Surat Al Kafirun

Surat Al Kafirun merupakan surah ke 109 di dalam ayat suci Al-Qur’an, dan surah ini memiliki sebanyak 6 ayat yang terkandung di dalamnya. Nama Al Kafirun sendiri berasal dari bacaan pertama di surah ini dan jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka memiliki arti “ orang-orang kafir “. Surah Al Kafirun di golongkan pada surah makkiyah karena turun di Kota Suci Mekah.

Surah Al Kafirun di turunkan untuk menjadi pedoman manusia bahwa orang mukmin dan orang kafir adalah dua hal yang berbeda. Disini dijelaskan bahwa kita sebagai manusia di larang untuk mencampurkan antara satu agama dengan agama lainnya, terutama mencampurkan ajaran Islam dengan ajaran agama lainnya.

Surat Al Kafirun Beserta Artinya

Surat Al Kafirun Beserta Artinya

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِقُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَ ﴿١﴾ لَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَآ أَنتُمْعَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦

Artinya :

1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir

2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah

3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah

4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah

5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah

6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku

Manfaat dan Faedah Membaca dan Mengamalkan Surat Al Kafirun

Manfaat dan Faedah Membaca dan Mengamalkan Surat Al Kafirun

1.Memperkuat Fondasi Iman

Surah Al Kafirun adalah surah yang menegaskan bahwa kita sebagai orang mukmin hanya beriman kepada Allah SWT dan tidak akan menduakannya. Dengan membaca surah ini juga maka kita sebagai orang mukmin telah menegaskan bahwa kita hanya beriman kepada Allah SWT. Hal inilah yang tentunya akan memperkuat keimanan kita kepada yang maha esa.

  1. Menumbuhkan Keberanian Menghadapi Orang Kafir

Manfaat berikutnya yaitu dapat menumbuhkan keberanian kita orang mukmin terhadap kaum kafir. Di surah ini diajarkan bahwa tidak ada toleransi untuk orang kafir menyamakan agamanya dengan agama Islam. Hal ini dikarenakan orang-orang muslim dengan orang-orang kafir memiliki perbedaan dan perbedaan itu tertera jelas di isi kandungan Surah Al Kafirun.

  1. Menjadi Pembeda Antara Orang Mukmin dan Orang Kafir

Surah Al Kafirun ayat 1-6 semuanya menjelaskan bahwa orang muslim tidak menyembah apa yang mereka sembah dan orang kafir juga tidak menyembah apa yang orang muslim sembah. Dari arti kandungan Surah Al Kafirun tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa orang muslim dengan orang kafir memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan sudah tercantum pada Surat Al Kafirun.

Surah Al Kafirun inilah yang menjadi identitas orang muslim, namun zaman sudah mulai berubah karena di zaman ini sudah banyak yang menyamakan ajaran Islam dengan ajaran lainnya. Ini merupakan kesalahan besar karena adanya toleransi, toleransi bukanlah menggabungkan agama namun toleransi yang benar adalah menghargai keyakinan saja.

  1. Menimbulkan Optimisme Tentang Ajaran Islam

Dengan membaca dan mengamalkan Surah Al Kafirun akan membuat kita semakin optimis dalam berjuang di jalan Islam dalam menghadapi kaum kafir. Inilah yang menjadi keutamaan surah ini, karena di dalamnya terkandung semangat menegakkan ajaran Islam.

Bukan hanya di zaman dahulu saja namun di zaman sekarang juga telah banyak organisasi-organisasi yang mengatas namakan orang muslim dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Tentu saja kita sebagai orang mukmin tidak boleh diam saja melihat hal ini, karena sudah jelas di surah tersebut bahwa ajaran Islam tidak boleh dicampur dengan agama lainnya.

  1. Menghargai Perbedaan dan Keyakinan

Surah Al Kafirun juga mengajarkan yang namanya perbedaan, bukan hanya soal keyakinan soal agama saja namun akan ada perbedaan-perbedaan lainnya yang bisa memecah belah manusia. Maka dari itu kita harus belajar bahwa perbedaan adalah hal yang akan terus terjadi, dan yang bisa kita lakukan adalah percaya apa yang kita percaya dan biarkan mereka percaya dengan apa yang mereka percaya.

Keutamaan Surat Al Kafirun

Keutamaan Surat Al Kafirun

1.Surah yang Mengajarkan Toleransi ( Tidak Memaksa )

Surah Al Kafirun memiliki banyak sekali keutamaan bagi kita umat muslim, salah satunya adalah surah yang mengajarkan kita terhadap sikap toleransi. Meski begitu banyak yang salah menafsirkan kata toleransi disini, banyak yang beranggapan bahwa kita umat muslim akan selalu menyetujui pendapat agama lain ataupun memperbolehkan mereka mencampur agamanya dengan agama Islam.

Namun sikap toleransi yang benar adalah sikap tidak memaksa keyakinan kita terhadap keyakinan orang lain, hal inilah yang ditegaskan di Surah Al Kafirun tersebut. Hal ini merupakan keutamaan surah tersebut bahwa Islam tidak pernah mengajarkan ajarannya dengan cara paksaan.

  1. Surah yang Dapat Membuat Iblis Merasa Takut

Keutamaan Surah Al Kafirun selanjutnya adalah surah yang sangat ditakuti oleh bangsa iblis, menurut riwayat Ibnu Abbas berkata “ Tiada surah di dalam Al-Qur’an yang lebih menakutkan bagi bangsa iblis dari pada Surah Al Kafirun, sebab ia adalah surah yang mengajarkan tauhid dan pembebas segala kemusrykkan.

Dari riwayat di atas dapat dijelaskan bahwa surah ini memiliki keutamaan yang luar biasa, karena selain mengajarkan tauhid dan menjauhkan kemusyrikan, ternyata surah ini juga sangat ditakuti oleh bangsa iblis. Bahkan terdapat riwayat dari Imam Ja’far yang berkata “ Bacalah surah ini sebanyak 7x dalam sehari untuk menjaga iman dan menjauhkan dari kemusyrikan, keraguan dan keyakinan buruk.

  1. Surah Al Kafirun Sama Dengan Seperempat Al-Qur’an

Surat Al Kafirun juga memiliki keutamaan lainnya yang tak kalah menakjubkan, keutamaan tersebut adalah dengan membaca surah ini sama saja dengan membaca seperempat Al-Qur’an. Hal ini terdapat pada riwayat Annas yang berbunyi “ Qul Ya Ayuhal Kafirun senilai dengan seperempat Al-Qur’an “, hadis tersebut dianggap hasan oleh Al-Albani dalam kitab silsilah ahadits sahihah.

Tak heran jika surah ini memiliki fadhilah yang sama besar dengan seperempat Al-Qur’an, hal ini dikarenakan isi dari surah tersebut menurut Al-Mubarakfuri sama dengan sebagian isi kalimat Syahadat. Sehingga surah tersebut benar-benar mengajarkan tauhid kepada umat muslim.

  1. Sangat Dianjurkan Untuk Dibaca Pada Salat-salat Malam

Keutamaan dari Surah Al Kafirun memang sangat luar biasa, apalagi jika dibaca saat melakukan salat wajib maupun sunah. Membaca Surah Al Kafirun saat salat malam juga dapat membuat fadhilah surah tersebut semakin besar, hal ini dikarenakan isi dari surah tersebut yang mengajarkan perbedaan akan membuat kita memaknainya semakin dalam jika dibaca pada waktu mengerjakan salat malam.

  1. Surah yang Dapat Membebaskan Dari Kemusyrikan

Surah Al Kafirum memang memiliki berbagai keutamaan di dalamnya, dan keutamaan yang paling utama adalah dapat membebaskan kita dari kemusyrikan. Menurut riwayat Abu Dawud dari Farwah Bin Naufal berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “ Qul Ya Ayyuhal Kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan “.

Dari sabda Rasulullah SAW dapat kita ketahui bahwa surah ini memiliki keutamaan sebagai pembebas dari kemusyrikan, terutama jika dibaca sesaat sebelum melakukan tidur di malam hari. Alangkah baiknya jika kita membaca dan mengamalkan surah ini saat sebelum tidur, karena memang keutamaannya yang sungguh luar biasa.

Cara Mengamalkan Surat Al Kafirun

Cara Mengamalkan Surat Al Kafirun

1.Sering Membaca dan Memaknai Isi Kandungan Surah Al Kafirun

Surah Al Kafirun memang menjadi salah satu surah yang sangat istimewa, di samping keistimewaan tersebut sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim untuk mengamalkan surah ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengamalkan surah ini tentu saja adalah dengan membaca dan memaknai isi yang terkandung dalam Surah Al Kafirun tersebut.

Ayat surah ini hanya berjumlah 6 ayat saja sehingga akan memudahkan kita dalam membaca ataupun menghafalnya, dan untuk memaknai isi kandungan surah ini kita bisa melihat arti dari surah tersebut. Ataupun jika kurang jelas maka kita bisa mencari tahu makna surah ini kepada orang yang lebih tahu seperti ahli agama ataupun ustad.

Untuk mempelajari isi kandungan surah ini kita tidak perlu sampai menjadi ahli agama ataupun membaca hadis-hadis yang ada karena kita bisa menemukan isi kandungan surah ini di internet, hal ini bisa kita lakukan jika kita kesulitan menemui ahli agama serta di era modern ini juga telah banyak tersebar maksud dan isi kandungan Surah Al Kafirun di media internet.

  1. Memahami Sejarah Turunnya Surah Al Kafirun

Bicara soal surah tentunya tidak akan lepas dengan namanya sejarah, begitupun dengan surah al kafirun ini yang tentunya memiliki sejarah diturunkannya surah tersebut. Surah Al Kafirun turun setelah adanya konflik di zaman Rasulullah SAW, dimana kaum kafir mencoba membujuk Rasulullah untuk masuk ke ajaran mereka ataupun mencampur ajaran Islam dengan Ajaran kaum kafir.

Tak hanya itu Rasulullah SAW juga dijanjikan akan diberi banyak harta serta diperkenankan untuk menikahi wanita tercantik sekalipun. Disinilah turunnya Surah Al Kafirun sebagai jawaban permasalahan tersebut, yaitu tiada torelansi terhadap pencampuran ajaran Islam dengan ajaran kaum kafir tersebut.

Dengan mempelajari sejarah di atas akan membuat kita semakin bisa mengerti dan bisa mengamalkan Surah Al Kafirun tersebut. Yaitu adanya toleransi mempercayai masing-masing kepercayaan namun tiada toleransi untuk mencampur ajaran Islam dengan ajaran lainnya.

  1. Menjadikan Bacaan Salat

Cara mengamalkan Surat Al Kafirun yang berikutnya adalah dengan menjadikan surah ini sebagai bacaan salat, hal ini bisa kita lakukan untuk bisa semakin memperkuat iman dan keyakinan terhadap Allah SWT. Dengan menjadikan Surah Al Kafirun sebagai bacaan salat otomatis surah ini akan dibaca setiap hari, sehingga bisa meningkatkan derajat kita di mata Allah SWT.

Selain itu surah ini sangat cocok dibaca saat salat karena surah ini mengajarkan tauhid di dalamnya bahwa Allah SWT adalah maha kuasa atas segalanya. Sehingga bisa beriringan dengan doa-doa di salat yang memang berisi keesaan dan kekuasaan Allah SWT.

  1. Tidak mengejek dan mencela agama lain

Di dalam Surah Al Kafirun memang terdapat toleransi atas mereka yang ingin percaya dengan kepercayaannya. Kita tidak bisa memaksa kepercayaan kita kepada mereka, dikarenakan Islam adalah ajaran yang tidak mengajarkan kekerasan. Dan dengan adanya toleransi tersebut tidak akan ada perpecahan yang dialami oleh manusia di muka bumi ini.

Nah dengan kita mengerti arti tersebut, sudah seharusnya kita sebagai orang mukmin bisa mengamalkan surah tersebut. Kita bisa mengamalkan dengan cara tidak mengejek ataupun mencela serta memaksa orang yang beragama lain untuk percaya dengan ajaran yang kita percaya yaitu ajaran Islam.

Waktu yang Tepat Membaca Surat Al Kafirun

Waktu yang Tepat Membaca Surat Al Kafirun

Surah Al Kafirun memang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang melebihi surah-surah lain. Tentu saja surah ini juga akan memiliki fadhilah yang lebih besar jika dibaca pada waktu yang utama, nah ada beberapa waktu yang bisa meningkatkan fadhilah dari Surah Al Kafirun tersebut.

Salah satunya adalah sesaat sebelum tidur, surah ini dipercaya dapat menghilangkan kesyrikan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “ Bacalah sebelum tidur Qul Ya Ayyuhal Kafirun, lalu tidurlah setelah menamatkannya, sesungguhnya ia pelepasan diri dari musyrik “ dari hadis tersebut dapat disimpulkan sebelum tidur alangkah baiknya melafalkan tauhid dan melepaskan diri dari musyrik.

Selain itu waktu yang tepat lainnya adalah di awal pagi dan awal malam. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering membaca Surah Al Kafirun pada 2 rakaat setelah magrib dan 2 rakaat sebelum subuh. Dengan begitu kita bisa mencontoh kebiasaan tersebut karena surah ini memiliki fadhilah yang sangat besar saat membuka hari dan juga menutup hari.

Khasiat Surat Al Kafirun

Khasiat Surat Al Kafirun

1.Mempercepat Terkabul nya Doa

Surah Al Kafirun dimaping memiliki keutamaan yang besar ternyata surah ini juga memiliki khasiat ataupun keajaibannya. Salah satunya adalah mempercepat terkabul nya doa yang di panjatkan, dari suatu riwayat mengatakan jika Surah Al Kafirun dibaca sebanyak 10 kali saat matahari naik, maka segala doa akan dikehendaki walaupun doa seperti apapun itu.

  1. Mendapatkan Kasih Dari Semua Makhluk

Selanjutnya surah ini juga bisa mendatangkan kasih dari semua makhluk, hal ini sudah semestinya bisa terjadi dikarenakan semua makhluk adalah ciptaan Allah SWT. Dan Surah Al Kafirun menunjukkan kekuasaan Allah SWT, sehingga dapat membuat semua makhluk akan kasih terhadap kita. Cara yang bisa kita lakukan untuk mendapat kasih tersebut adalah dengan sering mengamalkan surah ini.

  1. Menyembuhkan luka

Keistimewaan ataupun khasiat yang terakhir adalah dapat menyembuhkan luka, dengan membaca Surah Al Kafirun maka dengan izin Allah akan bisa menyembuhkan luka yang sedang kita alami tersebut.

Menurut hadis Ali R.A mengatakan “ Seekor kalajengking menyengat Rasulullah SAW, baginda segera meminta air dan garam, lalu membacakan beberapa surah yaitu Surah Al Kafirun, An naas, dan Al Falaq. Dari hadis tersebut sudah bisa ketahui bahwa Surah Al Kafirun memiliki fadhilah yang besar untuk bisa menyembuhkan suatu luka yang di derita.

Surat pendamping Surah Al Kafirun

Surat pendamping Surah Al Kafirun

Membaca Surat Al Kafirun belum lengkap rasanya jika tidak di dampingi oleh surah-surah lainnya. Menurut riwayat Ibnu Umar berkata “ Rasulullah SAW membaca Surah Al Kafirun dan Surah Al Ikhlas dalam dua rakaat sebelum subuh dan dua rakaat sesudah magrib “.

Bahkan suatu riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melihat seorang sahabat membaca Surah Al Kafirun saat salat di rakaat pertama lalu Rasulullah SAW bersabda “ Orang ini adalah orang yang beriman kepada tuhannya “. Setelah itu di rakaat kedua sahabat membaca Surah Al Ikhlas lalu Rasulullah bersabda “ Orang ini benar-benar mengenal tuhannya “.

Dari hadis dan sabda di atas dapat kita simpulkan bahwa Surah Al Kafirun memiliki keutamaan dan fadhilah yang besar saat dibaca beriringan dengan Surah Al Ikhlas. Sudah sepatutnya kita mencontoh dan mengamalkannya dengan cara membaca Surah Al kafirun dan Surah Al Ikhlas pada rakaat salat ataupun di waktu lainnya.

Selain itu Surah Al Kafirun juga bisa kita iringi dengan Surah An naas dan juga Surah Al Falaq, yang memang memiliki keutamaan yang tak kalah dengan Surah Al kafirun tersebut.

Sekian pembahasan Surat Al Kafirun, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.