Sholawat Nabi

Sebagai umat Islam yang sangat mencintai nabi, maka sebaiknya kita mengisi waktu luang serta kepadatan aktivitas kita dengan amalan sunnah yang dianjurkan oleh agama Islam. Salah satu amalan yang dapat kita amalkan di sela-sela kepadatan aktivitas kita adalah membaca sholawat  nabi.

Dengan demikian, maka amalan membaca sholawat nabi ini sangat baik sekali untuk kita lakukan sehari-hari. Bahkan, perintah untuk membaca shalawat ini tidak hanya diperintahkan oleh umat manusia saja, melainkan juga diperintahkan kepada malaikat Allah senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

Bacaan Sholawat Nabi Arab dan Artinya

Bacaan Sholawat Nabi Arab dan Artinya

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ

 (Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya, karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia).

Bacaan Sholawat Nabi Latin

Bacaan Sholawat Nabi Latin

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

Makna Sholawat Nabi

Makna sholawat nabi

Salawat ini sendiri merupakan salah satu bentuk jamak dari kata sholat yang memiliki arti doa, keberkahan ibadah,kemuliaan serta kesejahteraan. Adapun arti mengenai bersholawat ini bisa dilihat dari pelakunya.

Jika shalawat tersebut datang dari Allah, maka Allah Allah memberi Rahmat kepada makhluk. Sedangkan jika sholawatnya datang dari malaikat maka berarti memberikan ampunan. Sedangkan jika sholawatnya dari orang-orang Mukmin memiliki arti sebuah doa agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan rahmat serta kesejahteraan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

Selawat sama halnya dengan doa, baik itu doa untuk diri sendiri, orang banyak ataupun doa untuk kepentingan bersama-sama. Di sisi lain, sholawat merupakan ibadah, yang merupakan sebuah pernyataan hamba atas kedudukannya kepada Allah.

Memanjatkan sholawat untuk nabi untuk mengharapkan pahala dari Allah. Seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, jika orang bersholawat kepadanya maka akan mendapatkan pahala yang besar, baik itubersholawat dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk ucapan.

Manfaat Sholawat Nabi

Manfaat Sholawat Nabi

Shalawat kepada Nabi adalah salah satu bentuk ibadah yang agung dan mulia. Jika kita semua menyampaikan terima kasih kepada nabi dengan cara bersholawat kepadanya, maka jutaan malaikat juga akan mendoakan kita. Adapun manfaat  membaca sholawat nabi adalah sebagai berikut.

  1. Lebih diutamakan ketika hari kiamat tiba

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad yaitu “sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat adalah mereka yang lebih banyak membaca shalawat kepadaku”. (hadis riwayat Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud Ra)

  1. Akan datang karunia serta nikmat dari Allah

Doa dan permohonan ternyata memiliki pengaruh yang besar untuk mendatangkan karunia serta nikmat Allah membaca shalawat merupakan doa. Dengan bersholawat, secara tidak langsung kita sudah menggunakan datanya karunia serta nikmat dari Allah sang pemberi nikmat hidup.

  1. Lebih dekat kepada Allah

Pernah suatu ketika seperti yang diwahyukan Allah kepada Rasulullah, Allah berkata kepada Nabi Musa Alaihissalam ” wahai Musa, apakah kamu ingin aku agar lebih dekat kepadamu dibandingkan dekat ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri daripada harus mau ke badanmu serta daripada cahaya matamu pada matamu”

Musa pun menjawab Ya wahai Tuhanku kemudian Allah berfirman ” banyaklah membaca shalawat untuk Muhammad”

  1. Sholawat merupakan janji sebaik-baik tempat kembali bagi yang mengamalkannya serta memberikan kesuksesan berupa pahala yang melimpah
  2. Sholawat adalah amal yang paling mudah dikabulkan dengan membaca sholawat maka hati Menjadi bersih serta dengan hati yang bersih maka barokah akan diturunkan serta doa-doa kita dikabulkan.
  3. Dengan selalu bersholawat maka seseorang dapat mencapai kerelaan Tuhan yang maha pengasih
  4. Dengan bersholawat, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan serta kepuasan lahir dan batin bahkan diampuni segala dosa-dosanya.

Bahkan, sama halnya sedang berusaha menapak tangga menuju tingkatan yang mulia pada sebuah hadis diriwayatkan jika bersholawat dapat menyamai pahala ibadah seseorang yang memerdekakan budak.

  1. Orang yang selalu perbanyak bacaan sholawat nabi maka akan mendapatkan penghargaan besar, nabi akan hadir di sisi-nya ketika ia sedang menghadapi sakaratul maut menjelang ajalnya.
  2. Sholawat bisa mendatangkan istri yang sholehah serta istana-istana di surga
  3. Sholawat memiliki manfaat khusus dalam setiap pembacaannya, misalnya sholawat Munjiyat yaitu menolak segala macam bencana serta pemenuhan segala hajat yang tergolong besar bahkan mendesak tentunya dengan menggunakan cara tertentu
  4. Allah telah memerintahkan untuk memotivasi kita untuk selalu bershalawat atas nabi, sebagai sebuah penghargaan kepada beliau.

Dalil Mengenai Sholawat Nabi

Dalil Mengenai Sholawat Nabi

Melihat pengertiannya, sholawat untuk nabi ini adalah bacaan yang berisi pujian kepada nabi serta terkait dengan maknanya tergantung kepada siapa yang membacakannya. Jika kita datang dari Allah,  maka makna shalawat nabi tersebut adalah Rahmat. Jika datangnya dari malaikat, maka istighfar dari seorang mukmin.

Sebab, nabi adalah salah satu makhluk Allah yang dijaga dari hal-hal tercela serta sudah dikaruniai dengan rahmat. Untuk itu, barang siapa yg membacakan shalawat kepada nabi maka keberkahan tersebut akan kembali lagi kepada orang yang membaca shalawat tersebut.

Melihat hal tersebut,  salah satu cara terbaik ketika membaca shalawat yaitu dengan ketentuan yang ada pada sebuah dalil dengan keterangannya shohih. Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam “perbanyaklah Kalian membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat, barang siapa yang bershalawat kepadaku maka selamat kepadanya 10 kali”

Melihat uraian teks sholawat banyam sekali, akan tetapi yang telah diriwayatkan oleh ulama ahli sunnah istrinya sholawat itu dibacakan cerita para sahabat hits sholawat ibrohimiyah.

إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىِّ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.” (QS Al-Ahzab [ 33]: 56)

Hukum Sholawat Nabi

Hukum Sholawat Nabi

Banyak ulama yang berbeda pendapat mengenai perintah dalam ayat ” lu Alaihi wasallimu taslima” bershalawatlah kamu untukku, dan bersalam lah kamu kepadanya. Banyak yang berbeda pendapat apakah itu untuk ibadah sunnah atau untuk wajib.

Selain itu, juga banyak pendapat apakah shalawat itu fardhu ain ataukah fardhu kifayah. Selain itu ada juga pertanyaan apakah membaca shalawat itu harus kita lakukan setiap kali kita mendengar ada orang yang menyebut.

Dari beberapa pernyataan tersebut, setidaknya terdapat h tiga pendapat. Asy Syafi’i berpendapat jika bersholawat di dalam berdoa akhir ketika sholat hukumnya fardhu,. Jumhur ulama memiliki pendapat jika shalawat tersebut merupakan sunnah.

Di sisi lain As-Syakhawi berpendapat “pendapat yang kamu pegang yg memiliki hukum wajib jika kita membaca sholawat dalam keadaan duduk akhir dan diucapkan sekali saja di dalam suatu majelis di dalam asli tersebut barangkali Sebutkan nama Rasul”.

Dan yang terakhir pendapat dari Al Hafidz bin Hajar jelaskan mengenai makna-makna atau pendapat ulama terkait hukum membaca shalawat dalam sebuah kitab yang dijelaskan sebagaimana uraian berikut ini.

  • Pertama, mazhab Ibnu jarir at Thabari berpendapat jika bershalawat kepada nabi merupakan sebuah pekerjaan yang digemari oleh setiap orang.
  • Kedua, mazhab dari Ibnu Katsir berpendapat jika bershalawat kepada nabi merupakan sebuah ibadah yang diwajibkan. Akan tetapi, tidak ditentukan kadar banyaknya. Dengan ini maka Apabila seseorang telah bersholawat meskipun hanya sekali saja maka ia sudah terlepas dari kewajiban.
  • Ketiga, mazhab dari Abu Bakar ar Razi dan Ibnu hazmin berpendapat jika bersholawat itu merupakan kewajiban seumur hidup hanya sekali saja. Sedang sembahyang ataupun di luarnya sama saja hukumnya dengan mengucapkan kalimat tauhid.
  • Keempat, mushaf Al Imam As Syafii, berpendapat jika sholawat tersebut wajib dibacakan di dalam tasyahud yang akhir yang mana diantara tasyahud dengan salam.
  • Kelima, mushaf Al Imam Asy -Syabi-i dan Ishak pertanda apa jika sholawat tersebut memiliki hukum dalam kedua tasyahud yaitu di awal dan akhir.
  • Keenam, mazhab Abu Jafar Al Bagir berpendapat jika sholawat tersebut wajib dibaca di dalam salat. Akan tetapi, beliau tidak menentukan tempatnya, di Tasyahud awal sudah bisa jadi bola di dalam Tasyahud akhir.
  • Ketujuh, nasab dari Abu Bakar Ibnu Bagir berpendapat, jika sholat tersebut wajib dibaca Meskipun tidak ditentukan bilangannya.

Untuk mengetahui manakah paham yang harus kita pegang selama ini, mari kita lihat uraian dari Imam Ibnu Al qayyim dalam kitabnya jalalul Afham “pelapor mufakat seluruh umat Islam atas wajib bershalawat kepada nabi walaupun mereka berselisih tentang wajibnya di dalam sembahyang. Tidak mewajibkan untuk bershalawat ketika sembahyang”.

Rahasia Dahsyatnya Sholawat Nabi

Rahasia Dahsyatnya Sholawat Nabi

Dalam kitab Safinah Al qodiriyah, syekh Abdul Qodir Al Jaelani menjelaskan mengenai keutamaan bershalawat kepada nabi. Berikut ulasan mengenai dahsyatnya sholawat nabi.

  1. Bershalawat untuk Nabi sama halnya kita melaksanakan perintah Allah SWT

Dengan bersholawat nabi, sama halnya kita meniru Allah yang bershalawat kepada nabi bershalawat untuk Nabi, sama halnya kita meniru malaikat-malaikat Allah yang bershalawat kepada nabi. Bershalawat kepada nabi akan mendapatkan 10 kali lipat Sholawat dari Allah untuk diri kita pada setiap sholawat yang kita lafalkan

  1. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang membaca sholawat nabi 1000 tingkat lebih tinggi
  2. Membaca sholawat untuk Nabi agar mendapatkan 10 catatan kebaikan
  3. Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menghapuskan 10 jenis dosa keburukan ketika membaca shalawat nabi
  4. Membaca shalawat nabi memiliki peluang besar doanya akan dikabulkan Allah SWT
  5. Sholawat merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan ampunan Allah serta akan ditutup segalanya aibnya
  6. Sholawat merupakan salah satu syarat putusan mendapatkan ampunan dan perlindungan dari Allah
  7. Alamat merupakan salah satu ibadah yang memiliki nilai yang sama dengan sedekah
  8. Sholawat berbuat salah satu alasan bagi Allah dan Malaikat untuk teks sholawat balasan kepada hambaNya
  9. Sholawat nabi merupakan syarat-syarat terjaganya kebersihan jiwa dan raga membacanya
  10. Sholawat merupakan syarat syarat terpenuhinya segala keinginan
  11. Sholawat memiliki manfaat untuk mendapatkan keselamatan pada hari kiamat
  12. Sholawat merupakan salah satu hal yang bisa membuat harumnya sebuah majelis pertemuan serta orang-orang yang hadir kita akan mendapatkan rahmat dari Allah
  13. Sholawat merupakan salah satu hal yang menjadikan pembacanya teringat akan semua hal yang sudah dilupakan
  14. Sholawat bisa menghilangkan kemiskinan serta kekhawatiran bagi para pembacanya
  15. Sholawat merupakan salah satu cara menghapus julukan orang kikir saat sholawat dibacakan
  16. Sholawat merupakan salah satu cara yang bisa menyelamatkan ancaman Rasulullah
  17. Sholawat akan senantiasa mengiringi perjalanan pembacanya kelak ketika menuju surga, serta akan menjauh dari orang-orang yang tidak membacanya
  18. Sholawat mampu menghilangkan keburukan-keburukan pada sebuah majelis pertemuan
  19. Sholawat nabi merupakan penyempurnaan ibadah atau pahala
  20. Sholawat merupakan salah satu faktor yang bisa menyelamatkan seorang hamba saat berada di jembatan sirotol Mustaqim
  21. Sholawat adalah salah satu status sebagai pemberi sholawat
  22. Sholawat merupakan alasan untuk menggabungkan pujian
  23. Sholawat mampu mendatangkan rahmat Allah kepada hambaNya, selain itu sholawat akan mendatangkan berkah kepada pembacanya
  24. Sholawat nabi bisa melanggengkan serta menerbangkan cinta kepada Rasulullah tersebut merupakan salah satu simbol pokok keimanan. Simpulpokok keimanan bisa diperkuat dengan sempurna dengan baca sholawat nabi
  25. Sholawat merupakan salah satu cara memikat hati Rasulullah agar mencintai dirinya
  26. sholawat akan mendatangkan Hidayah serta menghidupkan hati yang sudah mati
  27. Salawat merupakan salah satu cara supaya kita bisa disebut-sebut di hadapan Rasulullah
  28. Sholawat akan memantapkan keimanan serta semakin yakin kita beragama Islam
  29. Sholawat nabi merupakan salah satu bentuk syukur kita atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT
  30. Sholawat yang dibacakan oleh seorang hamba merupakan salah satu langkah permohonan kepada Allah. Doa tersebut terkadang dipersembahkan kepada nabi serta tidak jarang pula untuk dirinya sendiri, karena sholawat bisa mendatangkan tambahan pahala
  31. Sholawat merupakan salah satu buah yang paling manis serta memiliki manfaat yang paling utama yaitu bisa mendatangkan Rahmat dari Allah kepada pembacanya

Waktu Terbaik Untuk Membaca Sholawat

Waktu Terbaik Untuk Membaca Sholawat

  1. Ketika memasuki masjid

Waktu terbaik pertama yang bisa dilakukan untuk membaca shalawat yaitu ketika masuk masjid, hal ini sesuai dengan hadits dari Fatimah radhiyallahu anhu

“Biasanya, ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam masuk ke dalam masjid beliau bershalawat kemudian mengucapkan: Rabbighfirli Dzunubi Waftahli Abwaaba Rahmatik (Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan bukalah untukku pintu-pintu Rahmat-Mu)” (HR. At Tirmidzi, 314. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi).

  1. Ketika keluar masjid

Tidak hanya ketika masuk pada saja akan tetapi ketika kita melangkahkan kaki untuk keluar dari masjid maka kita juga dianjurkan untuk bershalawat atas Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam seperti kelanjutan dari hadits Fatimah radhiyallahu anha sebelumnya tadi

Dan ketika beliau keluar dari masjid, beliau bershalawat lalu mengucapkan: Rabbighfirli Dzunubi, Waftahlii Abwaaba Fadhlik (Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan bukalah untukku pintu-pintu keutamaan-Mu)” (HR. At Tirmidzi, 314. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi).

  1. Ketika tasyahud dalam sholat

Waktu paling baik selanjutnya untuk membaca sholawat nabi yaitu saat tasyahud dalam sholat. Setiap umat muslim tentu akan selalu melaksanakan perintah ini baik ketika sholat wajib maupun sunnah.

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mendengar seorang lelaki yang berdoa dalam shalatnya tanpa mengagungkan Allah dan tanpa bershalawat. Beliau pun berkata: ‘Orang ini terlalu tergesa-gesa’. Rasulullah lalu memanggil lelaki tersebut lalu menasehatinya: ‘Jika salah seorang diantara kalian berdoa mulailah dengan mengagungkanlah Allah, lalu memuji Allah, kemudian bershalawatlah, barulah setelah itu berdoa apa yang ia inginkan‘” (HR. Abu Daud, 1481. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud).

  1. Ketika sholat jenazah

Ketika melaksanakan salat jenazah, maka kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholawat nabi kepada rasulullah adapun dalil mengenai hal ini juga diriwayatkan oleh Imam abdur rozak.

“Azzuhri berkata: Aku mendengar Abu Umamah bin Suhail bin Hanif berkata Ibnu Musayyab: Sunnah dalam shalat jenazah adalah takbir kemudian membaca ayat al-Qur’an, kemudian mengkhususkan do’a untuk mayat, dan tidak membaca (ayat al-Qur’an) melainkan pada takbir  yang pertama, kemudian

salam dari sebelah kanan. Ibnu Juraij berkata: Ibnu Shihab berkata: Pembacaan (ayat al-Qur’an) pada shalat mayit pada takbir  pertama.”

  1. Ketika Selesai Mendengar Adzan

Waktu terbaik selanjutnya adalah ketika selesai mendengarkan kumandang adzan. Bukan hanya  dianjurkan untuk mengucapkan apa yang diucapkan oleh muazin,akan tetapi kita juga diperintahkan untuk bershalawat kepada Rasulullah. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jika kalian mendengarkan muadzin mengumandangkan adzan, ucapkanlah apa yang ia ucapkan. Kemudian bershalawatlah kepadaku. Karena setiap seseorang bershalawat kepadaku, Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali” (HR. Muslim, no. 384)

  1. Dalam Rangkaian Dzikir Pagi dan Sore

Dzikir adalah salah satu amalan yang seharusnya selalu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu diwaktu pagi ataupun sore. Alangkah lebih baik ketika berzikir tersebut diiringi  dengan sholawat nabi kepada Rasulullah SAW. Karena ada balasan luar biasa yang akan diperoleh seseorang  yang melaksanakannya. Seperti yang terdapat dalam sabda Rasululluh SAW. Ini merupakan amalan yang harus kita laksanakan dalam sholawat nabi.

“Barangsiapa bershalawat kepadaku ketika pagi dan ketika sore masing-masing 10 kali, ia akan mendapatkan syafa’atku kelak di hari kiamat” (Dihasankan oleh Al Mundziri dalam Targhib Wat Tarhib, 1/314, juga oleh Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid, 10/123)

  1. Ketika Hendak Berdoa

Waktu terbaik selanjutnya untuk memanjatkan sholawat adalah ketika kita hendak berdoa. Sholawat merupakan  salah satu hal penentu terkabul atau berhalangnya doa yang diucapakan oleh seorang hamba. Seperti halnya diriwayatkan dalam sebuah hadist.

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setiap doa tertutup (terhalang dari pengabulannya, pent) hingga ia bershalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.” (HR. ad-Dailami dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani).

  1. Pada Waktu-Waktu Bebas

Pada dasarnya kita dianjurkan untuk senantiasa besholawat kepada Rasulullah setiap saat, serta keadaan apapun. Waktu-waktu yang tidak tentukan tersebut  bisa seperti saat dalam perjalanan, saat menunggu, saat istirahat dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar waktu yang kita miliki tidak dihabiskan tidak sia-sia. Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikatnya bershalawat kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kepadanya dan doakanlah keselamatan atasnya” (QS. Al Ahzab: 56)

  1. Pada Hari serta malam Jum’at

Waktu terbaik selanjutnya untuk memanjatkan sholawat nabi adalah pada hari dan malam jum’at. Pendapat mengenai hal ini terdapat dalam riwayat sebuah hadist. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Hari jumat adalah hari yang paling utama. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu. Karena sesungguhnya shalawat kalian itu sampai kepadaku”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin shalawat kami sampai kepadamu, sementara kelak engkau dikebumikan?”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala telah mengharamkan bumi untuk menghancurkan jasad para Nabi shallallahu ‘alaihim” (HR. Abu Daud no. 1047. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami, 2212)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari dan malam Jumat. Karena orang yang bershalawat kepadaku satu kali, Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali” (HR. Al-Baihaqi, 3/249. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah, 1407)

Download Lagu Sholawat Nabi Lengkap MP3

  1. Alhamdulillah – Opick feat. Amanda Download
  2. Annabi Shollu Alaih – Gus Azmi Download
  3. Dosa – Wafiq Azizah Download
  4. Isyfa’lana Download
  5. Kisah Sang Rasul – Rohatil Atyarutasydu Download
  6. Labbaik Allah Humma Labbaik – Haj Nasyid Raihan Download
  7. Nasiim Download
  8. Nawwarti Ayyami Download
  9. Salawat – Ash Sholatu alan nabi Download
  10. Shalawat Menyentuh Hati – Nurul Huda Wafana Download
  11. Sholawat Badar (Banjari Cover) – Diah Maghfiroh Zalzalah Download
  12. Sholawat Merdu – ahin Download
  13. Sholawat Nabi – Arjuuka Download
  14. Sholawat Penyejuk Hati – Ludnabika Ya Tobibun Download
  15. Uhibbuki (zaujati cover) – KAR33M Download
  16. Ustad Jefri Al Buchori – Subhanallah Official Video Download
  17. Ya Arhamar Rohimin Download
  18. Ya Badratim – Qasidah Nurul Musthofa Download
  19. Ya Nabi Salam Alaika Download
  20. Ya Robbibil Musthofa Download

Sekian pembahasan Sholawat Nabi, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.