Sunnah Berbuka Puasa

Sunnah berbuka puasa menjadi salah satu amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan penuh guyuran pahala, maka amalan tersebut berlomba-lomba dilakukan oleh umat muslim pada bulan istimewa tersebut.

Berbuka puasa mungkin terlihat hanya sebuah ritual melepas dahaga dan lapar saat menjalankan ibadah puasa. Namun, terdapat beberapa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam kegiatan berbuka puasa tersebut.

Pengertian Sunnah Berbuka Puasa

Pengertian Sunnah Berbuka Puasa

Momen berbuka puasa tentu menjadi hal yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan. Pasalnya, umat muslim dapat melepas dahaga dan rasa lapar yang telah di tahan seharian. Namun meski terlihat sebagai ritual pelepas dahaga dan lapar biasa, berbuka puasa ternyata memiliki beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan dengan sebutan sunnah.

Sunnah berbuka puasa adalah beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW saat momen berbuka puasa tiba. Amalan sunnah berbuka puasa itu dicontohkan atau diutarakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya dahulu.

Beberapa amalan sunnah berbuka puasa tersebut kebanyakan sampai pada kita lewat berbagai hadits yang diriwayatkan oleh para periwayat hadits yang terpercaya. Sehingga kebenarannya bisa dpertanggung jawabkan.

Sunnah Menyegerakan Berbuka Puasa

Amalan sunnah yang pertama ketika berbuka saat bulan Ramadhan adalah menyegerakan berbuka puasa. Menyegerakan berbuka puasa adalah salah satu dari sunnah berbuka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri.

Anjuran perihal menyegerakan berbuka puasa tersebut tertulis dalam sebuah hadits yang ditulis oleh Imam Ahmad. Dalam hadits tersebut Nabi Muhammad SAW, menyebutkan tentang mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa.

“Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mengakhirkan sahur dan mempercepat berbuka.” HR. Ahmad.

Selain sebagai sesuatu yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, menyegerakan berbuka puasa ternyata memiliki beberapa manfaat dalam hal kesehatan tubuh manusia. Karena, menunda-nunda berbuka puasa akan memberi efek buruk pada tubuh manusia.

  • Tubuh Berpotensi Mengalami Dehidrasi

Pelaksanaan ibadah puasa membuat tubuh menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Kondisi itu tentu membuat tubuh kurang mendapatkan cairan karena tidak minum air seharian. Sementara tubuh membutuhkan sekitar 8 gelas air agar cairan di dalam tubuh tetap seimbang.

Maka dari itu, saat berbuka puasa telah tiba, segeralah berbuka agar tubuh tak mengalami dehidrasi berlebih. Cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas saat berpuasa hendaknya segera diganti dengan air saat berbuka.

Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan disorientasi otak dan mengganggu kinerja organ tubuh. Dehidrasi juga menyebabkan konsentrasi menghilang. Maka dari itu disarankan segera memberi asupan air yang cukup saat berbuka puasa dan juga saat sahur agar tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

  • Berisiko Terkena Gastritis

Mengulur waktu berbuka puasa bisa menjadi penyebab penyakit gangguan pada lambung. Pasalnya, selama melakukan ibadah puasa, lambung kosong dalam waktu yang lama. Hal itu menyebabkan ukuran lambung mengecil, dan menahan berbuka akan membuat lambung berada dalam kondisi buruk.

Menunda buka puasa bisa menimbulkan potensi penyakit gastritis atau sakit lambung. Hal itu berisiko terjadi akibat dari asam lambung yang lama kontak dengan dinding lambung saat melakukan ibadah puasa.

Lebih baik segera berbuka puasa, sehingga pemicu timbulnya gastritis bisa dihindari. Namun, usahakan tidak berlebihan dalam memakan makanan saat berbuka puasa. Terlalu berlebihan juga bisa menimbulkan gastritis.

Selain menyegerakan berbuka puasa, ada baiknya mengatur makanan saat buka puasa dengan makanan sehat. Hal tersebut disarankan agar tubuh tetap sehat dan mampu menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Inilah kenapa sunnah berbuka puasa menyarankan hal ini.

  • Membuat Pusing dan Kelelahan

Saat berpuasa, kadar gula yang ada pada manusia cenderung turun karena tidak ada asupan yang masuk. Karena asupan makanan diubah menjadi glukosa yang berperan dalam tubuh tidak ada. Hal itu membuat kondisi tubuh kurang baik.

Maka dari itu alangkah baiknya untuk segera berbuka puasa dan mengkonsumsi beberapa makanan. Jika terus ditunda dan tidak ada asupan apapyun tentu akan membuat kadang tak dapat kembali ke fase normal.

Jika kadar gula tetap dalam kondisi menurun akan menyebabkan tubuh mengalami beberapa kondisi negatif. Tubuh akan merasakan lemas, pusing, berkeringat dingin hingga merasa gemetar. Kondisi itu tentu membuat tubuh sakit dan ibadah puasa bisa terganggu keesokan harinya.

Sunnah Berbuka dengan Kurma

Sunnah Berbuka Puasa dengan Kurma

Berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu amalan sunnah berbuka puasa yang ada . Dalam sebuah hadits diriwayatkan jika berbuka puasa dengan kurma dicontohkan sendiri oleh Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat Maghrib. Jika tidak ada beberapa biji ruthab, cukup beberapa biji tamr (kurma kering). Jika itu tidak ada juga, beliau minum beberapa teguk air,” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Sebagai salah satu sunnah berbuka puasa yang dianjurkan Rasulullah SAW, memakan kurma memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kurma mengandung banyak vitamin dan berbagai zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti folat dan niacin.

Kurma juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh manusia. Kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa sehingga memberikan rasa manis namun tetap menyehatkan saat dikonsumsi untuk menu berbuka puasa.

Selain sebagai sumber energi, buah asal Timur Tengah itu  mengandung serat larut dan tidak larut serta asam amino. Zat-zat tersebut bermanfaat menstimulasi pencernaan makanan agar cepat melalui usus dan perut, sehingga gangguan usus bisa dihindari saat menjalankan ibadah puasa. Ini alasan kenapa sunnah berbuka puasa menyarankannya.

Selain berbagai manfaat untuk pencernaan, kurma juga membantu tubuh agar tidak mengalami anemia. Kurma mengandung zat besi yang dapat membantu meringankan anemia. Sehingga bagi penderita anemia kurma akan membantu saat waktu berbuka setelah menjalankan ibadah puasa.

Sunnah Berbuka dengan berdoa

Sunnah Berbuka Puasa dengan berdoa

Amalan sunnah berbuka puasa lainnya yang dianjurkan adalah membaca doa saat berbuka puasa. Nabi Muhammad SAW sendiri dulu mencontohkan hal tersebut. Contoh tersebut tertuang dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para perawi.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bila telah berbuka puasa, beliau membaca,

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

“Telah hilang rasa haus dahaga, dan urat-urat telah basah, dan pahala akan kita peroleh, insyaa Allah,” (H.R. Abu Daud).

Selain berdasarkan hadits diatas, saat berbuka puasa ada pula doa buka puasa lain saat telah datang waktu berbuka. Setelah membaca doa tersebut, tetap dianjurkan membaca bismillah saat akan makan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Sunnah Bersedekah Saat Buka Puasa

Sunnah berbuka puasa berikutnya adalah bersedekah. Keutamaan bersedekah dengan memberi makan orang yang berpuasa itu tertuang dalam sebuah hadits. Menurut hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, orang yang memberi makan orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi nomor 807, Ibnu Majah nomor 1746, dan Ahmad 5/192)

Hadits tersebut kini banyak diaplikasin oleh umat muslim dengan program berbuka bersama. Beberapa orang kadang dengan sengaja menggelar buka bersama di rumahnya dan mengundang banyak orang dan memberi mereka makan.

Selain itu, ada juga  acara bagi-bagi takjil yang banyak ditemukan saat bulan Ramadhan tiba. Bagi-bagi takjil itu sebagai bentuk sedekah dan kepedulian sesama umat islam. Dengan adanya acara bagi-bagi takjil dan berbuka bersama tersebut, umat islam bisa berbuka puasa sekaligus beramal dalam satu waktu. Dengan begitu, terpenuhi juga sunnah berbuka puasa.

Sunnah Tidak Berlebihan Saat Buka Puasa 

Sunnah Tidak Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Tidak berlebihan dalam berbuka puasa juga menjadi sunnah berbuka puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. pasalnya sesuatu yang berlebihan adalah hal yang tidak baik. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits.

Rasulullah saw bersabda :

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسَبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ فَاعِلاً فَثُلُثُ لِطَعَامِهِ وَثُلُثُ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

“Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya. Karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

Dinilai tidak baik oleh Rasulullah, secara kesehatan makan berlebihan memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Orang yang makan berlebihan bisa mendapatkan beberapa gangguan dalam tubuhnya.

Salah satu gangguan yang akan dialami jika berlebihan saat makan adalah masalah pencernaan. Makan berlebihan bisa membuat masalah dalam pencernaan dan terkadang perut yang terlalu penuh bisa merasa sakit.

Selain itu, makan berlebihan juga berpotensi menyebabkan asam lambung naik dan perut kembung. Dalam jangka panjang, makan terlalu banyak akan menyebabkan obesitas jika tak dibarengi dengan olahraga.

Makan berlebihan juga dapat menyebabkan hal buruk pada organ tubuh. Dengan makan berlebihan organ tubuh akan bekerja lebih keras. Organ pankreas yang memproduksi insulin, hati dan juga lambung akan bekerja ekstra. Kondisi itu membuat tubuh dilandang kelelahan dan akan merasa mengantuk.

Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Selain sunnah-sunnah berbuka puasa, saat berbuka puasa ada beberapa makanan sehat yang memberikan manfaat bagi tubuh. Makanan tersebut akan memenuhi kebutuhan tubuh setelah melaksanakan ibadah puasa seharian penuh.

Makanan-makanan tersebut tentu tergolong makanan sehat yang mengandung zat-zat baik. Makanan tersebut menghasilkan mineral, vitamin, protein dan zat yang dibutuhkan tubuh setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Berikut makanan-makanan sehat yang baik untuk berbuka puasa. Hal ini juga merupakan sunnah berbuka puasa.

  • Buah Segar

Buah-buahan segar bisa menjadi salah satu hidangan sehat yang perlu ditambahkan dalam menu berbuka puasa. Sudah jadi rahasia umum jika buah memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Buah berkandungan air tinggi seperti semangka, pir dan anggur sangat cocok untuk menghilangkan dehidrasi akibat seharian penuh tak mendapat asupan cairan. Segelas jus semangka akan membuat hidangan berbuka puasa semakin menyegarkan tubuh.

  • Sayur-sayuran

Sayuran cocok menjadi santapan saat berbuka puasa karena mudah dicerna tubuh. Saat berpuasa lambung beristirahat dan ukurannya mengecil. Sayuran membuat lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras karena mudah dicerna.

Selain itu, sayuran mengandung serat, protein dan mineral serta vitamin yang bagus untuk tubuh. Sayuran biasanya akan diolah sedemikian rupa agar cocok dimakan dan dikombinasikan dengan nasi saat berbuka puasa.

Sayuran yang pas untuk berbuka adalah sayuran hijau karena kaya akan nutrisi. Sayuran hijau seperti serat, protein, mineral vitamin dan juga zat besi. Sehingga sayuran hijau cocok untuk disantap saat berbuka puasa dengan cara ditumis, dijadikan lalapan hingga dijadikan sop.

  • Kurma

Seperti yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW, kurma memang bagus untuk berbuka puasa. Berbagai kandungan alaminya cocok untuk membangkitkan energi dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu kurma memiliki rasa manis yang enak saat dikonsumsi.

Kurma mengandung polifenol dengan konsentrasi tertinggi dibandingkan buah kering lainnya. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas lingkungan. Selain polifenol, kurma mengandung 75 persen karbohidrat dan gula sehingga cocok menjadi santapan pertama saat berbuka puasa. Dengan makan kurma, kita sudah mengikuti bagian dari sunnah berbuka puasa.

  • Ikan

Ikan bisa menjadi  pilihan alternatif selain daging untuk hidangan berbuka puasa. Ikan memiliki kandung yang bagus untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh saat berbuka puasa. Ikan mengandung protein, omega 3 dan antioksidan serta vitamin dan sejumlah mineral yang baik untuk tubuh. Ikan bisa menggantikan daging dalam menu berbuka puasa.

  • Madu

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Madu yang murni dari alam mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan juga mangan.

Selain itu, madu juga mampu melancarkan metabolisme tubuh dan mengatasi gangguan pencernaan yang menyerang saat tengah berbuka puasa. Rasa manis dari madu juga bisa mengembalikan stamina dan enegi yang hilang.Untuk mengkonsumsi madu, anda bisa memakannya secara langsung,. Mencampurkannya di makanan dan minuman.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Selain berbagai sunnah berbuka puasa dan makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Ada pula beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Makana-makanan tersebut mengandung zat yang kurang baik dan tidak cocok dikonsumsi tubuh usai seharian melakukan ibadah puasa. Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.

  • Gorengan

Populer sebagai makanan yang gurih dan lezat, gorengan ternyata kurang baik jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Makanan favorit banyak orang Indonesia itu mengandung kadar lemak tinggi dan minyak. Kandungan tersebut akan menyebabkan asam lambung naik.

Merasakan asam lambung naik saat berbuka puasa tentu pengalaman yang tidak menyenangkan. Pasalnya, setela berpuasa seharian, anda tentu ingin berbuka puasa dengan nyaman dan tidak terganggu oleh sakit apapun yang menyerang tubuh.

  • Soda

Soda yang populer sebagai minuman bersensasi menyegarkan juga tak baik jika dikonsumsi ketika berbuka puasa. Bukannya menyegarkan, mengkonsumsi soda saat berbuka puasa justru akan meninggalkan banyak masalah pada tubuh.

Soda mengandung kadar gas karbondioksida. Jika kamu meminum soda otomatis kamu akan menelan banyak gas yang berpotensi membuat perut menjadi kembung. Selain itu, minuman bersoda juga membuat dehidrasi. Padahal saat berbuka puasa tubuh butuh banyak cairan agar tak mengalami dehidrasi.

  • Kopi

Tak cuma saat sahur, kopi juga tak baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan masalah pada perut orang yang meminumnya saat berbuka. Pasalnya, perut yang seharian kosong akan kurang bersahabat dengan kopi yang bersifat asam.

Sifat asam kopi juga membuat asam lambung naik. Jika anda memaksa minum kopi saat berbuka puasa padahal belum memakan apapun, asam lambung berpotensi naik dan akan mengalami rasa perih.

  • Ubi dan Singkong

Ubi dan Singkong dikenal sebagai salah satu makanan yang  mengandung karbohidrat, namun ternyata ubi dan Singkong bukanlah pilihan yang tepat untuk masuk dalam menu berbuka puasa anda. Selain merasa kenyang anda juga akan mendapat gangguan perut usai memakannya.

Hal tersebut terjadi karena ubi dan singkong mengandung banyak gas. Gas yang terkandung didalamnya secara otomatis akan terkonsumsi oleh orang yang memakannya. Gas tersebut selanjutnya akan  berujung menimbulkan rasa sakit pada lambung.

Dengan mengetahui berbagai sunnah berbuka puasa, anda kini bisa mengaplikasikannya pada saat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, selain itu ada baiknya memakan makanan sehat dan menghindari makanan yang mengganggu tubuh agar ibadah lebih lancar.

Sekian pembahasan sunnah berbuka puasa, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.