Sholat Shubuh

Di dalam islam ada sholat yang hukumnya wajib dan ada pula yang sunnah. Salah satu macam sholat yang hukumnya wajib adalah sholat shubuh sehingga apabila ada orang yang tidak mengerjakannya akan berdosa. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk dapat bangun pagi sehingga dapat melakukan sholat tepat waktu dan sholatnya dilakukan secara berjamaah lebih utama.  

Banyak keutaman dan manfaat yang dapat Anda rasakan saat Anda mampu melaksanakan sholat tepat waktu dan tidak kesiangan. Dengan bangun lebih awal dapat menciptakan kondisi tubuh yang fresh dan segar karena udara di pagi hari masih sejuk dan belum terkena polusi.  Dengan demikian Anda dapat memulai aktivitas Anda dengan nyaman dan tenang.

Keutamaan Menjalankan Sholat Shubuh

Keutamaan Menjalankan Sholat Shubuh

Sholat merupakan salah satu rukun islam kedua dalam agama islam. Hukumnya wajib bagi orang muslim. Sholat terdiri atas 5 waktu, yaitu isya’, shubuh, dhuhur, asar dan maghrib. Masing – masing sholat memiliki waktu yang berbeda – beda dan telah dilaksanakan sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.  

Kali ini akan dikupas lebih dalam mengenai keutamaan melaksanakan sholat shubuh. Ada pun perintah sholat tersebut telah dijelaskan dan dicantumkan di dalam Al Qur’an.  Allah berfirman dalam surat Al – Isra’ ayat 78 yang berbunyi:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya adalah sebagai berikut:Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang dapat Anda peroleh saat Anda melaksanakan sholat shubuh:

  • Orang yang melaksanakan sholat shubuh akan masuk ke surga

Rasulullah saw. bersabda yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Artinya adalah: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

  • Sebagai penghalang untuk masuk neraka

Rasulullah saw bersabda yang berbunyi seperti berikut ini:

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya adalah: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634).

  • Mendapatkan jaminan dari Allah swt.

Rasulullah saw bersabda yang artinya berbunyi seperti berikut ini:

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

  • Pahala yang diberikan seperti pahalanya orang yang sholat satu malam

Rasulullah saw bersabda yang artinya berbunyi seperti berikut ini:

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

  • Anda akan disaksikan oleh malaikat

Rasulullah bersabda yang artinya adalah sebagai berikut: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (shubuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

  • Anda akan dilapangkan rezekinya oleh Allah swt
  • Menjalankan sholat shubuh lebih baik jika dibandingkan dengan dunia dan seluruh isinya
  • Sebagai indikator keimanan seseorang

Sholat shubuh menjadi pembeda antara orang yang beriman dengan orang yang munafik. Hal ini dikarenakan orang yang telah melaksanakan sholat tersebut bukanlah termasuk kelompok orang yang munafik.

  • Sholat shubuh adalah sebagai kunci kemenangan

Contohnya adalah saat perang Rasulullah menyerang saat sholat shubuh. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut orang – orang munafik sedang tidur terlelap. 

  1. Anda akan mendapatkan nikmat yaitu dapat melihat Wajah Allah tanpa adanya penghalang
  2. Anda dapat melakukan olahraga sebelum bekerja

Hal ini sangat bagus untuk dipraktekkan karena udara di pagi hari sangat sejuk. Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah jalan santai atau pun jogging. Bagi Anda yang suka berjamaah di masjid maka Anda dapat berjalan selama menuju ke masjid dan pulang ke rumah sehingga tubuh Anda menjadi sehat dan bugar.

  • Bangun lebih pagi dapat membentuk pola hidup yang teratur

Lain halnya jika Anda bangun kesiangan maka Anda akan terburu – buru sehingga pikiran Anda tidak nyaman dan tidak tenang.  Berbeda dengan Anda yang telah bangun pagi, tentu Anda akan lebih tenang pikirannya dan suasana hatinya menjadi bagus.  

Betapa pentingnya menjalankan sholat shubuh sehingga jangan sampai Anda meninggalkannya. Hal ini dikarenakan sholat shubuh memiliki banyak keutamaannya. Selain itu, apabila Anda meninggalkannya maka Anda akan mendapatkan ancaman dan dosa. Hal senada seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw, beliau bersabda yang artinya adalah sebagai berikut:

 “Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Tata Cara Menjalankan Sholat Shubuh

Tata Cara Menjalankan Sholat Shubuh

Sholat merupakan tiang agama, oleh karena itu, Anda harus menjalankan sholat dengan tepat dan benar baik dari segi bacaan yang dibaca ataupun gerakannya. Dengan harapan bahwa ibadah sholat kita akan diterima oleh Allah swt.  

Tata cara menjalankan sholat shubuh sama dengan sholat fardhu. Namun, pada sholat tersebut Anda boleh membaca doa qunut. Doa qunut boleh juga tidak dikerjakan dan tidak membatalkan sholat Anda. Ada pun tata cara menjalankan sholat shubuh adalah sebagai berikut:

  • Melakukan niat

Mengucapkan niat adalah menjadi salah satu syarat sah di dalam sholat. Pahala yang diberikan oleh Allah tergantung pada niatnya. Niat untuk sholat shubuh terbagi atas 3 macam, yaitu niat sholat sendiri, niat sholat berjamaah dan niat menjadi seorang imam.

Apabila Anda akan melaksanakan  sholat sendiri, niatnya adalah:

            اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً للهِ تَعَالَى

Tidak seperti saat Anda sholat sendiri maka niat untuk sholat berjamaah adalah sebagai berikut:

“Ushollii fardhosh shubhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma’muuman lillaahi ta’aala.” Artinya:“Aku niat sholat fardhu subuh dua rakaat menghadap kiblat menjadi makmum karena Allah ta’ala”

Niat sholat sebagai imam berbunyi  seperti berikut:

ushalli fardhash-shubhi rak’ataini mustaqbilal-qiblati adaa’an imaaman lillaahi ta’aalaa

  • Melakukan Takbir

Cara melakukan takbir adalah dengan mengangkat tangan yang mana telapak tangan berada di samping telinga sembari mengucapkan takbir. Langkah selanjutnya adalah tangan bersedekap di bagian atas pusar dengan posisi tangan yang dibagian atas adalah tangan kanan.

Doa iftitah dilakukan sebelum membaca surat Al – Fatihah. Bacaan doa tersebut hanya dilakukan sekali, yaitu pada rokaat pertama saja.

  • Membaca surat Al – fatihah

Membaca surat Al – fatihah yang terdiri atas 7 ayat menjadi salah satu syarat syahnya sholat.

  • Membaca Surat Pendek

Bacaan surat pendek yang dianjurkan pada rakaat pertama adalah  surat Al – Falaq. Sedangkan untuk surat pada rakaat kedua adalah Al – Ikhlas.  

  • Ruku’

Posisi badan saat menjalankan rukuk adalah membungkuk, lalu bagian punggung lurus, kedua tangan berada di kedua lutut. Bagian punggung dan kepala rata. Setelah posisi sempurna maka Anda dapat memulai membaca doa ruku’.

  • I’tidal

I’tidal dilakukan setelah bangun dari ruku’, lalu Anda berdiri tegak dengan tangan sejajar telinga. Setelah posisi sempurna maka Anda membaca doa i’tidal.

  • Sujud

Pada saat sujud dahi harus menempel pada alas atau lantai tempat Anda melakukan sujud.  Setelah posisi sempurna maka Anda dapat membaca doa sujud.

  • Duduk diantara 2 Sujud

Setelah Anda sujud maka gerakan selanjutnya adalah duduk di antara dua sujud sembari membaca doa. Posisi duduk yang benar yaitu kaki kiri ditindih lalu bagian kaki (yaitu jempol) pada kaki kanan ditegakkan.  

  • Sujud

Anda setelah selesai membaca doa saat duduk diantara dua sujud maka kembali sujud lagi dan membaca doa sujud.

Setelah sujud maka Anda berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua. Langkah – langkahnya terdiri atas membaca Al – Fatihah, membaca surat pendek, lalu ruku’, i’tidal, membaca doa qunut, sujud, lalu duduk diantara dua sujud dan Anda melakukan sujud kembali.

  • Tasyahud

Cara untuk duduk tasyahud akhir yang tepat dan benar adalah sebagai berikut:

Pertama, Anda duduk pada bagian pangkal paha sebelah kiri. Lalu, kaki kiri keluar dari bagian bawahnya, sedangkan posisi kaki kanan tegak. 

Kedua, Posisi tangan kanan berada di atas paha dengan jari menggenggam dan bagian telunjuk menjuntai.

Ketiga, posisi jari telunjuk ditegakkan saat Anda mulai membaca sholawat. Sedangkan tangan kiri Anda diletakkan dengan posisi jari tangan mengembang di atas paha kiri.  

  • Salam

Langkah terakhir di dalam sholat adalah mengucapkan salam dengan cara menengok ke bagian kanan terlebih dahulu. Selanjutnya mengucapkan salam sembari menengok ke bagian kiri.  

Tata Cara Membaca Doa Qunut Pada Sholat Shubuh

Tata Cara Membaca Doa Qunut Pada Sholat Shubuh

Cara membaca doa qunut  saat sholat shubuh adalah dilakukan pada rakaat kedua setelah i’tidal. Hukum membaca qunut adalah sunnah, dengan demikian maka orang yang membacanya akan mendapatkan pahala dan bagi yang tidak membacanya tidak membatalkan sholat.  

Makna dari qunut telah dijelaskan di dalam Al – Qur’an maupun hadist seperti berikut ini:

  1. Qunut berarti tunduk, hal senada seperti yang tercantum di dalam surat Al – Baqarah ayat 116 yang artinya adalah: “Hanya milik Allah segala apa yang ada di langit dan di bumi. Semua tunduk kepada-Nya.”
  2. Di dalam surat Ali Imran ayat 43 juga menyebutkan tentang qunut, yang artinya adalah sebagai berikut: “Wahai Maryam! Taatilah Tuhanmu, sujud dan rukuklah bersama orang – orang yang rukuk.”
  3. Qunut juga berarti diam dan tenang. Hal senada telah diungkapkan di dalam  surat Al – Baqarah ayat 238 yang artinya adalah: “Peliharalah semua sholat dan shalat wusta. Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan khusuk.”
  4. Qunut memiliki makna berdiri lama saat melaksanakana sholat shubuh. Hal senada juga diterangkan di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim. Rasulullah bersabda yang artinya adalah sebagai berikut: “Sholat yang paling utama adalah yang panjang qunutnya (berdirinya).”

Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca doa qunut saat sholat shubuh:

  • Anda akan mendapatkan petunjuk

Di dalam doa qunut terdapat kalimat yang mengandung makna permohonan yang dipanjatkan seorang hamba kepada Allah swt untuk meminta petunjuk dari – Nya.

  • Anda dapat memperoleh perlindungan

Di dalam doa qunut juga terkandung kalimat yang isinya adalah permohonan hamba kepada Allah swt agar selalu diberi perlindungan dan keselamatan. Perlindungan yang Allah berikan yaitu keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.  Allah juga akan menyelamatkan hamba – Nya dari berbagai macam cobaan agar selalu berada di jalan yang benar.

  • Mencegah terkena berbagai macam penyakit

Salah satu bentuk keselamatan yang terdapat di dalam kalimat doa qunut adalah mencegah terkena berbagai macam penyakit baik penyakit yang berkaitan dengan hati maupun penyakit yang menyerang tubuh Anda.

  • Memberikan keberkahan di dalam hidupnya.  

Di dalam doa qunut juga terdapat kalimat yang  menjelaskan seorang hamba yang meminta keberkahan terhadap semua yang telah Allah swt berikan kepadanya.

Faktor – faktor Penyebab Seseorang yang Sulit Bangun untuk Sholat Shubuh

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda sulit bangun di saat masuk sholat shubuh:

  • Mengkonsumsi makanan yang haram

Berikut ini adalah sabda Rasulullah yang menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan haram maka menyebabkan susah untuk bangun sholat malam:

Ibadah yang dilakukan dengan memakan makanan yang haram sama saja dengan mendirikan bangunan yang ada di atas pasir

  • Tidak menjalankan sholat malam

Apabila seseorang menjalankan sholat malam atau tahajut dapat menjamin bahwa orang tersebut dapat sholat shubuh tepat waktu. Di dalam hadist menjelaskan bahwa  setan selalu menggoda manusia yang akan bangun untuk melakukan sholat shubuh. Bunyi hadist tersebut adalah sebagai berikut:

Setan akan membuat tiga ikatan di bagian tengkuk (leher bagian belakang) pada tubuh salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatannya setan akan mengatakan, “malam masih panjang, tidurlah!” (HR. Bukhari nomor 1142 dan HR Muslim nomor 776)

Namun Anda jangan khawatir karena permasalahan ini dapat diatasi. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak melakukan dzikir kepada Allah. Jika Anda dapat melakukannya maka akan lepas satu ikatan sehingga Anda dapat bangun dengan mudah.  

Saat Anda mampu berwudhu maka satu ikatan akan terlepas lagi. Terakhir adalah melaksanakan sholat shubuh maka akan lepas satu ikatan terakhir sehingga menimbulkan suasanan yang semangat dan gembira.

  • Sering melakukan begadang

Anda tidak dianjurkan untuk melakukan begadang. Hal ini dikarenakan begadang adalah aktivitas yang dibenci oleh Rasulullah. Di dalam hadist Rasululalh bersabda yang artinya adalah sebagai berikut:

“Rasululalh saw membenci tidur sebelum isya’ dan ngobrol – ngobrol setelah sholat isya’.”

  • Menjadi kebiasaan bangun siang

Kebiasaaan bangun siang dapat menghilangkan keberkahan di dalam hidupnya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk merubah sikap dan memohon pertolongan Allah. Hal ini senada dengan firman Allah di dalam surat Al – Ankabut ayat 69 yang artinya adalah sebagai berikut:

Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di dalam jalan Kami, maka sungguh akan Kami tunjukkan mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar – benar bersama dengan orang-orang yang berbuat baik

  • Jarang berdoa sebelum tidur

Anda dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum tidur. Anda dapat berdoa agar dapat bangun lebih awal sehingga bisa menjalankan sholat tahajut. Dengan demikian secara otomatis Anda akan melaksanakan sholat shubuh tepat waktu. Dengan berdoa sebelum tidur maka anda dapat terhindar dari godaan setan.

  • Lemahnya Iman Seseorang

Keimanan seseorang kadang naik dan kadang turun. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menjaga iman yang kuat agar Anda kembali bersemangat dalam beribadah kepada Allah swt. Salah satu caranya adalah dengan berdoa atau mendengarkan ceramah yang dapat memotivasi Anda agar selalu sholat shubuh tepat waktu dan tidak kesiangan.

  • Mencintai Dunia secara Berlebihan

Terkadang saking cintanya dengan dunia  maka Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas yang membuat Anda lupa untuk mencari bekal untuk urusan akherat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mendahulukan mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan di akherat dibandingkan urusan dunia.

Tips Agar tidak Terlambat Bangun

Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda dapat bangun pagi sehingga dapat melaksanakan sholat tepat waktu:

  1. Berniat untuk bangun pagi
  2. Tidur lebih awal agar dapat bangun pagi sehingga Anda juga mendapatkan waktu untuk melaksanakan sholat tahajut.

Apabila dilihat dari kacamata kesehatan maka tidur lebih awal memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain adalah dengan tidur lebih awal dapat membiasakan badan untuk bangun pagi. Udara di pagi hari lebih bersih dan kaya akan oksigen sehingga tubuh menjadi lebih fresh dan menjadikan Anda semakin siap untuk bekerja.

  • Mencegah makan yang berlebihan saat malam hari

Anda dianjurkan untuk mengurangi porsi makan di malam hari. Tujuannya adalah agar Anda tidak susah bangun di pagi hari. Kekenyangan dapat menyebabkan Anda semakin nyenyak saat tidur sehingga bangun kesiangan dalam kondisi tubuh yang terasa lelah. Anda juga dianjurkan untuk tidak langsung tidur setelah makan.  

  • Saat Anda telah bangun bersegeralah untuk berwudhu

Tujuannya adalah secara ilmu kesehatan berwudhu dapat menjadikan tubuh lebih fresh, merilekskan otot, detak jantung menjadi normal dan lain – lain.  

  • Tidur dengan posisi memiringkan badan

Rasulullah telah mencontohkan bahwa posisi tidur yang bagus adalah dengan memiringkan badan ke sisi kanan. Tujuannya adalah Anda akan semakin mudah untuk bangun tidur.

Hal ini dikarenakan apabila Anda tidur dengan posisi miring memiliki banyak manfaatnya, antara lain adalah meminimalisir beban jantung, lambung dapat beristirahat dengan baik, mengoptimalkan penyerapan gizi di dalam tubuh dan memelihara saluran pernafasan.

Menjalankan sholat shubuh tepat waktu sangat dianjurkan untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan banyak keutamaan dan manfaat apabila Anda dapat merutinkan untuk sholat tepat waktu, terutama saat shubuh. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan sholat shubuh atau sholat namun telat karena bangun kesiangan.

Sekian pembahasan Sholat Shubuh, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.