Menghafal Al Quran menjadi sebuah impian semua orang yang memahami dan mengerti mengenai keutamaan bagi orang-orang yang menghafal Al Quran. Allah mengatakan bahwa menghafal Al Quran itu mudah. Hal itu berlaku untuk siapa pun, termasuk untuk Anda.

Meski Allah telah menjamin bahwa menghafal Al Quran itu mudah, tapi banyak orang yang sulit juga untuk menghafal Al Quran. Bahkan mungkin untuk menghafal satu ayat saja, membutuhkan waktu yang sangat lama dan setelah hafal menjadi cepat lupa juga.

Saat Anda menghafal Al Quran dan merasa kesulitan saat menghafal ayat demi ayat Al Quran, ketahuilah bahwa bukan ayatnya yang susah, mungkin cara menghafal Al Quran Anda yang perlu dirubah. Tidak ada yang sulit selama kita mau berusaha dan ikhlas.

Menetapkan dan Mengikhlaskan Niat Menghafal Al Quran

Suatu hal yang tidak bisa dilupakan dan yang merupakan hal yang penting dari cara menghafal Al Quran adalah menetapkan niat dan mengikhlaskan niat. Percuma apabila menghafal Al Quran tapi niatnya menjadi salah dan bukan karena Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita hanya akan mendapatkan lelah tanpa mendapatkan pahala. Bila kita niat karena Allah, Alah akan menolong kita.

Jika kita memiliki niat yang ikhlas karena Allah, niscaya Allah akan membantu kita di kala sedang malas ataupun bosan. Karena hal yang menjadi halangan bagi penghafal Al Quran yaitu rasa bosan, terlebih saat pertama kali menghafal. Sehingga, niat yang ikhlas adalah hal yang wajib bagi penghafal Al Quran.

Melaksanakan Sholat Hajat Sebelum Menghapal Al Quran

Setelah memiliki niat yang ikhlas karena mengharapkan ridho Allah, hendaknya kita melaksanakan sholat hajat sebelum memulai menghafal Al Quran. Mohonlah kepada Allah agar diberi kemudahan dalam menghafal Al Quran, karena pemilik Al Quran adalah Allah.

Untuk pelaksanaan sholat hajat sendiri tidak ada ketentuan waktu. Sholat hajat bisa dikerjakan kapan saja. Anjuran mengerjakan sholat hajat ini merujuk pada hadits yang diriwayatkan Hudzaifah Al-Yamani radhiyallahu anhu, beliau berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا حزبه أمر صلى

Bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam jika ditimpa suatu masalah beliau langsung mengerjakan shalat.”

Memperbaiki Bacaan Sebelum Menghafal Al Quran

Sebelum memulai untuk menghafal Al Quran ayat demi ayat, sebaiknya Anda hendak untuk memperbaiki bacaan terlebih dahulu. Hal ini wajib di lakukan agar terhindar dari salah baca dan kekeliruan nantinya. Menghafal Al Quran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi apabila membacanya masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala menjadi berkurang.

Target Menghafal Al Quran

Nantinya di tengah-tengah menghafal, terkadang biasanya mengalami kendala seperti susah masuk memori atau hafalan yang sudah dihafal mungkin lupa lagi. Jika sudah seperti ini, biasanya semangat menghafal Al Quran  menjadi berkurang, karena, kita merasa bahwa menghafal Al Quran merupakan hal yang sulit.

Agar dapat menanggulangi hal yang seperti itu yang membuat tidak patah semangat, Anda perlu memasang target saat menghafal Al Quran. Target tersebut akan berguna saat kita sedang malas menghafal. Anda nanti akan ingat bahwa Anda mempunyai mimpi menjadi penghafal Al Quran, sehingga semangat akan membara kembali.

Dalam membuat target menghafal Al Quran tidak perlu muluk-muluk, usahakan memiliki target yang realistis dan sesuai dengan kemampuan kita.

Metode Cara Menghafal Al Quran

metode cara menghafal alquran

Terdapat banyak sekali metode yang dapat Anda gunakan untuk menghafal ayat Al Quran, setiap orang akan menggunakan metode yang cocok dan sesuai dengan dirinya sendiri. Ada dua metode yang akan dipaparkan yang terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

  • Metode Menghafal per Halaman

Metode menghafal per halaman Al Quran maksudnya Anda membaca satu halaman yang mau Anda hafal sebanyak tiga sampai kira-kira sepuluh bacaan tartil, apabila telah lancar baru mulai untuk menghafalnya. Telah hafal satu halaman, kemudian baru pindah ke halaman berikutnya. Metode ini lebih di rekomendasikan untuk yang menggunakan mushaf standar Madinah.

Hal yang perlu diperhatikan, Setiap Anda menghafal satu halaman, sebaiknya Anda juga menghafal satu ayat yang ada pada halaman berikutnya. Agar Anda dapat menyambungkan antara hafalan halaman yang satu dengan halaman berikutnya.

  • Metode Menghafal per Ayat

Metode menghafal ayat per ayat Al Quran yaitu membaca satu ayat yang ingin di hafal tiga sampai dengan sepuluh kali secara tartil. Setelah hafal ayat pertama maka lanjut pindah ke ayat yang lain, begitu seterusnya sampai satu halaman. Tetapi sebelum pindah halaman, Anda mengulangi halaman agar lebih kuat hafalannya.

Tetap sebelum pindah ke halaman berikutnya sebaiknya mengulangi halaman-halaman sebelumnya agar hafalan lebih kuat lagi.

  • Metode Menghafal dengan Menulis Ayat per ayat Al Quran

Metode ini merupakan metode unik yang diterapkan di Maroko. Metode ini menggunakan alat seperti papan persegi panjang. Papan tersebut dihiasi dengan garis-garis yang dibuat secara permanen, untuk memudahkan dalam menulis ayat ayat Al Quran. Mereka biasa menyebut papan tersebut dengan lauh.

Namun, jika tidak memiliki papan tersebut bukan masalah, dengan menuliskannya berulang ulang dikertas juga lama kelamaan tentu kita akan mengingat ayat tersebut dan tidak sadar menjadi hafalan.

Tips Cara Menghafal Al Quran

tips cara menghafal alquran

Secara umum, para penghafal Al Quran apabila ditanya mengenai kiat dalam menghafal Al Quran menegaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang sederhana namun tentunya memerlukan komitmen yang kuat dan kedisiplinan. Diantara hal itu adalah kelurusan niat, kesungguhan usaha, pengulangan hafalan dan doa.

  • Mulai dari Sekarang

Menghafal Al Quran tidak memerlukan waktu dan momen yang tepat, jika tidak segera menghafal maka kapan Anda akan menyelesaikan hafalan tiga juz. Mulai untuk menghafal sedikit demi sedikit. Menunda waktu hanya akan membuat semangat untuk khatam 30 juz akan semakin luntur.

  • Menghafal Berdasarkan Satu Cekatan Mushaf

Menghafal Al Quran dari cetakan akan memberikan pengaruh yang besar pada kecepatan menghafal Al Quran. Hafalan akan lebih mudah diingat dan tersimpan dalam memori otak Anda, apabila mushaf yang digunakan dari satu cetakan yang sama.

Maksud dari satu jenis ataucetakan ini adalah model penulisan mushaf. Misalnya seperti mushaf Madinah, mushaf yang dipakai oleh sebagian orang. Mushaf cetakan Mesir, mushaf cetakan Kuwait atau mushaf yang dipakai oleh sebagian orang Pakistan dan India.

Anda juga dapat menggunakan model mushaf yang dipakai oleh sebagian pondok pesantren tahfidh Al Quran yang ada di Indonesia yang dicetak oleh Manar Qudus.

Tidak disarankan untuk berganti-ganti mushaf dalam menghafal Al Quran, karena hal tersebut akan sangat memengaruhi kecepatan hafalan ataupun kekuatan hafalan Al Quran.

Selain menggunakan cetakan yang sama, gunakanlah Al Quran yang lebih mudah dibaca. Anda dapat membeli Al Quran dari cetakan-cetakan yang terkenal lalu konsisten dalam menggunakan mushaf tersebut, baik saat menghafal maupun setelah selesai menghafal dan mulai masuk pada tahap murojaah.

Semua kembali kepada diri kita masing masing, ingin menggunakan model mushaf yang mana. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu jika sudah menggunakan satu model mushaf, usahakan jangan menggunakan model mushaf yang lain.

  • Selalu Baca Berulang-Ulang

Tidak ada orang yang dapat menghafal banyak ayat Al Quran apabila malas membaca dan mengulang-ulang ayat Al Quran tersebut. Sebenarnya orang yang terkenal cepat hafalannya memiliki kunci sukses yaitu bersungguh-sungguh dalam mengulang-ulang ayat yang sedang dihafal. Semakin sering mengulang satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatan.

Hendaknya Anda mengulang kembali halaman atau ayat Al Quran yang telah Anda hafal sesering mungkin, jangan sampai kita merasa sudah hafal beberapa halaman, kemudian kita tinggal hafal tersebut tanpa mengulanginya lagi pada waktu yang lama. Hal tersebut tentu akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

  • Menyetorkan Hafalan Kepada Qori yang Lebih Mahir

Berapa pun banyaknya ayat yang sedang anda hafalkan, setorkan kepada orang yang memiliki bacaan bagus dan paham dengan ilmu tajwid, misalnya seperti imam-imam masjid, guru ngaji, guru tahfiz dimana pun. Usahakan untuk menyetorkan hafalan Al Quran minimal satu kali setiap hari-nya.

Hafalan disetorkan pada orang yang memang memiliki bacaan yang bagus dan paham dengan ilmu tajwid. Jangan setorkan hafalan Al Quran kepada orang yang bacaannya tidak baik, apalagi tidak paham dengan ilmu tajwid.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada bagus atau tidak-nya hafalan Anda. Bila Anda menyetorkan hafalan Al Quran kepada orang yang tidak ahli, mungkin saja dia bisa melewatkan kesalahan yang Anda lakukan dalam menghafal sehingga nantinya Anda tetap dalam kesalahan tersebut dan tidak memperbaikinya.

  • Menghafal di Waktu Terbaik untuk Menghafal

Umumnya, waktu terbaik untuk menghafal yaitu sebelum dan setelah fajar. Pada waktu ini, otak masih segar dan keadaan diri juga tenang, sehingga hafalan akan lebih cepat masuk ke dalam memori saat menghafal ayat-ayat Al Quran pada waktu-waktu tersebut.

Tapi, bukan berarti Anda hanya bisa menghafal pada waktu itu saja, karena mungkin pada sebagian orang merasa bahwa hafalan akan lebih mudah masuk pada waktu dhuha atau sebagian lainnya mengatakan lebih suka menghafal setelah zuhur, atau di waktu yang lainnya. Setiap orang tentu memang memiliki waktu terbaik masing-masing.

  • Tidak Perlu Menghafal Sekaligus Banyak

Pada saat baru mulai menghafal, tidak perlu memaksakan diri untuk menghafal Al Quran dalam jumlah yang banyak sekaligus. Menghafal ayat Al Quran sedikit demi sedikit secara konsisten akan jauh lebih baik.

Boleh saja apabila Anda menghafal dan menyetorkan hafalan setiap hari dengan jumlah yang banyak, misalnya seperempat juz, namun hal tersebut juga perlu diimbangi dengan waktu murojaah (mengulang-ulang bacaan) yang lebih banyak juga. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kekokohan hafalan Anda.

  • Komitmen dengan Durasi

Mengutamakan durasi atau berkomitmen terhadap durasi waktu untuk menghafal, bukan pada jumlah ayat yang harus di hafal. Biasanya apabila Anda menghafal selama dua jam setiap hari, maka komitmenlah pada dua jam tersebut. Berapa pun banyak ayat yang anda hafal, hal terpenting adalah harus menghafal selama dua jam.

  • Memilih Metode Menghafal yang Cocok

Setiap individu memiliki cara yang sendiri yang lebih mudah untuk menghafal. Jangan coba paksakan untuk mengikuti suatu metode menghafal hanya karena orang lain bisa menghafal dengan cepat menggunakan metode tersebut. Anda bisa saja mencobanya, bila sesuai, Anda ikuti. Namun, apabila tidak sesuai, sebaiknya Anda menggunakan metode lain yang lebih cocok untuk Anda.

  • Mengulangi Hafalan Pada Setiap Waktu Sholat

Manfaatkanlah waktu sebelum atau sesudah melaksanakan sholat wajib lima waktu untuk menghafal ataupun mengulangi hafalan. Coba sisihkan waktu minimal 15 menit dan konsisten. Anda dapat memanfaatkan waktu menunggu waktu sholat sambil mengulang lagi hafalan ayat Al Quran. Dengan begitu, Anda juga bisa melaksanakan sholat tepat waktu lima kali sehari.

Jika Anda konsisten mengulangi hafalan 15 menit sebelum atau sesudah sholat wajib, maka insya Allah hafalan Anda akan tetap terjaga tanpa harus memberatkan Anda terkait waktu menghafal.

  • Meluangkan Waktu Khusus untuk Mengulang Hafalan Al Quran

Selain di waktu sholat wajib, Anda juga perlu untuk meluangkan waktu khusus setiap hari untuk murojaah hafalan. Hal tersebut dilakukan demi kelancaran dan kekokohan hafalan Anda. Semakin banyak hafalan Anda, maka tentu semakin banyak pula waktu yang perlu Anda alokasikan untuk mengulang bacaan.

  • Menghafal Untuk Setia Bukan Untuk Khatam

Saat mulai menghafal Al Quran, niatkanlah untuk menghafal bukan untuk khatam melainkan untuk setia dengan Al Quran. Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting, agar apabila setelah menyelesaikan hafalan 30 juz, Ada tidak meninggalkan Al Quran tetapi tetap semangat untuk mengulang hafalan Al Quran.

Tetap menjaga metode dalam cara menghafal Al Quran yang cocok dengan Anda dengan begitu Anda akan semakin senang dengan Al Quran.

  • Memperbanyak Mendengar Bacaan Al Quran

Faktor lain yang dapat memperkuat hafalan Anda yaitu memperbanyak mendengarkan bacaan Al Quran, baik dari teman maupun bacaan Al Quran dari Syaikh yang mahir dalam bacaan.

Jika bisa tidak hanya mendengarkan sambil melakukan pekerjaan yang lain, akan tetapi mendengarkan bacaan tersebut dengan serius dan secara teratur. Dengan seperti itu, Anda akan lebih konsentrasi dalam proses menghafal melalui pendengaran.

  • Menggunakan Seluruh Panca Indera

Faktor lainnya yang menguatkan hafalan adalah dengan menggunakan semua panca indera yang kita miliki. Maksudnya menghafal jangan hanya menggunakan mata saja tetapi dibarengi dengan sering mendengarkan bacaan Al Quran dengan telinga, mengucapkan dengan mulut, menulis ayat-ayat Al Quran yang akan di hafal, dan penting untuk merasakan menggunakan hati.

  • Memperbanyak Doa Kepada Allah

Doa merupakan senjata bagi seorang mukmin. Di setiap amalan yang di perintahkan, kita selalu mengawalinya dengan berdoa.

Begitu juga dalam menghafal Al Quran, perbanyak lah berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam menghafal Al Quran oleh Allah, karena do’a merupakan bukti bahwa sesungguhnya kita bertawakkal kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Doa rentan dilupakan, padahal Al Quran merupakan Kalamullah yang diturunkan Allah untuk manusia. Agar dapat menguasainya maka kita perlu meminta karunia itu kepada Allah. Jangan sampai terjebak pada sikap sombong karena terlalu mengandalkan strategi atau kemampuan ingatan semata.

Dalam cara menghafal Al Quran bagi seorang muslim adalah suatu amalan yang sangat baik untuk dirinya dan bagi orang lain. Tidak hanya itu, semua hal baik termasuk membaca, mempelajari, dan menghafal Al Quran harus dilakukan sekarang juga sejak dini kepada anak dan diri sendiri menjadi hal yang sangat baik. Jadilah orang yang disenangi oleh Allah karena kecintaan kepada Al Quran. Tentunya dilengkapi juga dengan pengetahuan lain misalnya tentang nabi dan wali songo.

Sekian pembahasan Menghafal Al Quran, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.