada hadits yang ada yaitu Abdullah bin Mas’ud terkait dengan kebiasaan yang terjadi saat Rasulullah menjalankan shalat dua rakaat ba’diyah maghrib dan tentu saja hal ini menjadi hal baik yang perlu untuk diikuti bagi para umat muslim yang ingin menjadi lebih taat lagi. Sementara itu, hadits yang menyampaikan hal ini juga termasuk ke dalam hadits shahih sehingga merupakan baik.

Waktu keempat yang dapat menjadi waktu yang paling tepat bagi para umat muslim yaitu membaca al ikhlas 10 kali ketika sedang mengerjakan shalat witir yaitu sebanyak tiga rakaat sesuai dengan aturan yang ada. Ketika saat ini, seperti yang penjelasan sebelumnya yaitu terbagi pada tiga rakaat yang ada diantaranya pada rakaat pertama yaitu dapat bersamaan dengan adanya surah Al-A’laa, kemudian rakaat kedua yaitu lanjut dengan Surah Al-Kafirun, dan pada saat rakaat ketiga yaitu baru membaca surah Al-Ikhlas. Perlu untuk menjadi perhatian pula bahwa hadits yang menyampaikan berkaitan dengan hal ini merupakan hadits yang shahih sehingga dapat menjadi pegangan yang baik kembali.

Pada waktu kelima yaitu dalam melaksanakan ibadah untuk membaca al ikhlas 10 kali bersamaan dengan menyelesaikan untuk mengerjakan shalat maghrib yang merupakan shalat wajib pada saat malam Jum’at untuk melakukannya. Pada saat menyelesaikan shalat wajib maghrib, maka dapat untuk membaca surah Al-Kafirun dan juga surah Al-Ikhlas sebagai pelengkap dari ibadah wajib yang baik dan perlu menyelesaikan dengan baik dan suci pula. Sementara untuk waktu yang keenam dan dapat dilakukan sebagai ibadah membaca surah Al-Ikhlas ini yaitu pada saat dua rakaat setelah selesai melaksanakan thawaf, tepatnya yaitu pada bagian belakang dari makam Nabi Ibrahim untuk menyempurnakan ibadah yang sedang dikerjakan tersebut.