Puasa Sunnah

Puasa sunnah merupakan salah satu jenis puasa yang diajarkan oleh Agama Islam, puasa ini dapat dilakukan di hari-hari tertentu. Puasa sunnah ini tidaklah wajib untuk dilakukan, namun dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Puasa sunnah sendiri sudah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad Saw, dimana beliau sering melakukan puasa sunnah senin kamis.

Sejarah Puasa Sunnah

sejarah puasa sunnah

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu untuk tidak makan dan minum selama sehari penuh, puasa sendiri banyak dilakukan di berbagai ajaran agama. Tak terkecuali Agama Islam yang mengajarkan dua jenis puasa yaitu puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa sunnah memiliki beragam jenis mulai dari Puasa Nabi Daud, Puasa Syawal, hingga Puasa Senin Kamis. Puasa sunnah tersebut memiliki manfaat serta keutamannya masing-masing, dimana jika dikerjakan akan mendapatkan amal serta kasih sayang Allah Swt.

Dahulu Rasulullah Saw sering sekali melakukan puasa pada hari Senin dan kamis, lalu seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw kenapa beliau melakukan puasa di hari itu. Beliau menjawab “ ketahuilah saudaraku bahwa hari senin adalah hari dimana aku dilahirkan dan hari dimana aku diutus atau diturunkan wahyu untukku “.

Sedangkan hari kamis Rasulullah Saw menjawab “ Ketahuilah saudaraku bahwa hari kamis adalah hari dimana semua amalan manusia dikumpulkan di hadapan Allah SWT. Tidakkah engkau merasa bahagia jika saat amalanmu diperiksa, engkau sedang beribadah kepadaNya.

Macam-macam Puasa Sunnah

macam - macam puasa sunnah

1.            Puasa senin kamis

Puasa sunnah yang paling sering sekali dikerjakan oleh umat muslim adalah puasa senin kamis, puasa ini diajarkan oleh Rasulullah Saw sebagai tanda syukur atas diturunkannya wahyu serta tanda amalan saat dicatatnya amal yang dikerjakan.

Seperti namanya puasa ini adalah puasa yang dilakukan pada hari senin dan kamis. Menurut segi kesehatan sendiri hari tersebut adalah hari yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh manusia, terutama bagian sistem pencernaan yang tidak pernah berhenti selama 24 jam.

2.            Puasa Nabi Daud

Menurut hadis riwayat Bukhari mengatakan “ sebaik-baiknya salat di sisi Allah Swt adalah salatnya Nabi Daud As, dan sebaik-baiknya puasa adalah puasanya nabi Daud As. Puasa Nabi Daud adalah puasa yang dikerjakan dengan cara sehari berpuasa dan sehari tidak.

Puasa sunnah Nabi Daud adalah puasa yang sangat utama, sehingga puasa ini tidak boleh digabungkan dengan puasa lainnya seperti puasa senin kamis.

3.            Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa yang dikerjakan setelah melakukan puasa Ramadhan, tepatnya dilakukan selama enam hari di bulan syawal. Menurut hadis riwayat Muslim “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”.

4.            Puasa Bulan Dzulhijjah

Puasa Bulan Dzulhijjah merupakan puasa yang dilakukan sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah. Keutamaan berpuasa di bulan ini sangatlah luar biasa, terutama pada hari ke 9 yang disebut dengan Puasa Arafah. Puasa ini dapat menghapuskan dosa manusia setahun sebelumnya dan setahun yang akan datang.

Di hari ke 10 Dzulhijjah kita diharamkan untuk melakukan puasa, hal ini karena hari tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

5.            Puasa Muharram

Bulan Muharram atau yang lebih dikenal dengan sebutan bulan suro oleh masyarakat Jawa, bulan ini adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah Swt. Dengan dimuliakannya bulan ini sudah sepatutnya bagi kita umat muslim untuk memuliakannya juga, kita bisa melakukan ibadah serta amal sholeh seperti berpuasa.

Puasa di bulan ini tentu saja memiliki keutamaan yang luar biasa, terutama pada tanggal 10 Muharram yang disunnahkan untuk berpuasa Asyura. Dengan melakukan Puasa Asyura dosa seorang mukmin dalam kurun waktu satu tahun yang lalu akan dihapuskan.

Hikmah Puasa Sunnah

hikmah puasa sunnah

1.            Melawan Hawa Nafsu

Puasa sunnah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw, dimana kita menahan nafsu dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Dalam satu hari penuh kita akan dihadapkan dengan hawa nafsu, berupa rasa lapar, haus, hingga hal-hal yang dapat mengurangi atau membatalkan ibadah puasa.

Dengan melakukan puasa sunnah kita akan bisa menahan rasa marah dan emosi. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk mengontrol kepribadian kita.

2.            Hidup Sederhana

Puasa pada dasarnya merupakan rasa empati kepada masyarakat yang kurang mampu, disini kita diajarkan bahwa masih banyak orang di luar sana yang tidak bisa hidup dengan layak. Sudah sepatutnya bagi kita yang memiliki kehidupan layak wajib untuk bersyukur.

Selain itu dengan berpuasa kita bisa mengalami hidup sederhana, sehingga bisa memunculkan rasa empati pada lingkungan sekitar. Jika kita memiliki rezeki sudah sepatutnya untuk berbagi dengan sesama yang kurang mampu.

3.            Menghindarkan Diri Dari Dosa

Puasa sunnah juga dapat menghindarkan diri dari dosa. Hal ini dikarenakan pahala puasa akan berkurang atau bahkan bisa membatalkan puasa itu sendiri jika melakukan dosa. Puasa sunnah itu sendiri juga akan mengingatkan kita terhadap kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan, seperti salat, bersedekah, hingga

4.            Meningkatkan Amalan

Menurut sabda Rasulullah Saw “ Segala sesuatu mempunyai zakat, dan zakat tubuh adalah puasa “. Dari sabda tersebut sudah sangat jelas bahwa puasa wajib dan puasa sunah memiliki amalan yang sangat luar biasa, yaitu dapat digunakan sebagai zakat tubuh.

Selain itu amalan lainnya saat melakukan puasa sunnah, juga akan memiliki keutamaan yang lebih besar ketimbang melakukannya tanpa berpuasa.

5.            Mendapat Kasih Sayang Allah

Allah Swt sangat senang dengan hambanya yang melakukan ibadah puasa, hal ini dikarenakan ibadah puasa memiliki banyak sekali hikmah dan keutamaannya. Dari aspek kejiwaan sendiri puasa sunnah memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesabaran, menguatkan kemauan, hingga meningkatkan ketakwaan terhadap Allah Swt.

Keutamaan Puasa Sunnah

keutamaan puasa sunnah

1.            Kebahagiaan Saat Berbuka dan Saat Bertemu Dengan RabbNya

Keutamaan dari puasa sunnah yang pertama adalah rasa senang saat berbuka. Sudah semestinya seseorang akan merasa senang ketika berbuka, hal ini dikarenakan ia sudah menahan hawa nafsu, lapar, dan haus selama seharian penuh. Dengan berbuka ia akan bisa memuaskan rasa tersebut yang telah ditahannya selama seharian.

Selain itu ia juga akan mendapatkan kebahagiaan ketika bertemu dengan RabbNya. Menurut suatu hadis mengatakan “ Amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt adalah amalan yang konsisten walaupun itu kecil “. Tentu saja dari hadis tersebut puasa sunnah adalah salah satunya.

2.            Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Harum Dari Minyak Kasturi

Puasa sunnah dapat membuat bau mulut lebih harum dari minyak kasturi di sisi Allah Swt. Keutamaan ini tentunya sudah sangat sering diajarkan dalam Ajaran Islam. Dalam sabda Rasulullah Saw “Sesungguhnya bau mulut seseorang yang melakukan puasa lebih baik daripada harumnya minyak kasturi di sisi Allah Swt”.

Dari sabda tersebut menjelaskan tentang bau mulut seseorang yang berpuasa, dimana bau mulut tersebut lebih wangi daripada minyak kasturi di sisi Allah Swt. Sepatutnya kita mengamalkan hal tersebut, supaya bisa memiliki keinginan untuk melakukan puasa sunnah.

3.            Dibukanya Pintu Ar-Rayyan

Menurut hadis riwayat Bukhari dan Muslim “ Sesungguhnya di Surga terdapat satu pintu yang bernama Ar-Rayyan, yang bisa dimasuki oleh orang-orang yang suka berpuasa kelak di hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang-orang yang suka berpuasa “.

Berdasarkan hadis tersebut sudah terlihat jelas bahwa puasa sunnah memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat masuk ke Surga dengan menggunakan pintu khusus Ar-Rayyan.

Manfaat Puasa Sunnah Bagi Kesehatan

manfaat puasa sunnah bagi kesehatan

1.            Menjaga Kesehatan Tubuh

Puasa sunnah bukan hanya memiliki hikmah serta keutamaan saja, namun dalam segi medis puasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan serta kekebalan tubuh. Dengan berpuasa secara rutin akan membuat sistem imun dapat bekerja dengan baik, sistem imun inilah yang akan menjauhkan kita dari penyakit.

Selain itu kesehatan dan kekebalan tubuh juga akan terus meningkat. Asupan sehat yang biasa terdapat saat berbuka inilah yang berguna menstabilkan dan melancarkan peredaran darah. Terutama buah-buahan segar seperti kurma, apel, semangka, dan buah-buahan lainnya. Usahakan berbukalah dengan buah-buahan agar dapat memaksimalkan kesehatan tubuh kita saat berpuasa sunnah.

2.            Menyembuhkan Penyakit Kronis

Penyakit kronis adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia, penyakit ini bahkan bisa menimbulkan kematian terhadap seseorang. Puasa adalah salah satu metode yang sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit kronis. Bahkan menurut ilmu media puasa dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah.

Bukan hanya itu saja namun di zaman Rasulullah Saw, beliau menyuruh saudara untuk berpuasa ketika sedang mengalami sakit. Dengan berpuasa kita juga akan lebih tawakal bahwa semuanya adalah kehendak Allah Swt, dan kepadaNya kita bisa meminta tolong untuk disembuhkan dan diangkat suatu penyakit yang kita derita.

3.            Menyehatkan Sistem Pencernaan

Tubuh kita selalu bekerja selama 24 jam penuh tanpa berhenti, tak terkecuali sistem pencernaan kita. Sistem pencernaan manusia adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, dan sangat rentan mengalami masalah. Nah puasa adalah salah satu alternatif untuk dapat menyehatkan dan memulihkan kinerja sistem pencernaan yang kita miliki.

Dengan berpuasa sunnah kita bisa mengistirahatkan sistem pencernaan selama beberapa jam, hal ini sangat membantu untuk memulihkan dan menyehatkan kinerja sistem pencernaan tersebut. Apalagi jika kita sahur dan berbukan dengan makanan yang bergizi, tentunya hal ini akan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan serta menyehatkannya kembali.

4.            Menstabilkan Kerja Organ Dalam

Manusia memiliki banyak sekali organ dalam yang sangat penting, mulai dari jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan masih banyak lagi lainnya. Organ tersebut harus dijaga dengan baik, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan berpuasa sunnah. Puasa sunah yang dilakukan secara terus menerus atau konsisten dapat membantu menstabilkan kinerja dari organ penting tersebut.

Keistimewaan Puasa Sunnah

keistimewaan puasa sunah

1.            Masuk Surga

Puasa memiliki banyak sekali keistimewaan di dalamnya, bukan hanya puasa wajib saja namun puasa sunnah juga memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah dapat masuk Surga, hal ini sudah terdapat banyak hadis yang menyebutkan bahwa Surga memiliki pintu Ar-Rayyan yang akan terbuka dan boleh dimasuki oleh umat yang sering melakukan puasa.

Selain itu Allah Swt juga sangat menyukai amalan puasa, tak lupa Rasulullah Saw juga sangat sering mencontohkan puasa kepada umatnya. Dari berbagai hal tersebut sudah semestinya puasa sunnah adalah amalan yang baik dan dapat mengantarkan seseorang untuk bisa masuk ke dalam Surga.

2.            Lunturnya Dosa

Puasa wajib memiliki keistimewaan yaitu dapat melunturkan dosa-dosa yang telah dibuat, tentu saja puasa sunnah juga memiliki keistimewaan tersebut. Salah satu contoh puasa sunnah yang dapat melunturkan dosa adalah Puasa Arafah dan Puasa Asyura, kedua puasa ini dapat menghapuskan dosa seseorang dalam kurun waktu satu tahun yang lalu.

3.            Dijauhkan Dari Api Neraka

Puasa sunnah juga memiliki keistimewaan lainnya, yaitu dijauhkannya seseorang dari api neraka. Menurut sabda Rasulullah Saw “ Puasa adalah taming bagi kalian dari api neraka, seperti taming salah seorang kalian di dalam peperangan.

Dari sabda tersebut sudah dijelaskan bahwa puasa memiliki manfaat untuk menghindarkan dari api neraka. Terutama puasa-puasa wajib dan puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw semasa beliau hidup dahulu.

4.            Menjadi Penolong di Hari Kiamat

Manusia memiliki amalan serta pahalanya masing-masing, beberapa diantanya akan menolong seseorang tersebut dari hari kiamat ataupun siksa api neraka. Al-Qur’an dan puasa adalah salah satunya, yang akan menyelamatkan kita dari hari kiamat.

Menurut sabda Rasulullah “ Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada seseorang hamba di hari kiamat bagi yang mengamalkan keduanya. Puasa berkata : Ya Rabb aku telah menghalangi hamba ini dari makan dan minum di siang hari. Dan Al-Qur’an berkata : aku telah menghalangi hamba ini dari tidur di malam hari. Maka izinkan aku untuk memberikan syafaat kepada hamba ini”.

Dari sabda Rasulullah Saw tersebut terbukti bahwa puasa memiliki keistimewaan dalam menolong seseorang di hari kiamat. Bagi mereka yang sering melakukan puasa akan diberikan syafaat, sedangkan bagi mereka yang tidak pernah melakukan puasa akan ditampar oleh puasa, yang sambil berkata “ Semoga Allah menyiakan kamu, seperti kamu menyiakan aku “.

Sungguh besar amalan yang bisa didapatkan dari puasa wajib maupun puasa sunnah, susah sepatutnya dengan mengetahui amalan-amalan ini, kita bisa berubah dengan melakukan puasa sunnah supaya mendapat amalan-amalan tersebut.

Fadhilah Puasa Sunnah

fadhilah puasa sunnah

Puasa sunnah atau bisa juga disebut dengan puasa secara berkala, puasa ini memang memiliki banyak sekali fadhilah yang terkandung di dalamnya. Bahkan Allah Swt juga menyukai hamba yang senang melakukan puasa, hal ini disebutkan dalam salah satu sabda Rasulullah Saw.

Dengan melakukan puasa kita akan mendapatkan fadhilah yang sangat banyak, mulai dari dilancarkan rezeki, di mudahkan mencari jodoh, dihapuskan dosa, dijauhkan dari siksa api neraka, dan masih banyak lagi lainnya.

Ternyata tidak hanya urusan akhirat saja, namun puasa juga berguna dalam kehidupan di dunia. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa banyak umat muslim lebih sadar tentang arti kehidupan, dimana di dalamnya terdapat sifat rasa syukur, tolong menolong, ataupun menyisihkan sedikit rezeki untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu.

Tentu saja untuk berpuasa memiliki fungsi utama yaitu untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Kita akan tahu bahwa Allah Swt adalah maha pengasih dan penyayang serta maha kuasa atas segala alam semesta beserta isinya.

 

Sekian pembahasan Puasa Sunnah, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.